Klaim Bebas Calo Tiket


Klaim Bebas Calo Tiket

  MUNTOK - Pelabuhan Tanjung Kalian, Muntok, Bangka Barat (Babar) diklaim bebas dari calo tiket. Kapolres Bangka Barat AKBP Hendro Kusmayadi menjelaskan, pihaknya bersama ASDP sudah mengambil upaya untuk mengantisipasi ulah dari oknum yang tidak bertanggung jawab. 

    Menurut Hendro, Polres Bangka Barat memberikan perhatian serius bagi keamanan para pemudik di pelabuhan Tanjung Kalian. Bahkan dirinya tidak segan-segan akan mengambil tindakan tegas apabila ada nantinya di temukan oknum yang berani memanfaatkan situasi sekarang ini untuk melakukan praktik pencaloan maupun pungli.

    "Tentunya kami dari aparat kepolisian akan mengambil tindakan tegas apabila ada oknum-oknum yang berani memanfaatkan situasi dengan melakukan percaloan, pungli dan sebagainya," tegas dia, kemarin (20/6). Selain sudah menjadi atensi khusus yang diturunkan kepada seluruh jajaran yang ada di bawah Mapolres Babar, pelaksanaan arus mudik merupakan agenda besar yang berlangsung setiap tahunnya. 

    "Oleh karena itu, Babar yang berada di wilayah perlintasan baik masuk maupun ke luar pulau Bangka, maka kami sudah mengambil langkah-langkah yang kami anggap bisa meminimalisir kondisi keamanan. Bahkan, sebelum operasi Ramadniyah ini dilaksanakan terlebih dahulu kita sudah melaksanakan operasi cipta kondisi. Mudah-mudahan, upaya yang sudah kami lakukan ini manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat khususnya bagi pemudik," ujar mantan Kasubdid Tipikor Diskrimsus Polda Babel ini.

    Usai meninjau pos pengamanan mudik lebaran di Pelabuhan Tanjung Kalian, Kapolres Babar yang didampingi istri tercinta serta Wakapolres Kompol Siswo Dwi Nugroho, dan beberapa perwira polisi lainnya mengajak para anggota Polri yang hari itu bertugas melakukan pengamanan di pos mudik lebaran berbuka puasa bersama.

    Sementara, arus mudik di sejumlah titik keberangkatan dan kedatangan penumpang di Pangkalpinang masih normal dan kondusif pada H-5 Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah. "Hingga saat ini arus mudik di terminal, pelabuhan dan bandara masih lancar, aman terkendali," kata Kabag Sumber Daya Manusia Polres Pangkalpinang, Kompol Suradji saat memantau kesiapan Pospam Mudik Lebaran 2017 di Pelabuahan Pangkalbalam.

    Berdasarkan hasil pantauan, kata dia arus mudik mulai mengalami peningkatan di Bandara Depati Amir Pangkalpinang, sementara penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam dan sejumlah terminal angkutan darat masih sepi penumpang. "Arus mudik tahun ini agak berbeda dibandingkan tahun lalu yang cukup mengalami peningkatan tinggi pada H-5 lebaran," katanya.

    Menurut Suradji meski arus mudik tahun ini masih normal, namun diharapkan masyarakat untuk tetap waspada dan tidak memakai perhiasan yang berlebihan yang akan memancing orang untuk berbuat kejahatan. Selain ini masyarakat yang akan mudik tidak membawa barang-barang bawaan yang berlebihan, membeli tiket di agen-agen resmi dan memastikan rumah terkunci dengan baik. "Kami berharap pemudik yang menggunakan kendaraan untuk mematuhi peraturan lalu lintas, menjaga kesehatan dan lainnya demi mengantisipasi kecelakaan lalu lintas," ujarnya.

    Kepala KSOP Pangkalbalam, Andriawan Simanungkalit menjelaskan, penumpang kapal laut di Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta selama arus mudik sebanyak 3.525 orang dan diperkirakan akan meningkat pada H-3 Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriyah. "Terhitung H-15 hingga H-5 jumlah penumpang kapal sebanyak 3.525 orang atau turun 2,33 persen dibandingkan tahun lalu 3.609 orang," kata dia.

    Ia menjelaskan sebanyak 3.525 orang penumpang kapal rute Pelabuhan Pangkalbalam tujuan Pelabuhan Tanjung Priok tersebut dengan rincian penumpang berangkat 2.632 orang dan turun 893 orang. "Arus mudik tujuan Jakarta mulai mengalami peningkatan pada H-8 kisaran 400 hingga 450 orang per hari, dibandingkan penumpang sebelumnya hanya kisaran 80 hingga 100 orang per hari. Andriawan memperkirakan puncak arus mudik terjadi pada H-4 lebaran dan arus balik terjadi pada H+15 Idul Fitri.

"Alhamdulillah arus mudik berjalan kondusif, aman, lancar dan tertib," katanya.

    Menurut dia kapal angkutan mudik lebaran yang disiagakan sebanyak enam unit dan cukup untuk melayani masyarakat yang merayakan Idul Fitri di kampung halamannya. "Kami pastikan angkutan kapal yang disediakan cukup, sehingga masyarakat tidak perlu kuatir tidak mendapatkan tiket angkutan laut itu," ujarnya.

Ia berharap perusahaan pelayaran angkutan mudik lebaran untuk tetap meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan ini dapat meningkatkan kembali minat masyarakat menggunakan angkutan laut. "Kami berharap masyarakat yang akan mudik lebaran untuk waspada dan tidak memakai perhiasan mencolok, barang berlebihan untuk mencegah kejahatan selama perjalanan ke kampung halamannya," harapnya.(ray/ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Kamis, 09 April 2020 19:18 WIB
PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa membagikan 300 paket sembako gratis ke pengemudi ojek, tukang
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Kamis, 09 April 2020 15:10 WIB
PANGKALPINANG - Bantuan Adem Sari Ching Ku bersama Yayasan Enesis Indonesia berupa minum herbal untuk pejuang Corona atau Covid-19 telah
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Kamis, 09 April 2020 00:54 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka mendukung sinergitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel)
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Kamis, 09 April 2020 00:41 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung hari ini telah merampungkan proses refocusing dan realokasi anggaran guna mencegah penyebaran dan mempercepat