Dana Bantuan 2010. Lima Parpol Belum Sampaikan Laporan


Dana Bantuan 2010. Lima Parpol Belum Sampaikan Laporan

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Lima partai politik (Parpol) di kota Pangkalpinang diyakini belum menyampaikan laporan penggunaan dana bantuan Parpol dari Pemerintah kota (Pemkot) Pangkalpinang tahun 2010. Hal tersebut disampaikan Kepala Kesbangpol Pangkalpinang Anggo Rudi, kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (1/6) lalu.

Dia menjelaskan, jumlah Parpol yang menerima dana bantuan sebanyak 9 Parpol yaitu parpol-parpol yang saat ini duduk di DPRD kota.

“Tahun 2010 lalu mereka semua sudah mendapat bantuan dana. Secara keseluruhan dengan jumlah tidak sama rata, tergantung jumlah suara Parpol, Namun, dari ke-9 Parpol tersebut baru 4 Parpol yang menyerahkan laporan pertanggungjawabannya yaitu PPP, PBB, PKS dan Hanura. Sedangkan 5 Parpol lagi belum meyerahkan laporan termasuk Golkar, Demokrat, PDI Perjuangan dan PAN," jelasnya.

Menurut Anggo, belum adanya laporan pertanggungjawaban partai ini akan menimbulkan masalah bagi Kesbangpol. Dia menegaskan pihaknya tidak pernah menghambat pencairan dana. Hanya, sesuai UU Nomor 2 tersebut maka  ke-5 Parpol yang belum menyampaikan laporan ini biasanya belum bisa mendapat bantuan lagi karena belum diaudit BPK.

“Apalagi Parpol yang belum menyerahkan,” tuturnya, seraya menambahkan BPK sudah memeriksa laporan 2010 tersebut dan ternyata baru 4 yang masuk ke Kesbangpol.

“Berdasarkan ketentuan, seharusnya kelima Parpol tersebut sudah harus melapor karena sudah memasuki semester pertama. Triwulan kedua dan akhir tahun ini kita sudah melapor, oleh karena semester pertama dan kedua BPK sudah mengaudit. Jadi siapa yang salah kalau Kesbangpol menghambat dana Parpol ini? Karena, sesuai ketentuan UU no 2 tahun 2011 seperti itu,” ujar Anggo.

Sementara, Ketua DPD II Golkar Pangkalpinang Ir. Irianto tahor, saat dimintai konfirmasi terkait pernyataan Kepala Kesbangpol, menjanjikan laporan tersebut akan disampaikan minggu depan mengingat Bendahara DPD II Golkar sedang sakit sehingga belum ditandantangani.

“Laporannya sudah dibuat, hanya tinggal ditandatangani saja. Karena bendaharanya kemarin sakit, jadi paling lama akan disampaikan minggu depan ke Kesbangpol,” ujarnya tersenyum. (ydi) 



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
Senin, 10 Februari 2020 14:07 WIB
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Luar Biasa (LB) PT Timah TBK (TINS) melakukan perombakan jajaran Komisaris dan
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Kamis, 30 Januari 2020 23:30 WIB
PANGKALPINANG - Dalam hal ini kami yang bertindak selaku kuasa hukum dari Lina Wen menyampaikan klarifikasi dan hak jawab pemberitaan