Pemprov Babel Bentuk Forum Koordinasi SAR Daerah


Pemprov Babel Bentuk Forum Koordinasi SAR Daerah

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) agar penanggulangan bencana alam di daerah itu dilakukan secara terencana, terarah dan terpadu.

"FKSD ini bertugas mendata, membina, mengkoordinir dan mengerahkan potensi SAR di daerah ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Babel Sarjulianto di Pangkalpinang, Selasa (20/12).

Ia mengatakan FKSD memiliki fungsi untuk menyusun rencana dan program pembinaan serta menyiapkan unsur SAR dan mengkoordinasi tim penyelamat dengan sasaran membina kemampuan "search and rescue" yang ada di daerah.

"Dengan membina kemampuan 'search' dan 'rescue', maka potensi perlindungan masyarakat akan meningkat dan kemampuan mereka menolong sesama sebagai implikasi tugas kemanusiaan," ujarnya.

FKSD yang terbentuk melibatkan 77 instansi di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota termasuk organisasi dan himpunan nelayan.

"Setelah pembentukan forum ini, kami harapkan Gubernur dapat menandatangani Surat Keputusan (SK) keanggotaan forum. Selanjutnya kita akan menyusun program pembinaan dan mengadakan simulasi latihan bersama," ujarnya.

Pembentukan FKSD berdasarkan UU Nomor 17 tahun 2008 Tentang Penerbangan, UU Nomor 01 tahun 2009 Tentang Penerbangan, UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan UU Nomor 29 tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan.

"Pembentukan FKSD mengacu pada ke-empat undang-undang tersebut. Dan sebelumnya di Provinsi Sumatera Selatan FKSD sudah terbentuk," ujarnya.

Untuk ke depannya, Pemprov akan menambah rambu-rambu keamanan bencana dan menempatkan penjaga pantai di setiap kawasan pantai yang sering dikunjungi masyarakat.

"Melalui forum ini bantuan bencana akan disalurkan secara berkala, penambahan rambu-rambu keselamatan dan penjaga pantai juga akan diterapkan," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Apresiasi, PLN Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Gubernur Apresiasi, PLN Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Selasa, 19 November 2019 19:25 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur provinsi kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengapresiasi PLN atas kontribusinya membantu pemerintah daerah mewujudkan harapan warga Kampung
Pers Alat Pemersatu Bangsa, Kasum TNI : Itu Kewajiban Tidak Bisa Ditawar Lagi !
Pers Alat Pemersatu Bangsa, Kasum TNI : Itu Kewajiban Tidak Bisa Ditawar Lagi !
Minggu, 17 November 2019 18:23 WIB
JAKARTA - Kepala Staf Umum (Kasum) TNI, Letjen Joni Supriyanto menegaskan, Pers sebagai alat pemersatu bangsa dan itu tidak bisa
Insan Pers Babel Berduka, Ketua Setwil FPII Babel Tutup Usia
Insan Pers Babel Berduka, Ketua Setwil FPII Babel Tutup Usia
Minggu, 17 November 2019 10:51 WIB
PANGKALPINANG - Innalillahi Wainnalillahi Rojiiun. Kabar duka menyelimuti keluarga besar wartawan Bangka Belitung (Babel). Pasalnya, rekan sejawat sekaligus Ketua Satwil
Tinjau Berbagai Permasalahan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunker Ke Babel
Tinjau Berbagai Permasalahan, Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunker Ke Babel
Sabtu, 16 November 2019 19:34 WIB
PANGKALPINANG - Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo melakukan kunjungan kerja (kunker) ke beberapa wilayah pelabuhan perikanan di Provinsi