Pemprov Babel Bentuk Forum Koordinasi SAR Daerah


Pemprov Babel Bentuk Forum Koordinasi SAR Daerah

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) agar penanggulangan bencana alam di daerah itu dilakukan secara terencana, terarah dan terpadu.

"FKSD ini bertugas mendata, membina, mengkoordinir dan mengerahkan potensi SAR di daerah ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Babel Sarjulianto di Pangkalpinang, Selasa (20/12).

Ia mengatakan FKSD memiliki fungsi untuk menyusun rencana dan program pembinaan serta menyiapkan unsur SAR dan mengkoordinasi tim penyelamat dengan sasaran membina kemampuan "search and rescue" yang ada di daerah.

"Dengan membina kemampuan 'search' dan 'rescue', maka potensi perlindungan masyarakat akan meningkat dan kemampuan mereka menolong sesama sebagai implikasi tugas kemanusiaan," ujarnya.

FKSD yang terbentuk melibatkan 77 instansi di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota termasuk organisasi dan himpunan nelayan.

"Setelah pembentukan forum ini, kami harapkan Gubernur dapat menandatangani Surat Keputusan (SK) keanggotaan forum. Selanjutnya kita akan menyusun program pembinaan dan mengadakan simulasi latihan bersama," ujarnya.

Pembentukan FKSD berdasarkan UU Nomor 17 tahun 2008 Tentang Penerbangan, UU Nomor 01 tahun 2009 Tentang Penerbangan, UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan UU Nomor 29 tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan.

"Pembentukan FKSD mengacu pada ke-empat undang-undang tersebut. Dan sebelumnya di Provinsi Sumatera Selatan FKSD sudah terbentuk," ujarnya.

Untuk ke depannya, Pemprov akan menambah rambu-rambu keamanan bencana dan menempatkan penjaga pantai di setiap kawasan pantai yang sering dikunjungi masyarakat.

"Melalui forum ini bantuan bencana akan disalurkan secara berkala, penambahan rambu-rambu keselamatan dan penjaga pantai juga akan diterapkan," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
M Alfan Budiman Terpilih Jadi Komisaris Utama PT Timah Tbk
Senin, 10 Februari 2020 14:07 WIB
JAKARTA - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPS) Luar Biasa (LB) PT Timah TBK (TINS) melakukan perombakan jajaran Komisaris dan
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Klarifikasi dan Hak Jawab Pemberitaan Judul
Kamis, 30 Januari 2020 23:30 WIB
PANGKALPINANG - Dalam hal ini kami yang bertindak selaku kuasa hukum dari Lina Wen menyampaikan klarifikasi dan hak jawab pemberitaan