Pemprov Babel Bentuk Forum Koordinasi SAR Daerah


Pemprov Babel Bentuk Forum Koordinasi SAR Daerah

PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membentuk Forum Koordinasi SAR Daerah (FKSD) agar penanggulangan bencana alam di daerah itu dilakukan secara terencana, terarah dan terpadu.

"FKSD ini bertugas mendata, membina, mengkoordinir dan mengerahkan potensi SAR di daerah ini," kata Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Babel Sarjulianto di Pangkalpinang, Selasa (20/12).

Ia mengatakan FKSD memiliki fungsi untuk menyusun rencana dan program pembinaan serta menyiapkan unsur SAR dan mengkoordinasi tim penyelamat dengan sasaran membina kemampuan "search and rescue" yang ada di daerah.

"Dengan membina kemampuan 'search' dan 'rescue', maka potensi perlindungan masyarakat akan meningkat dan kemampuan mereka menolong sesama sebagai implikasi tugas kemanusiaan," ujarnya.

FKSD yang terbentuk melibatkan 77 instansi di lingkungan pemerintah provinsi, kabupaten dan kota termasuk organisasi dan himpunan nelayan.

"Setelah pembentukan forum ini, kami harapkan Gubernur dapat menandatangani Surat Keputusan (SK) keanggotaan forum. Selanjutnya kita akan menyusun program pembinaan dan mengadakan simulasi latihan bersama," ujarnya.

Pembentukan FKSD berdasarkan UU Nomor 17 tahun 2008 Tentang Penerbangan, UU Nomor 01 tahun 2009 Tentang Penerbangan, UU Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan UU Nomor 29 tahun 2014 Tentang Pencarian dan Pertolongan.

"Pembentukan FKSD mengacu pada ke-empat undang-undang tersebut. Dan sebelumnya di Provinsi Sumatera Selatan FKSD sudah terbentuk," ujarnya.

Untuk ke depannya, Pemprov akan menambah rambu-rambu keamanan bencana dan menempatkan penjaga pantai di setiap kawasan pantai yang sering dikunjungi masyarakat.

"Melalui forum ini bantuan bencana akan disalurkan secara berkala, penambahan rambu-rambu keselamatan dan penjaga pantai juga akan diterapkan," ujarnya.(ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
BI Launching Aplikasi QRIS,  Apa Saja  Keunggulannya?
BI Launching Aplikasi QRIS, Apa Saja Keunggulannya?
Senin, 19 Agustus 2019 12:13 WIB
PANGKALPINANG - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI Ke 74, Bank Indonesia (BI) meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Senin, 19 Agustus 2019 10:41 WIB
PANGKALPINANG - Tim Reformasi Birokrasi Kejaksaan Agung RI melakukan penilaian zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih
Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat HUT PT Timah ke-43
Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat HUT PT Timah ke-43
Senin, 19 Agustus 2019 07:40 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak ribuan masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya mengikuti jalan sehat yang diselenggarkan oleh PT Timah Tbk dalam rangka
Wali Kota Pangkalpinang akan Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden
Wali Kota Pangkalpinang akan Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden
Senin, 19 Agustus 2019 06:50 WIB
PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) akan berusaha melaksanakan tugas sesuai dengan amanat yang