Jembatan & Jalan Desa Rebo Segera Diperbaiki


Jembatan & Jalan Desa Rebo Segera Diperbaiki

    PANGKALPINANG – Jembatan Air Kebon terletak di desa Rebo Kecamatan Sungailiat, Bangka dalam kondisi rusak parah, dalam waktu dekat akan segera diperbaiki. Ini setelah tim Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung (Babel), yang mendapatkan laporan warga langsung turun untuk melakukan investigasi di lapangan.

    Setelah mendapatkan data dari masyarakat, akhirnya tim yang dikoordinatori oleh Asisten Ombudsman Babel, Nico Natanail Bangun langsung bertolak ke kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Bangka untuk meminta klarifikasi dan penjelasan serta tindaklanjut atas keluhan warga tersebut.

    Dari hasil pertemuan di Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Kabupaten Bangka, yang dihadiri oleh Kepala Dinas melalui Kepala Bidang Bina Marga, Rozali, memastikan kepada Ombudsman RI Babel, bahwa anggaran plat duikers jembatan jalan Air Kebon Desa Rebo sebesar Rp.138.273.00,- menggunakan dana APBD perubahan Kabupaten Bangka tahun 2016.

                “Untuk pekerjaan plat duikers jembatan Air Kebon Desa Rebo sudah dalam masa pekerjaan dan target penyelesaian paling lambat pada bulan Desember ini atau akhir tahun 2016,“ ungkap Kepala Perwakilan Ombudsman Perwakilan Babel, Jumli Jamaluddin, Rabu (19/10), kemarin.

    Sedangkan jalan Air Merawang Desa Rebo yang rusak sepanjang sekitar 80 meter, pihak Pemkab Bangka sudah mengajukan usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Bidang Tranportasi tahun 2017 ke Mentri Keuangan RI, Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Mentri Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat RI pada bulan mei 2016 melalui surat yang telah disampaikan pada bulan juni 2016.

     Peningkatan jalan Rebo lama (Air Merawang) yang diajukan dengan jarak 2,4 km dengan estimasi biaya sebesar Rp4,8 miliar. Pemkab Bangka masih menunggu persetujuan atas usulan anggaran DAK Affirmasi tersebut diperkirakan bulan November 2016 sudah dapat diketahui hasil persetujuan dari Kementerian terkait.

     Ombudsman RI Perwakilan Babel juga menekankan, pengerjaan jembatan Air Kebon Desa Rebo Kabupaten Bangka tersebut agar sudah bisa selesai sesuai waktu yang sudah ditargetkan oleh pihak Pemkab Bangka, dan sudah bisa di fungsikan oleh masyarakat. Sedangkan untuk jalan Air Merawang Desa Rebo agar pihak Pemkab Bangka terus proaktif mengawal dan memantau perkembangan usulan Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi Bidang Tranportasi tahun 2017 yang sudah diajukan ke Mentri Keuangan RI, Mentri Perencanaan Pembangunan Nasional dan Mentri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI tersebut, sehingga tahun 2017 pengaspalan jalan tersebut bisa mulai terealisasi.

     “Ombudsman RI Babel akan tetap memonitoring. Disamping itu diharapkan pihak Pemerintah Desa Rebo melalui Kepala Desa agar dapat memberikan informasi perkembangannya kepada Ombudsman RI Babel terkait perbaikan jembatan dan jalan tersebut. Mengingat kedepannya, Ombudsman RI Babel akan kembali kelokasi untuk melihat dan memastikan progresnya. Semoga apa yang diimpikan sejak lama oleh masyarakat setempat terkait jembatan dan jalan tersebut menjadi kenyataan,” harapnya.

     Sementara itu Kepala Desa Rebo Fendi dihadapan tim Ombudsman Perwakilan Babel  mengatakan, bahwa terkait Jembatan Air Kebon yang terletak di Jalan Air Merawang RT.04 Desa Rebo, jembatan tua tersebut sudah dibangun sejak zaman Belanda dan karena sudah rusak maka masyarakat secara swadaya memperbaikinya dari bahan kayu dan papan.

    “Masyarakat sudah sering mengeluhkan karena jembatan tersebut sudah tidak layak dilalui dan sudah ada korban yang terjatuh saat melewati jembatan tersebut. Sudah sering masyarakat melaporkan ke Kepala Desa yang mengeluhkan atas rusaknya jembatan dan jalan tersebut,”tandasnya. (wah) 





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gugatan TUN Zaidan Diterima PTUN
Gugatan TUN Zaidan Diterima PTUN
Minggu, 13 Oktober 2019 17:07 WIB
PANGKALPINANG - Gugatan Tata Usaha Negara (TUN) yang diajukan Zaidan SH & Partner selaku kuasa hukum pedagang Plaza Tamansari Sungailiat,
Kuasa Hukum Optimis Hakim Akan Kabulkan  Gugatan Praperadilan Suranto
Kuasa Hukum Optimis Hakim Akan Kabulkan Gugatan Praperadilan Suranto
Minggu, 13 Oktober 2019 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Kuasa hukum tersangka dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) proyek PJU solar call Belitung, Suranto Wibowo optimis gugatan
Divonis 2 Tahun Karena Tak Punya Uang Penganti
Divonis 2 Tahun Karena Tak Punya Uang Penganti
Sabtu, 12 Oktober 2019 16:04 WIB
PANGKALPINANG - Mantan Sekwan DPRD Belitung, Bangka Belitung (Babel), Kristianto Didit Wibowo diamankan oleh tim gabungan Kejati Babel, Intelijen Kejagung
Mantan Sekwan Belitung Bungkam, Ditangkap Tanpa Perlawanan
Mantan Sekwan Belitung Bungkam, Ditangkap Tanpa Perlawanan
Sabtu, 12 Oktober 2019 08:33 WIB
PANGKALPINANG - Mantan Sekretaris DPRD Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung (Babel) Kristianto DW, Bungkam saat ditanya wartawan terkait penangkapan dirinya