Tokoh Adat & Kepala Suku Sambangi Mapolda


Tokoh Adat & Kepala Suku Sambangi Mapolda

    PANGKALPINANG- Kapolda Babel Brigjen Pol Yovie Mahar menggelar sirahturahmi dengan seluruh tokoh adat maupun kepala suku di Babel, Selasa (27/9), bertempat di gedung Tribatara Mapolda Babel. Para tokoh yang menjadi icon daerah ini hadir dengan menggunakan pakaian adat sebagai lambang keanekaragaman yang ada di Bumi Serumpun Sebalai.

    "Kita mengundang para tokoh adat maupun kepala suku di Babel agar bisa saling kenal. Dengan hadirnya kepala adat maupun suku disini supaya kita menjaga keakraban dan sekaligus silahturahmi antar kita semua," katanya.

    Dia menambahkan, toleransi antar suku, ras, maupun agama merupakan pondasi keutuhan NKRI ini. Apalagi, Bangka Belitung selama ini sangat baik toleransinya antar sesama dalam kehidupan sehari-hari. “Toleransi antar semua komponen harus kita tingkatkan di Babel ini walaupun sekarang kondisi sangat baik. Kita satukan hati, pikiran dan tenaga untuk menjaga keutuhan negara kita agar pembangunan disegala bidang bisa terwujud dengan baik," ujar Kapolda.

     Sementara, Gubernur Babel Rustam Effendi mengharapkan Bangka Belitung adalah miniaturnya Indonesia dari segi toleransi antar umat beragama dan suku. Sebab, selama ini di Babel hidup damai dan tenteram. “ Tolong jaga keakraban ini, kita boleh berbeda. Akan tetapi, kita tetap bersatu dalam satu kesatuan NKRI. Hindari pergeseran yang ada ditengah masyarakat karena kita semua saudara,” imbu Rustam.

    Dijelaskannya, toleransi yang selama ini baik di Babel juga tidak terlepas dari komitmen para tokoh adat, suku dan masyarakat dalam menjaga kerukunan dalam mendorong program pembangunan. “Kami minta para tokoh agama, adat maupun tokoh masyarakat untuk bisa memberikan pemahaman berapa penting hidup rukun dan damai dalam berinteraksi sosial. Terwujudnya masyarakat damai, otomatis cita-cita pembangunan yang dicanangkan pemerintah akan berjalan dengan baik pula,” ungkapnya.

    Selain kegiatan silahturahmi kepada tokoh adat dan suku di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, acara tersebut juga dilakukan penandatangan deklarasi kebangsaan oleh para tokoh adat/suku seluruh Indonesia yang ada di Babel. Pada kesempatan itu, dihadiri Kapolda Babel Brigjen (Pol) Yovianes Mahar, Gubernur Babel Rustam Effendi, Ketua DPRD Babel Didit Srigusjaya, Danrem 045/Gaya Kolonel (Inf) Tjaptur Edi Genah, Danlanal Babel, Forkopimda Babel, Para Ketua Adat/Suku dan tamu undangan lainnya. (wah/cr2)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Dapat Kucuran DABA 20 Miliar Dari Provinsi, Bangka Barat Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022
Dapat Kucuran DABA 20 Miliar Dari Provinsi, Bangka Barat Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2022
Rabu, 18 September 2019 18:11 WIB
PANGKALPINANG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Barat mengadakan pertemuan dengan Komisi III DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam
Tanggapi Aspirasi Masyarakat Desa Bebura, DPRD Babel Akan Panggil Aparat Hukum Dan Pemda
Tanggapi Aspirasi Masyarakat Desa Bebura, DPRD Babel Akan Panggil Aparat Hukum Dan Pemda
Rabu, 18 September 2019 18:08 WIB
PANGKALPINANG - Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Aksan Visyawan mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti aspirasi masyarakat Desa Bebura terkait penolakan
Suranto Terancam di Pecat Jika Terbukti Korupsi, Tersangka Belum Ajukan Pensiun Dini
Suranto Terancam di Pecat Jika Terbukti Korupsi, Tersangka Belum Ajukan Pensiun Dini
Selasa, 17 September 2019 20:09 WIB
PANGKALPINANG - Tersangka dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) PJU solar call Belitung dan Belitung Timur (Beltim) senilai Rp 2,9 miliar,
Kapolda Babel Instruksikan Jajaran Polres Pro Aktif Hadapi Karhutla
Kapolda Babel Instruksikan Jajaran Polres Pro Aktif Hadapi Karhutla
Senin, 16 September 2019 15:55 WIB
PANGKALPINANG - Kapolda Kepulauan Bangka Belitung, Brigjen (Pol) Istiono menyoroti permasalahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang kerap terjadi saat