Berkas Pendaftaran Banyak Belum Lengkap


Berkas Pendaftaran Banyak Belum Lengkap

    PANGKALPINANG - Berkas pendaftaran pasangan bakal calon gubernur Bangka Belitung (Babel) di KPU banyak yang belum lengkap. Untuk itu diharapkan segera melengkapi sebelum masa penetapan calon gubernur untuk Pilkada 2017.

    Ketua Bawaslu Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Zul Terry menjelaskan, pihaknya akan mengawasi ketat masa perbaikan pemberkasan empat pasang bakal calon yang telah mendaftar ke KPU. Ia menjelaskan beberapa berkas yang belum lengkap pasangan bakal calon ini di antaranya belum adanya surat cuti resmi, laporan harta kekayaan terbaru yaitu 2016. "Bakal calon harus melengkapi berkas sebelum masa penetapan menjadi calon pada Sabtu (22/10)," ujarnya, Sabtu (24/9).

    Ia mengatakan berkas pasangan calon hanya melampirkan surat pernyataan dan laporan harta kekayaan sementara. Pihaknya akan mengejar hal itu untuk segera dilengkapi pasangan bakal calon yang masih menjabat sebagai kepala daerah. "Apabila bakal calon tidak melengkapi atau memperbaiki berkas, maka akan diskualifikasi dan tidak bisa ditetapkan sebagai calon pilgub tahun depan," ujarnya. Ia berharap pasangan bakal calon untuk segera melengkapi berbagai persyaratan untuk maju di Pilgub 2017.

    Disisi lain, empat pasang bakal calon mengikuti test kesehatan di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta, Minggu (25/9). Keempatnya yakni Rustam-Irwansyah, Hidayat Arsani-Sukirman, Yusron-Yusroni dan Erzaldi-Abdul Fatah. 

    Pemeriksaan tes kesehatan ini akan berlangsung selama dua hari. Untuk hari pertama pemeriksaan mencakup asesmen psikologi. Komisioner KPU Babel Robert Randy Wandara mengatakan, sesuai dengan aturan PP KPU Prov. Babel pada tanggal 25-26 September sudah masuk tahapan pemeriksaan fisik rohani dan jasmani serta kesehatan bagi para calon kandidat Gubernur dan Wakil Gubernur Babel.

    "Sesuai aturan PP KPU Provinsi Babel bahwa dua hari ini (25-26 September, red) para kandidat akan melakukan test kesehatan jasmani dan rohani yang dilaksanakan di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta. Ini memang sudah jadwal dari KPU Pusat dan pada hari ini bukan hanya dari Babel saja yang datang, akan tetapi beberapa kandidat dari luar Babel pun ada untuk melakukan test kesehatan," ujarnya.

    Lanjutnya, pemeriksaan test kesehatan ini merupakan satu rangkaian yang sebelumnya para kandidat juga sudah melakukan test urine di BNN Provinsi Babel dan ini adalah sebagai persyaratan yang harus dipenuhi agar tidak ada permasalahan nantinya. "Tahap pertama kemarin para kandidat sudah melakukan test urine di BNN dan hari ini para kandidat akan melakukan test kesehatan dimana test tersebut akan dilakukan oleh Dokter yang ahli dan juga psikolog agar hasilnya nanti sesuai dengan apa yang kita harapkan," ucapnya.

    Masih katanya, para kandidat harus memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan, sebagai hal yang mutlak sebelum masuk tahapan pengesahan dan penetapan nomor urut pasangan yang telah mendaftarkan. "Hari ini semua kandidat akan melakukan test kesehatan dan keempatnya sudah hadir dan sedang melakukan rangkaian test kesehatan itu dan hasilnya nanti akan kita umumkan," tandasnya. 

KPU Tak Diberitahu Hasilnya

    Sebelumnya, keempat pasang balon gub dan cawagub mengikuti rangkaian test urine di BNNP Babel. 
"Pemeriksaan ini sesuai dengan surat KPU. Tadi kita awasi pemeriksaan mulai dari wawancara psikologi, assesment, kemudian diambil sample urine," ujar Kabid Pencegahan BNNP Babel AKBP Ikhlas Gunawan. Lebih lanjut, Ikhlas mengatakan pihaknya hanya sebagai pelaksana teknis dalam uji tes bebas narkoba tersebut. "Dalam ini kita hanya sebagai pelaksana teknis saja," katanya.

    Untuk hasil pemeriksaan yang telah dijalani oleh 4 bakal pasangan calon gubernur dan wakil gubernur akan diserahkan secara langsung kepada pihak KPU Babel selaku penyelenggara pilkada 2017. "Untuk hasilnya itu kita langsung serahkan pada pihak KPU, jadi silahkan tanya saja langsung ke KPU," jelasnya.

    Sementara itu, Ketua KPU Babel, Fahrurrozi mengatakan tes tersebut ditujukan untuk memastikan paslon apakah bebas dari narkotika. Ia pun meyakini, BNNP Babel dapat bekerja secara profesional serta independen dalam melakukan pemeriksaan tersebut. "Tes bebas narkoba ini dilakukan untuk memastikan calon pemimpin kita bebas narkoba, itu semangatnya. Dilakukan secara independen oleh BNNP dan kita tahu BNNP profesional dalam bidang ini maka tidak kita ragukan lagi kemandirian serta integritas," kata Oji sapaan akrabnya.

    Untuk hasil pemeriksaan tes uji bebas narkoba, Oji juga mengatakan pihak KPU tidak diberi tahukan hasilnya. Pihaknya akan mempublikasikan secara keseluruhan hasil tes yang dijalani bakal Paslon yaitu memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat saja. "Hasilnya juga kita tidak diberitahu, nanti ini akan dilakukan secara kumulatif karena ada beberapa tes lagi yang akan dijalani bakal Paslon. Nah kesimpulan nya itu yang akan dipublikasikan adalah memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat," ungkap Oji.

    Diakui Oji, baru pelaksana Pilkada 2017 ini dimasukan syarat uji bebas narkoba mengingat pada pelaksana Pilkada sebelumnya tes uji narkoba ini tidak masuk dalam syarat pencalonan. "Tidak ada, baru tahun ini dimasukan dalam syarat pencalonan. Menyikapi banyaknya kepala daerah yang terlibat dalam mengkonsumsi narkoba," tuturnya. Oji menegaskan jika bakal Paslon tidak memenuhi salah satu saja persyaratan yang telah ditetapkan oleh KPU maka bisa menggugurkan bakal Paslon tersebut. "Kalau tidak memenuhi persyaratan maka bisa menggugurkan Paslon tersebut," tegasnya.
    
Rustam Minum Empat Botol Air

    Sementara itu, usai menjalani uji tes bebas narkoba. Kepada sejumlah awak media, bakal paslon gubernur Rustam Effendi dan bakal paslon Wakil Gubernur Irwansyah mengatakan dirinya harus minum air putih hingga empat botol agar berhasil mengeluarkan urine saat diminta oleh BNNP Babel. Dia mengaku sama sekali tidak khawatir dilakukan tes seperti ini. "Yah, kita ikut saja karena ini syarat pencalonan. Tadi cuma kendala lama mau kencing, harus minum empat botol air. Kita tidak khawatir karena tidak pernah main itu," imbuhnya.

    Ekspresi berbeda ditunjukkan bakal paslon Gubernur Erzaldi dan wakilnya Abdul Fatah. Erzaldi mengaku  kaget karena uji tes narkoba ini lebih ketat jika dibandingkan uji tes pada saat pencalonan Bupati Bangka Tengah beberapa waktu lalu. Dia dikawal saat tes mulai dari wawancara maupun saat akan mengisi urine ke dalam tempat yang sudah disediakan oleh BNNP Babel. "Tesnya sangat ketat beda saat pencalonan bupati. Semuanya masih tersegel, pada saat ke Wc kita dikawal dan ada beberapa tes wawancara juga," tutur Erzaldi. Sedangkan bakal paslon yang terakhir menjalani uji tes bebas narkoba, Hidayat Arsani dan Sukirman mengatakan dengan begini uang rakyat tidak habis sia-sia karena rakyat tidak akan memilih pemimpin yang merupakan pengguna narkoba.

    "Pemimpin harusnya seperti ini, kita terimakasih karena ini salah satu kewajiban kita. Supaya pemimpin bebas narkoba takutnya kita sudah terpilih oleh rakyat tahu-tahu narkoba uang negara hilang merugikan negara. Untuk hasil tes, kita serahkan ke BNNP, kita cuma melaksanakan, nurut saja, disuruh kencing, saya kan tidak narkoba jadi tidak ada persiapan apa-apa,"tandas Dayat.(wah/tya/ant/rb)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gelar Aksi Kemanusiaan, Aliansi Pemuda Pangkalpinang & Kodim Bangka Dapat Pujian Masyarakat
Gelar Aksi Kemanusiaan, Aliansi Pemuda Pangkalpinang & Kodim Bangka Dapat Pujian Masyarakat
Sabtu, 21 Agustus 2021 22:48 WIB
PANGKALPINANG - Aliansi Pemuda Pangkalpinang bersama Kodim 0413/Bangka mengelar aksi kemanusiaan di masa Pendemi Covid-19.
Seleksi CASN Tahun 2021, Ini Formasi Jabatan Untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis di Pemprov Babel
Seleksi CASN Tahun 2021, Ini Formasi Jabatan Untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis di Pemprov Babel
Sabtu, 29 Mei 2021 14:29 WIB
PANGKALPINANG - Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sudah akan dimulai. CASN ini terdiri dari Calon Pegawai Negeri
Gubernur Harap BKPRMI Jadi Pelopor Umat Pegang Kekuatan Ekonomi
Gubernur Harap BKPRMI Jadi Pelopor Umat Pegang Kekuatan Ekonomi
Sabtu, 29 Mei 2021 14:25 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengharapkan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Kepulauan Bangka
Mari Sambut Idul Adha dengan Membeli Hewan Kurban dari Peternak Lokal
Mari Sambut Idul Adha dengan Membeli Hewan Kurban dari Peternak Lokal
Sabtu, 29 Mei 2021 14:21 WIB
PANGKALPINANG - Jelang Idul adha 1442 H tanggal 20 Juli 2021 mendatang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melalui