Bayi Lahir Langsung Terima Akte dan KIA


Bayi Lahir Langsung Terima Akte dan KIA

    PANGKALPINANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pangkalpinang akan menargetkan setiap bayi yang lahir di Pangkalpinang akan langsung memiliki akte dan Kartu Identitas Anak.

    Jadi untuk mendukung program tersebut, Pemkot Pangkalpinang telah memastikan dalam pembuatan akte kelahiran dan identitas anak di Pangkalpinang semuanya gratis atau tidak dipungut biaya. Kepala Disdukcapil Kota Pangkalpinang, Armada mengatakan, dalam proses pembuatan akte kelahiran dan identitas anak sama sekali tidak dipungut biaya apapun alias gratis dimana semua itu sudah tertuang dalam Undang-undang.

    Pelayanan akta kelahiran ini, sendiri lanjutnya, langsung bisa didapatkan baik di klinik, bidan, dan rumah sakit karena Pemkot Pangkalpinang sudah sejak dulu melakukan kerjasama dengan klinik atau bidan yang ada di Pangkalpinang. "Rencananya pertengahan tahun ini, pembuatan akta kelahiran sudah secara online. Saat ini, kami sedang membuat aplikasi, program atau software-nya, Insya Allah, dalam dua tiga bulan ini, sudah ada MoU dengan bidan dan rumah sakit," ujarnya Rabu (21/9) kemarin.

    Wakil Walikota Pangkalpinang, Muhammad Sopian mengatakan, program pembuatan gratis akte kelahiran dan kartu identitas anak ini, merupakan salah satu program inovasi Disdukcapil yakni program Jangkau Warga (projaga). "Program ini, juga sebagai bentuk kepedulian Pangkalpinang dalam rangka menuju Kota layak anak. Apalagi akte kelahiran dan identitas anak merupakan hak dasar mereka sebagai tanggung jawab pemerintah, " tegasnya.

    Sementara Sekretaris Komisi I DPRD Kota Pangkalpinang, Depati Gandhi menegaskan, dengan adanya program pembuatan akte kelahiran dan identitas anak secara gratis ternyata mendapat perhatian khusus dari pihak DPRD Kota Pangkalpinang. Menurutnya program ini, sangat bermanfaat bagi masyarakat banyak, apabila dijalankan dengan benar. Untuk itu, dirinya meminta dinas terkait untuk berkomitmen menjalankan program tersebut.

    "Sejauh ini, belum ada temuan, atau laporan adanya pungutan biaya untuk pembuatan akta kelahiran. Tetapi apabila ada temuan kita imbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada kita agar bisa ditindaklanjuti. Yang jelas kita(dewan) sangat mendukung adanya program ini, " tutupnya. (tya)




Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
Selasa, 15 September 2020 21:21 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online yang mengangkat tema
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan