PON XIX-2016, Peraih Emas dapat Rp 150 Juta


PON XIX-2016, Peraih Emas dapat Rp 150 Juta

9 September, Gubernur Lepas Kontingen Babel


    PANGKALPINANG - Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Bangka Belitung, akan memberikan bonus bagi atlet-atlet peraih medali pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX-2016 di Jawa Barat. Penegasan ini disampaikan Ketua Umum KONI Babel, Dharma Sutomo.H.SH.MH, di Sekreatriat KONI Babel Jalan Air Salemba siang kemarin (5/9).

Disebutkan pria yang akrab disapa Momok ini, besaran bonus yang diberikan, berdasarkan Keputusan Ketua Umum KONI Babel tertanggal 12 Oktober 2015 untuk even PON, bonus atlet perorangan peraih medali emas sebesar Rp150 juta. Bonus untuk peraih medali perak sebesar Rp75 Juta, dan atlet peraih medali perunggu mendapat Rp25 Juta.

"Untuk pelatih juga dapat bonus. Untuk pelatih yang atletnya meraih medali emas, maka ia mendapatkan bonus Rp75 Juta. Untuk medali perak, pelatihnya mendapat Rp30 juta dan untuk pelatih yang atletnya meraih perunggu mendapat bonus Rp15 juta. Artinya untuk pelatih, bonusnya setengah dari bonus atlet yang memperoleh medali," imbuh Momok.

Sedangkan untuk atlet beregu, besaran bonusnya tergantung banyaknya atlet dalam regu yang cabornya meraih medali tersebut. Untuk medali emas berkisar antara Rp200 juta hingga Rp700 juta, perak berkisar antara Rp100 juta- Rp350 juta, dan perunggu, antara Rp50 juta sampai Rp200 juta.

"Misalnya untuk medali emas, atlet beregu yang jumlahnya 2-5 orang akan mendapat bonus Rp200 juta. Untuk yang jumlahnya 6-10 orang mendapat Rp300 juta, 11-15 orang mendapat Rp500 juta dan untuk yang jumlah anggotanya 16 orang atau lebih mendapat bonus Rp700 juta," ungkap Momok.

Dijelaskan Momok, seharusnya bonus bagi atlet peraih medali untuk PON ini merupakan kewajiban Pemerintah Daerah melalui Dispora sebagai penghargaan bagi atlet berprestasi yang telah mengharumkan nama Babel.

"Tapi tahun ini sepertinya ini tidak dianggarkan dalam APBD Pemprov babel. Karenanya kita akan menggunakan dana hibah yang ada di KONI untuk memberikan bonus ini. Tak mungkin kita tak memberikan penghargaan bagi atlet yang telah berjuang untuk nama baik Bangka Belitung," tegas Momok.

Sementara itu, jika tak ada aral melintang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), akan melepas Kontingen Babel yang akan mengikuti PON XIX Jabar yang secara resmi pada tanggal 17-29 September 2016 mendatang. Pelepasan secara resmi dilakukan di Ruang Pertemuan Mahligai Rumah Dinas Gubernur Babel  Jum'at mendatang (9/9).

Pada PON kali ini, Babel mengirimkan 95 atlet yang akan berlaga di 20 cabang olahraga.  Dua puluh cabor yang diikuti tersebut yakni: Atletik, Golf, Bilyard, Catur, Sepak Bola, Karate, Pencak Silat, Voli Pantai, Bola Basket,  Selam, Judo, Balap Motor, Panjat Tebing, Binaraga, Senam, Menembak, Tenis Lapangan, Taekwondo, Tinju, dan Dayung.

"PON XIX 2016 di Jawa Barat, KONI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menargetkan masuk 20 besar dengan perolehan 5 medali emas.  Kita mohon dukungan dan do'a masyarakat Bangka Belitung, agar kontingen kita dapat membawa nama harum Negeri Serumpun Sebalai," harapnya. (rel)





Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gelar Aksi Kemanusiaan, Aliansi Pemuda Pangkalpinang & Kodim Bangka Dapat Pujian Masyarakat
Gelar Aksi Kemanusiaan, Aliansi Pemuda Pangkalpinang & Kodim Bangka Dapat Pujian Masyarakat
Sabtu, 21 Agustus 2021 22:48 WIB
PANGKALPINANG - Aliansi Pemuda Pangkalpinang bersama Kodim 0413/Bangka mengelar aksi kemanusiaan di masa Pendemi Covid-19.
Seleksi CASN Tahun 2021, Ini Formasi Jabatan Untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis di Pemprov Babel
Seleksi CASN Tahun 2021, Ini Formasi Jabatan Untuk Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis di Pemprov Babel
Sabtu, 29 Mei 2021 14:29 WIB
PANGKALPINANG - Penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2021 sudah akan dimulai. CASN ini terdiri dari Calon Pegawai Negeri
Gubernur Harap BKPRMI Jadi Pelopor Umat Pegang Kekuatan Ekonomi
Gubernur Harap BKPRMI Jadi Pelopor Umat Pegang Kekuatan Ekonomi
Sabtu, 29 Mei 2021 14:25 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mengharapkan Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Provinsi Kepulauan Bangka
Mari Sambut Idul Adha dengan Membeli Hewan Kurban dari Peternak Lokal
Mari Sambut Idul Adha dengan Membeli Hewan Kurban dari Peternak Lokal
Sabtu, 29 Mei 2021 14:21 WIB
PANGKALPINANG - Jelang Idul adha 1442 H tanggal 20 Juli 2021 mendatang, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman melalui