Humas Bisa Jadi Dinas


Humas Bisa Jadi Dinas


PANGKALPINANG - Mengacu pada kesepakatan bersama tiga menteri tentang Revitalisasi Fungsi Humas di Instansi Pemerintah, Kesekretariatan Lembaga Negara, Pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), maka seksi hubungan masyarakat (humas) berpeluang menjadi biro atau dinas. Wacana tersebut disampaikan Deputi Menteri Negara dan Reformasi Birokrasi bidang Tatalaksana, Deddy Bratakusumah, dalam kegiatan Penyebarluasan Pedoman Umum Revitalisasi Kehumasan di Hotel Santika, Kamis (12/5) kemarin.
“Humas nantinya menjadi juru bicara. Kepala Dinas yang berada di provinsi, kabupaten dan kota nantinya tidak boleh bicara. Yang boleh bicara itu pihak yang berkompeten di humas. Oleh sebab itu, humas perlu direvitalisasi atau diatur ulang sistem yang ada saat ini. Itu mengacu kepada kesepakatan 3 menteri dan dengan kesepakatan itu humas juga bisa menjadi biro bahkan diharapkan menjadi dinas,” ujar Deddy.
Peran dan fungsi humas di pemerintah pusat dan daerah, terang Deddy, bisa dilaksanakan dengan baik. Salah satunya dengan mengungkapkan fakta atau permasalahan yang sedang terjadi pada saat itu. Untuk menjalankan hal tersebut, kepala daerah seperti gubernur, bupati dan walikota harus mengeluarkan kebijakan berupa aturan-aturan yang mendukung kehumasan di daerahnya, sehingga humas menjadi jendela dan pintu bagi pemerintahan.
“Itu semua harus dikembalikan kepada gubernur atau bupati dan walikotanya masing-masing untuk membuat aturan kehumasan, sehingga bisa dipatuhi oleh para SKPD di lingkungan pemerintahannya. Nantinya, tidak ada yang salah dalam menanggapi permasalahan yang sedang berkembang,” ujarnya.
Terkait wacana tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Babel, Imam Mardi Nugroho menyatakan belum dapat berkomentar banyak. Namun, dia menegaskan bahwa humas memiliki peran vital dalam menyukseskan tata kelola pemerintah ke arah yang lebih baik.
"Untuk memaksimalkan peran vital itu diperlukan tiga dimensi tugas, yakni menyampaikan informasi secara terbuka kepada publik, memberikan pencitraan dan menyatukan berbagai macam visi dari berbagai stakeholder yang ada," katanya. (cr32/rel)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
Selasa, 15 September 2020 21:21 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online yang mengangkat tema
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan