Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran. Lanjut Sekolah Harus Lampirkan Sertifikat Iqro


Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran. Lanjut Sekolah Harus Lampirkan Sertifikat Iqro

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an sejak tahun 2003 lalu telah mendeklarasikan program Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran yang di dukung oleh tokoh masyarakat dan alim ulama se-kota Pangkalpinang.

“Pelaksanaan memberantas buta aksara Al-Qur’an ini dimulai dari seluruh jenjang pendidikan mulai dari TK, TPA kemudian juga untuk SD dan SMP kita data sehingga untuk anak usia 14 tahun wajib bisa baca tulis Al-Qur’an,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang Drs. Edison Taher kepada RB di ruang kerjanya, Rabu (25/5).

Untuk itu lanjut Edison, dengan adanya program ini maka dikeluarkanlah regulasi bahwa  setiap anak yang masuk SMP harus memilki sertifikat Iqro tersebut.

”Sekarang ini tinggal didata saja. Kalau masih ditemukan siswa yang belum memilki sertifikat tersebut maka akan dilatih sampai memiliki setifikat Iqro. Sebab persyaratan masuk SMP harus memiliki sertifikat iqro dan itu juga harus dilampirkan apabila mau masuk SMA,” tegas Edison.

Menurut Edison, sejak dibentuknya tim pemberantasan buta aksara Al-Quran yang diketuainya, sejak 2006 Pangkalpinang sudah tuntas buta aksara Al-Quran. Hasilnya, tahun 2009 walikota Pangkalpinang Drs. H. Zulkarnain Karim, MM mendapat penghargaan dari Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Kemudian kata Edison, selanjutnya program ini tinggal diteruskan dan dikembangkan kepada generasi berikutnya.

“Program ini dilaksanakan di sekolah tetapi yang menilainya bukan sekolah melainkan tim BKPRMI dan sertifikatnya juga dikeluarkan oleh tim ini,” kata Edison.

Edison mengungkapkan, dengan adanya program berantas buta aksara Al-Qur’an ini diharapkan dapat memfilter anak-anak secara mandiri dari pengaruh negatif dunia global saat ini.

“Mereka diberikan akhlak supaya bisa sholat sehingga mereka tahu mana yang baik dan buruk. Selain itu program ini tetap dilaksankan oleh BKPRMI kota yang kemudian berkembang ke daerah lain,” terangnya. (ydi)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
BI Launching Aplikasi QRIS,  Apa Saja  Keunggulannya?
BI Launching Aplikasi QRIS, Apa Saja Keunggulannya?
Senin, 19 Agustus 2019 12:13 WIB
PANGKALPINANG - Bertepatan dengan HUT Kemerdekaan RI Ke 74, Bank Indonesia (BI) meluncurkan standar Quick Response (QR) Code untuk pembayaran
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Tim Reformasi Birokrasi Kejagung RI Lakukan Penilaian WBK dan WBBM di Kejati Babel
Senin, 19 Agustus 2019 10:41 WIB
PANGKALPINANG - Tim Reformasi Birokrasi Kejaksaan Agung RI melakukan penilaian zona integritas Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih
Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat HUT PT Timah ke-43
Ribuan Peserta Ikut Jalan Sehat HUT PT Timah ke-43
Senin, 19 Agustus 2019 07:40 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak ribuan masyarakat Kota Pangkalpinang dan sekitarnya mengikuti jalan sehat yang diselenggarkan oleh PT Timah Tbk dalam rangka
Wali Kota Pangkalpinang akan Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden
Wali Kota Pangkalpinang akan Laksanakan Tugas Sesuai Amanat Presiden
Senin, 19 Agustus 2019 06:50 WIB
PANGKALPINANG - Wali Kota Pangkalpinang, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Maulan Aklil (Molen) akan berusaha melaksanakan tugas sesuai dengan amanat yang