Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran. Lanjut Sekolah Harus Lampirkan Sertifikat Iqro


Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran. Lanjut Sekolah Harus Lampirkan Sertifikat Iqro

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Pemerintah Kota Pangkalpinang dalam memberantas buta aksara Al-Qur’an sejak tahun 2003 lalu telah mendeklarasikan program Pemberantasan Buta Aksara Al-Quran yang di dukung oleh tokoh masyarakat dan alim ulama se-kota Pangkalpinang.

“Pelaksanaan memberantas buta aksara Al-Qur’an ini dimulai dari seluruh jenjang pendidikan mulai dari TK, TPA kemudian juga untuk SD dan SMP kita data sehingga untuk anak usia 14 tahun wajib bisa baca tulis Al-Qur’an,” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang Drs. Edison Taher kepada RB di ruang kerjanya, Rabu (25/5).

Untuk itu lanjut Edison, dengan adanya program ini maka dikeluarkanlah regulasi bahwa  setiap anak yang masuk SMP harus memilki sertifikat Iqro tersebut.

”Sekarang ini tinggal didata saja. Kalau masih ditemukan siswa yang belum memilki sertifikat tersebut maka akan dilatih sampai memiliki setifikat Iqro. Sebab persyaratan masuk SMP harus memiliki sertifikat iqro dan itu juga harus dilampirkan apabila mau masuk SMA,” tegas Edison.

Menurut Edison, sejak dibentuknya tim pemberantasan buta aksara Al-Quran yang diketuainya, sejak 2006 Pangkalpinang sudah tuntas buta aksara Al-Quran. Hasilnya, tahun 2009 walikota Pangkalpinang Drs. H. Zulkarnain Karim, MM mendapat penghargaan dari Ibu Negara Ani Yudhoyono.

Kemudian kata Edison, selanjutnya program ini tinggal diteruskan dan dikembangkan kepada generasi berikutnya.

“Program ini dilaksanakan di sekolah tetapi yang menilainya bukan sekolah melainkan tim BKPRMI dan sertifikatnya juga dikeluarkan oleh tim ini,” kata Edison.

Edison mengungkapkan, dengan adanya program berantas buta aksara Al-Qur’an ini diharapkan dapat memfilter anak-anak secara mandiri dari pengaruh negatif dunia global saat ini.

“Mereka diberikan akhlak supaya bisa sholat sehingga mereka tahu mana yang baik dan buruk. Selain itu program ini tetap dilaksankan oleh BKPRMI kota yang kemudian berkembang ke daerah lain,” terangnya. (ydi)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Membuat Perda Harus Selektif
Membuat Perda Harus Selektif
Rabu, 20 November 2019 11:48 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman, Selasa (19/11/2019) pagi, rapat bersama Bupati/Walikota se- Bangka Belitung, yang diselenggarakan di
577 Siswa Tahfidz Quran Menerima Beasiswa
577 Siswa Tahfidz Quran Menerima Beasiswa
Rabu, 20 November 2019 11:39 WIB
PANGKALPINANG – Sebanyak 577 Siswa, Mahasiswa dan Tahfidz Qur’an berprestasi dan kurang mampu, menerima Beasiswa dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan
Pemprov Babel Segera Selesaikan Seluruh Temuan BPK
Pemprov Babel Segera Selesaikan Seluruh Temuan BPK
Rabu, 20 November 2019 11:35 WIB
JAKARTA – Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah mewakili Gubernur Babel, Erzaldi Rosman, menyatakan bahwa pada tahun 2020
Gubernur Apresiasi, PLN Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Gubernur Apresiasi, PLN Serahkan Bantuan Rumah Layak Huni
Selasa, 19 November 2019 19:25 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur provinsi kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman mengapresiasi PLN atas kontribusinya membantu pemerintah daerah mewujudkan harapan warga Kampung