Peserta Jambore Pemuda Terima Pembekalan. Marwan: Diikuti 24 Peserta Dari Seluruh Babel


Peserta Jambore Pemuda Terima Pembekalan. Marwan: Diikuti 24 Peserta Dari Seluruh Babel

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Dalam rangka mempersiapkan pemuda pemudi Bangka Belitung (Babel - red) yang akan diberangkatkan ke luar daerah guna mengikuti kegiatan Jambore Pemuda Indonesia (JPI) dan Bakti Pemuda Antar Provinsi (BPAP), Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Dispora Babel) mulai menggelar kegiatan pembekalan JPI/BPAP di Hotel Aksi, Selasa (24/5) kemarin, hingga 31 Mei mendatang.

Kegiatan tersebut menurut Kadispora Marwan Muchtar diikuti 24 peserta yang berasal dari seluruh kabupaten/kotamadya di Babel. Dia menambahkan, setelah bersama-sama mengikuti JPI di Malang, Jawa Timur, para peserta akan dibagi masing-masing 8 orang untuk dikirim mengikuti program BPAP di Papua, Lampung dan Jawa Timur.

"Kegiatan jambore ini diikuti 33 provinsi dari 31 Mei hingga 7 Juni 2011. Selama mengikuti, para peserta akan didampingi 8 orang PPMI (Prana Prakarya Muda Indonesia). Untuk itu, lewat kegiatan ini para peserta dibekali dengan pengetahuan seni budaya hingga keahlian home industri," jelasnya kepada RB.

Sesuai dengan tema kegiatan pembekalan JPI dan BPAP 2011 yaitu "Terwujudnya Pemuda Mandiri, Kreatif dan Inovatif", Marwan berharap selain menambah wawasan nasional para peserta juga dapat menjadi duta daerah yang memperkenalkan seni budaya dan potensi Babel.

Sementara, Kabid Kewirausahaan Dispora Babel Jon Tuahdi Saragih yang mendampingi Kadispora menjelaskan dasar pelaksanaan kegiatan yaitu UU RI No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan, dan Surat Keputusan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Babel No. 188.4/054/DISPORA/2010 Tanggal 15 Mei 2011.

"Kegiatan ini diikuti para peserta yang telah lulus seleksi berjenjang di tingkat kabupaten/kota dan telah ditetapkan tim seleksi provinsi. Pembekalan meliputi materi umum seperti akhlak, kepemimpinan, etika, moral dan budi pekerti, strategi pengembangan pemuda di Babel hingga ke-organisasian," jelasnya.

Lebih lanjut, Jon menjelaskan materi lain yang diberikan kepada peserta yaitu gambaran umum Provinsi Babel, ketrampilan usaha produktif, pemahaman budaya lokal, sistematika penyusunan laporan kegiatan serta praktek seni dan budaya. Untuk melengkapi materi yang diberikan, peserta juga dijadwalkan mengikuti penyuluhan, mengunjungi Gubernur Provinsi Babel, serta melakukan diskusi kelompok.

"Kita berharap terselenggaranya Jambore Pemuda Indonesia dan Bakti Pemuda Antar Provinsi 2011 nanti akan mempererat jalinan rasa nasionalisme antar generasi muda dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia," pungkasnya. (crn)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Perjanjian Kerja Sama Pemprov Babel dan PT Agrinas Untuk Meningkatan Ketahanan Pangan
Perjanjian Kerja Sama Pemprov Babel dan PT Agrinas Untuk Meningkatan Ketahanan Pangan
Jum'at, 03 Juli 2020 18:56 WIB
JAKARTA - Tindak lanjut MoU antara PT Agro Insdustri Nasional (PT Agrinas) dengan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel) terkait rencana
Tiga Arahan Sekda Babel Terkait Pembahasan Usulan Revisi Pemanfaatan Kawasan Hutan
Tiga Arahan Sekda Babel Terkait Pembahasan Usulan Revisi Pemanfaatan Kawasan Hutan
Kamis, 02 Juli 2020 14:58 WIB
PANGKALPINANG – Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Naziarto berharap bahwa usulan-usulan revisi izin pemanfaatan kawasan hutan jangan hanya
Kunjungi Tins Gallery, Gubernur Erzaldi serahkan Alat-Alat Tradisional Babel
Kunjungi Tins Gallery, Gubernur Erzaldi serahkan Alat-Alat Tradisional Babel
Senin, 06 Juli 2020 07:07 WIB
PANGKALPINANG - Bubuh, alat tradisional untuk menangkap ikan yang terbuat dari batang resam asli Bangka Belitung beserta tali banetnya, serta
Gubernur Erzaldi Lakukan Silaturahmi Kepada Ulama Usman Fathan
Gubernur Erzaldi Lakukan Silaturahmi Kepada Ulama Usman Fathan
Kamis, 02 Juli 2020 13:59 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Babel, Erzaldi Rosman melakukan silaturahmi ke rumah seorang ulama mantan MUI, sekaligus tokoh agama Islam, Usman