Beasiswa Tak Pandang RSBI atau Tidak


Beasiswa Tak Pandang RSBI atau Tidak

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Kepala Dinas Pendidikan Pangkalpinang Edison Taher, Selasa (24/5) kemarin, menegaskan beasiswa bagi siswa kurang mampun dan berprestasi tidak melihat status sekolah siswa tersebut, apakah berstatus RSBI (Rintisan Sekolah Berstatus Internasional) atau tidak.

Penyaluran dana beasiswa yang telah disiapkan, kewenangannya menurut Edison diserahkan kepada sekolah yang bersangkutan. Sebab, pihak sekolah yang paling mengetahui siswa mana saja yang berha menerima beasiswa.

Meskipun sekolah tersebut memiliki label RSBI, pemberian beasiswa tetap berdasarkan data siswa kurang mampu atau berprestasi yang mereka miliki.

"Di samping itu, juga ada beasiswa dari Diknas dan juga ada beasiswa dari pihak swasta yang peduli akan dunia pendidikan," ujar Edison.

Lebih lanjut, Edison berpendapat bila ada siswa yang benar-benar kurang mampu atau miskin dan yatim piatu, maka pihak sekolah berhak memberikan beasiswa dalam bentuk bebas biaya sekolah hingga siswa yang bersangkutan menamatkan pendidikannya.

"Berdasarkan aturan yang ada, beasiswa yang diberikan itu minimal 20% dari total jumlah siswa, dan harus disediakan oleh sekolah dalam anggarannya bagi siswa yang kurang mampu atau siswa yang berprestasi. Artinya beasiswa ini tidak lain sebagai sarana kesempatan bagi siswa yang kurang mampu untuk mempunyai pendidikan. Tidak ada namanya perbandingan terhadap siswa yang kurang mampu dengan siswa yang kaya sekalipun. Yang penting dari mereka (penerima beasiswa - red) itu harus mempunyai kemampuan yang sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh sekolah," tegasnya.

Dia melanjutkan, "Selalu ada pengawasan serta pantauan dari Diknas bagi sekolah yang melanggar aturan itu. Namun, dirasakan untuk selama ini belum terlihat ada sekolah yang melanggar aturan anggaran beasiswa di Pangkalpinang ini." (cr35)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Jelang Tahun Baru 2020, Distribusi Pangan di Babel Stabil
Senin, 30 Desember 2019 14:36 WIB
PANGKALPINANG - Menjelang perayaan Tahun Baru 2020, distribusi kebutuhan pokok pangan masyarakat ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung relatif stabil.
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Tolak RZWP3K, Ratusan Nelayan Babel Berunjukrasa di Gedung DPRD
Senin, 30 Desember 2019 14:31 WIB
PANGKALPINANG - Ratusan massa yang tergabung dari masyarakat nelayan dari berbagai kabupaten, mahasiswa dan Walhi menduduki ruang Paripurna DPRD Babel
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
DPRD Babel Dukung Matras Bebas Tambang
Senin, 30 Desember 2019 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), meminta pemerintah provinsi mengkaji kembali terhadap penetapan
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri  Gotong Royong Membangun Masjid
Ratusan Warga Temberan bersama TNI dan Polri Gotong Royong Membangun Masjid
Minggu, 29 Desember 2019 12:09 WIB
BUKIT INTAN - Sekitar 300 Temberan Kelurahan Air dibantu anggota Koramil 413-10/Bukit Intan dan Polsek Bukit Intan, gotong royong membangun