PNBP Fidusia Babel Masih Rendah. IC Siregar: Kontribusi Hanya Berkisar 800 Juta


PNBP Fidusia Babel Masih Rendah. IC Siregar: Kontribusi Hanya Berkisar 800 Juta

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Kesadaran pihak leasing kendaraan bermotor mendaftarkan permohonan jaminan fidusia di Kantor Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Provinsi Bangka Belitung masih rendah. Hingga Jumat (20/5) kemarin, bagian pelayanan fidusia baru menerbitkan 84 lembar sertifikat. Padahal, tahun ini Kanwil Kemenhum dan Ham menargetkan penerbitan 300 lembar sertifikat jaminan fidusia.

Kasi Pelayanan Kanwil Hum dan Ham Babel, IC Siregar mengakui kesadaran pihak leasing masih rendah. Padahal, di daerah lain jumlah pendaftaran leasing sangat tinggi. Untuk itu, dia berharap angka pendaftaran akan terus bertambah hingga semester awal tahun ini sehingga berdampak pada penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

"Jika dibandingkan dengan pendaftar di daerah lain untuk Babel masih kecil ya. Padahal untuk perusahaan leasing yang ada di Babel ini cukup banyak, bahkan dapat saya katakan tumbuh subur namun yang mendaftarkan sangat sedikit. Kita untuk tahun ini memang menargetkan 300 dan kita harapkan bisa mencapai target atau bahkan melebihi targetnya," jelasnya kepada RB, Jum’at (20/5).

Terkait masalah kurang meningkatnya target penerbitan sertifikat fidusia tersebut, Siregar mengakui pihaknya masih kurang melakukan sosialisasi. Namun, dia berjanji dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan pertemuan dengan pihak leasing untuk membahas kontribusi yang meningkatkan PNBP tersebut.

"Kita rencanakan akan menggelar pertemuan dengan pihak leasing untuk mensosialisasikan pendaftaran jaminan fidusia ini di Novotel, tanggal 15 Juni mendatang. Kita harapkan nanti perusahaan leasing bisa membantu pemerintah untuk meningkatkan pendapatan negara ini. Dari sini kita bisa memberikan penekanan keada pihak leasing terkait kesadaran mereka melakukan kewajibannya," ujarnya.

Ditanyakan besaran kontribusi dari pendaftaran leasing selama tiga tahun terakhir untuk Provinsi Babel, Siregar mengatakan hanya berkisar di angka 800 juta. Padahal, jumlah tersebut bisa lebih besar karena perusahaan-perusahaan leasing di Babel belum memberikan kontribusi yang maksimal.

"Data kita dalam 3 tahun terakhir tercatat untuk tahun 2009 permohonan hanya 100 sertifikat, untuk tahun 2010 meningkat menjadi 200 sertifikat, untuk pendaftar kita harapkan dapat untuk mengingat pentingya pendaftaran tersebut untuk menjadi legal," katanya.

Masih rendahnya jumlah pendaftar fidusia disebabkan sebagian masyarakat yang belum paham mengenai fidusia. Untuk itu, Kanwil Hukum dan HAM berupaya untuk menyosialisasikan dalam bentuk seminar dan kegiatan lain. Walau saat ini masih menjadi polemik apakah harus didaftarkan atau tidak, fidusia memiliki fungsi yang sangat penting guna melindungi hak debitur dan kreditur.

Sebagai tambahan, fidusia merupakan pengalihan hak kepemilikan benda atas dasar kepercayaan dengan ketentuan benda yang hak kepemilikannya dialihkan, tetapi masih dikuasai pemilik benda. Fidusia bermanfaat untuk menjamin suatu benda, baik bergerak maupun tidak bergerak, sehubungan dengan hutang piutang antara debitur dan kreditur. (rja)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
Selasa, 15 September 2020 21:21 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online yang mengangkat tema
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan