Dispora Salurkan Rp 50 Juta untuk KUPP


Dispora Salurkan Rp 50 Juta untuk KUPP

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Babel), akan menyalurkan bantuan modal usaha sebesar Rp 50 juta kepada lima kelompok usaha produktif pemuda (KUPP) untuk meningkatkan kapasitas usaha yang digeluti para pemuda tersebut.

"Bantuan modal usaha Rp50 juta tersebut dari dana CSR (bantuan dana sosial perusahaan) yang akan disalurkan pada minggu ketiga Juni 2011 ke masing-masing KUPP dengan rincian Rp10 juta per KUPP," Kasi Kelembagaan Wirausahaan Dispora Babel, Arhandis, Sabtu (21/5) kemarin.

Dia menjelaskan, pemberian bantuan modal bagi lima kelompok KUPP ini merupakan upaya pemerintah untuk mengurangi jumlah pengangguran sekaligus menciptakan wirausaha baru.

"Kelompok usaha pemuda yang akan mendapatkan bantuan modal usaha yaitu usaha pemuda pengelolaan hasil laut, kerajinan kerang-kerangan, suvenir yang tersebar di lima kabupaten dan kota yaitu usaha pemuda Pangkalpinang, Kabupaten Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung dan Belitung Timur," ujarnya.

Arhandis melanjutkan, penyaluran bantuan modal usaha kepada wirausaha pemuda berdasarkan kelayakan usaha meliputi minimal usaha sudah berjalan satu tahun, pembukuan administrasi usaha harus lengkap seperti pembukuan laba per bulan maupun per tahun.

"Berdasarkan intruksi Kementerian Pemuda dan Olaraga, setiap kewirausahaan pemuda yang akan mendapatkan bantuan modal usaha harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan, apabila tidak bantuan tersebut tidak bisa disalurkan," ujarnya.

Menurut Arhandis, perkembangan kewirausahaan kepemudaan ini sering terkendala permodalan dan pemasaran sehingga usaha yang mereka tekuni sulit berkembang.

"Potensi kewirausahaan pemuda cukup baik seiring persediaan bahan baku cukup memadai dan tingginya minat pemuda untuk berkarya mencipta produk yang memiliki nilai ekonomi tinggi untuk meningkat kesejahteraan mereka," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, melalui bantuan modal usaha dan promosi produk usaha pemuda ke pameran-pameran tingkat lokal dan nasional, kedepannya mampu meningkatkan usaha dan produktivitas usaha kepemudaan.

"Kami selalu mengajak dan menawarkan produk kerajinan dan makanan usaha pemuda kepada pengusaha untuk menampung, memasarkan produk mereka dan membina pemuda yang baru memulai usahanya, sesuai jenis usaha yang dijalankan agar pelaksanaan program pengembangan kewirausahaan pemuda semakin optimal," pungkasnya. (ant)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
Selasa, 15 September 2020 21:21 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online yang mengangkat tema
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan