30 Kelompok Wirausaha Pemuda Dibina Dispora


30 Kelompok Wirausaha Pemuda Dibina Dispora

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bangka Belitung (Babel), membina 30 kelompok wirausaha pemuda, dalam upaya meningkatkan kemandirian pemuda sekaligus mampu menciptakan lapangan pekerjaan untuk mengatasi pengangguran.

"Pembinaan kewirausahaan pemuda ini dilakukan merata di tujuh kabupaten dan kota yaitu Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Barat, Bangka Selatan, Bangka Tengah, Belitung dan Kabupaten Belitung Timur," ujar Kasi Kelembagaan Wirausahaan Dispora Babel, Arhandis, Sabtu (21/5).

Pembinaan ini dilaksanakan melalui kegiatan pelatihan dan seminar untuk meningkatkan wawasan pemuda tentang wirausahaan, menciptakan lapangan kerja dan membentuk pemuda menjadi pengusaha unggul yang memiliki daya saing tinggi.

Selain itu, Arhandis menuturkan pada Juni 2011 juga dilakukan kerja sama dengan PT Timah untuk memberikan keterampilan teknis melalui pelatihan terhadap 30 kelompok kewirausahaan pemuda untuk menggelola rumput laut menjadi makanan khas kricu rumput laut di Kota Pangkalpinang.

Menurut dia, pelatihan kewirausahaan pemuda ini, selain untuk menciptakan pemuda yang mandiri juga untuk meningkatkan kesejahteraan petani pembudidayaan rumput laut.

Penggelolaan rumput laut menjadi makanan ringan karena potensi bahan baku rumput laut cukup tersebar di Kabupaten Belitung, Belitung Timur, Bangka Selatan, Bangka Tengah yang belum dikekola secara optimal.

"Selama ini, rumput laut hanya untuk campuran minuman cendol dan kurang diminati masyarakat sehingga perlu diupayakan diversifikasi produk dengan bahan baku rumput laut agar memberikan nilai tambah bagi potensi rumput laut tersebut," ujar Arhandi.

Dia menambahkan, "Para peserta pelatihan akan dilatih tenaga profesional untuk menghasilkan wirausahawan tangguh dan berkecakapan. Saat ini, nilai jual rumput laut masih rendah karena kurangnya permintaan dunia usaha, sehingga akan berdampak berkurangnya minat petani untuk membudidayakan rumput laut yang sebetulnya memiliki nilai ekonomi yang tinggi."

Untuk itu, kata dia, diharapkan melalui pelatihan ini akan muncul pemuda pelopor bidang ekonomi, lingkungan dan pendidikan.

"Kami berharap para peserta pelatihan ini serius agar masa depan para pemuda akan berubah dari pencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja, baik lapangan kerja untuk dirinya dan untuk sesama pemuda lain," ujarnya. (ant)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
UBB Gelar Kuliah Umum Online Bahas Tentang Pendidikan Pasca Pandemi
Selasa, 15 September 2020 21:21 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021, Universitas Bangka Belitung menyelenggarakan kuliah umum online yang mengangkat tema
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Pejabat di Lingkup Pemprov Babel Lakukan Pemeriksaan Kesehatan
Senin, 14 September 2020 12:44 WIB
AIR ANYIR - Dalam rangka memastikan kondisi kesehatan pimpinan yang ada di Lingkungan Pemprov Kepulauan Bangka Belitung (Babel), dilakukan pemeriksaan
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Permudah Wajib Pajak, Pemprov Babel Lakukan Beragam Inovasi
Senin, 14 September 2020 12:42 WIB
PANGKALPINANG - Guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Bangka Belitung yang ingin membayar pajak kendaraan bermotor, Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Pusat Pendidikan dan Pelatihan Daerah Pramuka Ibarat Jantungnya Pramuka
Minggu, 13 September 2020 16:40 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung (Kakwarda Babel), Melati Erzaldi mengatakan bahwa pusat pendidikan dan pelatihan