Tiga Bak Sampah Dirusak OTD


Tiga Bak Sampah Dirusak OTD

Dewan: Program PU Tidak Direncanakan Matang
KOBA (radarbangka.co.id) - Beberapa unit bak sampah yang terletak di Kompleks Perkantoran Pemda Bangka Tengah ditemukan rusak sebanyak 3 unit tepatnya di SD 5 Koba dan depan Kantor kelurahan Padang Mulya. Belum diketahui siapa pelaku yang melakukan pengrusakan tersebut. Disinyalir keberadaan bak sampah kurang bermanfaat, akibatnya menjadi pelampiasan pengrusakan, sehingga pengadaannya terkesan sia-sia. 
Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Syamsu Khairil mengungkapkan, ditemukannya bak sampah yang telah rusak karena memang dinas terkait kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat mengenai fungsi dan manfaat dari bak sampah. Padahal lanjutnya, tempat sampah memang perlu, tapi karena kurang sosialiasi sehingga menjadi bulan-bulanan orang tidak dikenal.  
"Dinas terkait kurang melakukan sosialisasi kepada masyarakat jadi masyarakat kurang paham apa maksud dari keberadaan bak sampah tersebut, sebaiknya bila masyarakat kurang setuju jangan dibangun," ujarnya.  
"Kalau pengadaan bak sampah tidak mendatangkan manfaat bagi masyarakat berarti terkesan mubazir, percuma saja diadakan men dak de manfaatnya," ujar Syamsu Khairil saat dikomfirmasi RB.
Lebih lanjut katanya, dewan berharap kepada Dinas PU supaya memikirkan dan merencanakan lebih matang setiap program yang akan dicanangkan jangan sampai program yang menggunakan uang rakyat tersebut terbuang sia-sia tanpa ada kompensasi sama sekali bagi masyarakat sendiri. 
"Kita harap kepada dinas-dinas terkait supaya kegiatan-kegiatan yang diprogramkan dipikir benar-benar dengan perencanaan yang matang, jangan sampai karena uang yang kita pakai adalah uang rakyat jadi harus betul-betul tepat pengadaannya," pungkasnya.  
Dikonfirmasi terpisah, Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Bateng Djasmadikun mengaku seiring dengan pengadaan bak sampah tersebut pihaknya telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat, tepatnya yang berdomisili di kecamatan-kecamatan dengan harapan bisa mengetahui adanya pengadaan bak sampah. Melalui sosialisasi itu, pihaknya yakin dan percaya kalau masyarakat sudah tahu sekaligus bisa memanfaatkan bak sampah ini dengan baik.  
"Kita sudah sosialisasi dengan masyarakat mengenai pengadaan bak sampah tersebut, seperti di kecamatan-kecamatan kita sudah sosialisasi, dan kita yakin melalui sosialisasi itu masyarakat akan tahu fungsi dari bak sampah," ujarnya.
Lebih lanjut katanya, pihaknya akan mencari tahu pelaku yang telah merusak bak sampah tersebut supaya mempertanggungjawabkan perbuatannya. "Kalau ketahuan perusaknya, maka akan kita minta ganti dengan yang baru sebagai konsekuensi telah melakukan pengrusakan. Karena baknya udah pecah, maka kita cari tahu siapa yang melakukannya agar mempertanggungjawabkan perbuatannya,"ungkapnya.(fer)


Banner

Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Aplikasi Si Peri Terbang Milik Babel Masuk Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik
Aplikasi Si Peri Terbang Milik Babel Masuk Top 99 Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik
Kamis, 09 Juli 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi menerima laporan Tim Inovasi Pelayanan Publik Si Peri Terbang (Sistem Informasi Pengiriman Terpadu Bahan Tambang), Kamis
Bersama Gubernur Erzaldi, Webinar Babel Economic Forum Bahas Peluang dan Tantangan Penguatan Ekonomi Babel
Bersama Gubernur Erzaldi, Webinar Babel Economic Forum Bahas Peluang dan Tantangan Penguatan Ekonomi Babel
Rabu, 08 Juli 2020 20:24 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman menjadi narasumber pada webinar "Babel Economic Forum" dengan tema “New Normal
Gubernur Erzaldi Samakan Persepsi Guna Sambut Tahun Ajaran Baru Era New Normal
Gubernur Erzaldi Samakan Persepsi Guna Sambut Tahun Ajaran Baru Era New Normal
Rabu, 08 Juli 2020 20:21 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman memberikan arahan kepada kepala sekolah SMA, SMK, SLB se-Babel yang berlangsung di Ruang Rapat Pasir
Nota Kesepakatan Pendampingan Dana Penanggulangan dan Pencegahan Virus Corona Ditandatangani
Nota Kesepakatan Pendampingan Dana Penanggulangan dan Pencegahan Virus Corona Ditandatangani
Rabu, 08 Juli 2020 09:59 WIB
PANGKALPINANG - Penanganan Covid-19 belum lah selesai, dengan masih terjadinya naik turun kasus orang-orang yang terpapar di Babel, maka Pemprov.