Taman Sari Adakan Lomba Balita Sehat


Taman Sari Adakan Lomba Balita Sehat

PANGKALPINANG  (radarbangka.co.id) - Dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia melalui pembinaan dan pengembangan kesehatan dan kesejahteraan balita (bawah lima tahun) yang dimulai sejak dini, sehingga tercipta proses tumbuh kembang anak secara optimal, Selasa (12/7) kemarin, Kecamatan Taman Sari mengadakan lomba balita sehat.
Ditemui RB, Camat Taman Sari, Yansyah Putra, menuturkan lomba ini merupakan program pemerintah yang sengaja diadakan pihaknya dan tiap kecamatan lainnya untuk melihat dan memantau kesehatan balita itu sendiri.
"Hadiah dan penghargaan untuk bayi yang juara pada lomba yang disediakan oleh Kecamatan selaku penyelenggara. Namun, jangan dilihat nilai hadiah tersebut, melainkan lebih ke kesehatan balita yang berpengaruh terhadap proses tubuh kembang anak secara optimal," tuturnya. 
Balita yang mengikuti lomba ini, tambahnya, dikelompokkan dalam usia 6 hingga 24 bulan serta kelompok usia 2 sampai 5 tahun.
"Kriteria yang kami nilai adalah gizi yang mencakup berat badan dan tinggi badan. Lalu pemeriksaan gigi, kemudian pemeriksaan kesehatan dan pendidikan ibu dan anak. Terakhir adalah psikologi," jelas Yansyah.
Dia melanjutkan, tujuan lain diadakannya lomba ini yakni untuk meningkatkan peran serta orangtua, khususnya ibu, untuk peduli terhadap kesehatan dan gizi bailta. Kemudian, peran serta masyarakat dalam meningkatkan status gizi anak.
"Tidak lain lomba ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah melalui kecamatan dalam memerhatikan kesehatan bayi serta meningkatkan peran serta masyarakat, terutama orangtua untuk lebih memperhatikan anaknya," terang Yansyah.
Dalam perlombaan yang berlangsung kemarin, terlihat para balita sangat senang. Balita yang berlomba diajak bermain, sambil diberi pertanyaan meliputi warna dan benda yang dipegang oleh dokter penilai.
Lebih lanjut, Yansyah menghimbau para orangtua, untuk rutin membawa bayinya yang baru lahir hingga usia 5 tahun ke puskesmas atau posyandu sebulan sekali. Tujuannya, untuk mendeteksi perkembangan badannya serta mendapatkan layanan imunisasi, penyuluhan dan layanan kesehatan. (cr35)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Sepanjang 2019, BNNP Babel Berhasil Mengamankan 31 Kg Sabu dan 10.000 Pil Ekstasi
Sepanjang 2019, BNNP Babel Berhasil Mengamankan 31 Kg Sabu dan 10.000 Pil Ekstasi
Jum'at, 13 Desember 2019 19:05 WIB
PANGKALPINANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung sepanjang tahun 2019, telah berhasil mengamankan sebanyak 31 Kg lebih sabu-sabu
UKW Tetap Jalan
UKW Tetap Jalan
Kamis, 12 Desember 2019 00:20 WIB
PANGKALPINANG - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) merupakan instrumen penting yang harus ditempuh wartawan. Salah satunya agar pemberitaan yang dibuat lebih
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Rabu, 11 Desember 2019 19:22 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DPJ) Sumsel Babel menyebutkan realisasi penerimaan pajak di Provinsi Bangka Belitung (Babel)
Terkait Pergantian Pengurus BP3L, Gubernur Persilakan Jika Ada Pihak Gugat ke PTUN
Terkait Pergantian Pengurus BP3L, Gubernur Persilakan Jika Ada Pihak Gugat ke PTUN
Rabu, 11 Desember 2019 16:31 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman mempersilahkan jika ada pihak tertentu yang ingin melakukan gugatan ke PTUN