Gula Bertahan Rp 12 Ribu


Gula Bertahan Rp 12 Ribu

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Harga gula pasir di sejumlah pasar tradisional Pangkalpinang, masih bertahan Rp 12 ribu/kg akibat terbatasnya pasokan dari daerah sentra produksi gula di Pulau Jawa dan Sumatera.
"Stok gula di tingkat agen distributor saat ini mencukupi, namun jika terjadi lonjakan permintaan selama puasa Ramadhan dikhawatirkan stok gula menipis sehingga berdampak terhadap kenaikan harga gula," ujar pedagang grosir bahan sembako di Pasar Pembangunan Pangkalpinang, Ahong, Selasa (12/7) kemarin.
Ia menjelaskan, diperkirakan harga gula selama puasa Ramadhan akan mengalami kenaikan karena tingginya permintaan dari pedagang jajanan buka puasa, pengusaha kue basah dan para ibu rumah tangga.
Kenaikan harga gula selama puasa Ramadhan biasanya dipicu lonjakan permintaan sehingga stok gula berkurang sementara untuk menambah pasokan sulit karena kebutuhan gula di daerah asal juga tinggi.
"Diharapkan kenaikan harga gula tidak terlalu tinggi sehingga masyarakat tidak terbebani dengan biaya hidup yang tinggi," harap Ahong.
Terpisah, Yeyen, pedagang gula merah dan gula aren mengatakan, harga gula merah dan gula aren masih stabil karena pasokan dari Jawa dan perajin lokal lancar dan permintaan normal.
"Harga gula merah masih Rp 12 ribu/kg, harga gula aren asal Jawa masih Rp 22 ribu/kg dan harga gula aren Bangka (gula kabung) masih Rp 20 ribu/kg," katanya.
Menurut Yeyen, harga gula merah dan aren diperkirakan naik mendekati puasa Ramadhan karena kebutuhan meningkat untuk membuat hidangan berbuka puasa seperti kolak, es dawet dan hidangan berbuka lainnya.
"Selama puasa permintaan gula aren dan gula merah tidak saja dari kalangan ibu rumah tangga tapi juga dari para pedagang jajanan berbuka puasa yang biasanya menjamur selama puasa Ramadhan," ujarnya. (ant)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset