Persipas V Persija. Serang Balik


Persipas V Persija. Serang Balik

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Meski beda kelas Persipas Pangkalpinang optimis bisa mengimbangi Persija Jakarta dalam duel di Stadion Depati Amir nanti sore (12/7). Bahkan Pasukan Klaras (julukan Persipas) yakin bisa menjebol gawang Persija yang dikawal mantan kiper Timnas, Hendro Kartiko.

Guna menjinakkan Macan Kemayoran (julukan Persija), pelatih Persipas, Gunawan  menyiapkan formasi fleksibel 4-4-2 yang setiap saat bisa berubah menjadi 3-5-2 mengikuti permainan lawan. "Kita turunkan formasi 4-4-2, namun pada saat permainan berlangsung tim bisa membentuk formasi 3-5-2. Kita memanfaatkan sedikit saja kelengahan lawan,” cetusnya.

Menurut Gunawan anak asuhnya akan kesulitan jika menyerang dari sayap, karena sayap-sayap Persija ditempati pemain nasional dengan pertahanan yang ketat. “Tapi kita berharap bisa memanfaatkan kelengahan lawan," ujarnya.

Dengan menempatkan Rizky dan Apriansyah di depan,  serangan balik memanfaatkan kelengahan lawan diharapkan bisa berbuah gol. "Rizky dan Rian menjadi komando untuk pemain di lapangan, kedua pemain kita ini merupakan pemain di klub nasional sehingga kita harpakan bisa mengimbangi permainan Persija," kata Gunawan yang berjanji akan tampil habis-habisan demi pendukung Persipas.

”Paling tidak kita bisa mengimbangi permainan lawan untuk mencetak gol, dengan bisa mencetak gol setidaknya ada perlawanan dari Persipas. Tapi kita tidak bisa menargetkan berandai-andai berapa gol, yang jelas kita tetap akan memotivasi anak-anak agar bisa mencetak gol," tukasnya menjawab target gol dilaga nanti.

Rizky Nopriansyah sendiri menyatakan siap memberikan yang terbaik untuk warga Pangkalpinang. Meskipun tidak menyebutkan berapa gol  yang dia cetak nanti, dengan pengalamannya beberapa kali melwan tim ibukota, striker yang bermain di Persijap Jepara ini optimis bisa memberikan yang terbaik untuk Pasukan Klaras. 

"Insya Allah siap menyerang dengan memanfaatkan peluang sekecil apapun, ya semaksimal mungkinlah agar bisa mencetak gol untuk Persipas, paling tidak bermain imbang dan mencetak gol sebanyak-banyaknya," ujarnya saat ditemui di Bumi Asih, Senin (11/7).

Meski secara fisik kalah dari skuad Macan Kemayoran, Rizky menegaskan dia dan rekan-rekannya tak gentar. "Biarpun kita kecil-kecil tapi kita yakin bisa mengimbangi kecepatan lawan, kita juga biar  kecil tapi cepat dalam permainan. Meskipun pemain Persija rata-rata berkualitas nasional apalagi "BP" (Bambang Pamungkas) merupakan icon Timnas dan Persija, tapi kita yakin bisa mengimbangi mereka," katanya optimis.

Kunci dalam deul nanti menurut Rizky adalah bermain kompak dan percaya diri serta menikmati jalannya permainan, sehingga semua pemain bisa bermain maksimal, tak peduli setangguh apapun lawan yang dihadapi. "Kita tidak ada beban, enjoy saja di lapangan, nikmati saja pertandingan, kalau kita melihat lawan lebih tangguh dan menilai mereka lebih dari kita, sama saja kita kalah sebelum bertanding, tapi kalau kita menikmati pertandingan mudah-mudahan akan memberikan hasil maksimal," pungkasnya yang mengaku sudah sering berlatih bersama Persipas meskipun Ia saat ini membela Persijab Jepara.

Kapten tim, Rian Miziar, juga yakin dia mampu memimpin tim kebanggaan warga Pangkalpinang mengimbangi tim bertabur bintang tersebut. "Kalau gol, kita tidak bisa prediksi. Yang jelas bisa bermain imbang saja sudah cukup, paling tidak satu gol, tapi kalau bisa lebih dari itu," katanya.

Meskipun sedikit mendapat tekanan pada posisinya sebagai defender, Rian yakin dengan menikmati pertandingan bisa mengimbangi permainan Persija Jakarta. "Tekanan pasti ada namun kita berusaha enjoy, bermain lepas dan menikmati pertandingan, fokus dan tetap menjaga kekompakan," kata Rian yang saat ini bermain di Pelita Jaya. 

Jika Persipas menyiapkan strategi counter attack , Persija masih merahasiakan strateginya. Ferry Indrasyarif Manager Persija, mengaku pihaknya belum bisa memastikan  strategi maupun formasi yang bakal diturunkan pada pertandingan nanti.

“Kepastian formasi dan strategi apa yang akan dijalankan, baru bisa dipastikan besok setelah mengetahui kondisi masing-masing pemain. Siapa yang paling fit, dia yang akan kita turunkan,” tuturnya. 

Biasanya, dalam laga-laga ISL (Indonesia Super League), tim peringkat 3 ISL 2011 ini  menurunkan formasi 4-4-2 atau 4-2-3-1 atau bisa 3-5-2 dengan duet ujung tombak Bambang Pamungkas  dan Greg Nwokolo. “Tapi sekali lagi tergantung hari-H nya, karena biasanya tim medis langsung kekamar para pemain sebelum pertandingan dimulai,” tegas Ferry yang juga tidak menyebutkan siapa saja pemain yang masuk starting eleven. 

“Yang jelas seluruh pemain akan diturunkan seperti Bambang Pemungkas, Aliyudin, Greg, Alamarta, Hendro Kartiko dan lainnya, kecuali Abu Kasmir yang memang tidak bisa kita turunkan karena cidera,” tandas Ferry.

Pelatih Persija, Rahmad Darmawan sebelumnya juga menyatakan seluruh pemainnya siap tampil maksimal sore nanti, sebab laga tersebut menjadi ajang seleksi pemain Persija di kompetisi ISL 2011-2012. Namun pelatih dengan latar belakang TNI AL ini tidak menargetkan berapa gol yang akan mereka cetak. “Kita akan berikan yang terbaik pada pertandingan ini. Semoga pertandingan ini bisa menjadi tontonan yang menarik bagi masyarakat,” pungkas Rahmat yang juga merahasiakan strateginya. 

Kapten Persija, Bambang Pamungkas, juga enggan membuka strategi timnya menjinakkan Pasukan Klaras, karena belum mendapatkan penjelasan dari pelatih. “Saya belum bisa pastikan hal tersebut, main pertama atau cadangan pun saya belum tahu, karena belum dibicarakan oleh pelatih,” ujar Bambang singkat.

Meski beda kasta,  Aliyudin striker Persija tidak mau meremehkan Pasukan Klaras. Bomber mungil ini menegaskan akan bermain habis-habisan. “Meskipun ini pertandingan persahabatan, namun kita tetap serius di lapangan nanti, karena ini sekaligus persiapan untuk tahun depan (ISL-red). Kita bermain tidak memandang dari sisi peringkat atau kasta nya, yang jelas kita akan bermain maksimal, itu saja,” ujar Aliyudin. (rja)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset