Toko Rp 1,5 M Ludes Terbakar


Toko Rp 1,5 M Ludes Terbakar

PANGKALPINANG (radarbangak.co.id) - Entah mimpi apa Mahmud, pemilik toko di Jalan Mentok Pangkalpinang Senin dini hari kemarin (11/7). Saat sedang terlelap bersama keluarganya,  toko sembako bernama "Mahmud" sekaligus kediamannya ludes terbakar. Beruntung tak ada keluarga Mahmud yang celaka dalam musibah ini. Hanya sang istri, Indah yang terlihat shock menyaksikan rumah dan isinya senilai sekitar Rp. 1,5 miliar habis terbakar bersama puing-puing yang berserakan.   

Berdasarkan pantauan Radar Bangka pukul 06.30 WIB api besar berkobar dalam  toko distributor sembako sekaligus kediaman berlantai tiga tersebut. Isi bangunan yang banyak menyimpan barang-barang mudah terbakar menyebabkan api dengan cepat berkobar.   

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan sekitar pukul 06.30 WIB pihak kepolisian lalu lintas yang lebih dulu datang langsung memblokade jalan di depan ruko. Sekitar pukul 07.30 WIB baru mobil pemadam kebakaran datang untuk memadamkan api yang terus membumbung tinggi. Sayangnya, hampir tidak ada lagi barang-barang yang dapat diselamatkan, petugas hanya berusaha menjinakkan api yang melahap barang yang tersisa. 

Berdasarkan tuturan saksi mata yang melihat kebakaran tersebut, Ican (50),   kebakaran tersebut diduga terjadi karena adanya arus pendek. Saat kejadian, kata dia, istri Mahmud  Indah (35) beserta ketiga anaknya sedang tidur di dalam rumah tersebut.

Melihat api yang mulai membesar, Ican yang juga tetangga korban, kemudian memanggil warga untuk membangunkan istri dan anak korban, namun karena masih dalam suasana subuh suara panggilan Ican dan warga sama sekali tidak terdengar oleh Indah dan anak-anaknya.

“Warga kemudian mendobrak pintu rumah korban secara paksa hingga akhirnya istri dan anak korban berlari pergi karena api semakin membesar,” ungkap Ican. 
Ican menjelaskan, mulanya api terlihat dari lantai bawah bangunan tersebut, namun Ia tidak mengetahui apa penyebabnya sehingga api menyala dan membakar rumah korban. "Yang jelas saya lihat apinya semakin membesar,” ujar dia. 

Sementara, tetangga samping rumah korban Sany (51) mengaku tidak mengetahui persis kejadian kebakaran tersebut. Namun dia bersama warga lainnya ikut memberikan bantuan untuk menyelamatkan anak istri korban.

“Saat saya terbangun, api sudah membesar sehingga saya langsung menelpon Pak Mahmud kalau rumahnya terbakar, tetapi korban tidak berada di rumah karena sedang berada di rumah sakit menjenguk keluarganya,” ujarnya.

Berselang beberapa lama, api semakin membesar hingga merambah ke lantai 2 dan lantai 3. Karena sudah membesar, sejumlah mobil pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Pangkalpinang, PT. Timah, Pemprov Babel dan mobil pemadam kebakaran dari Niaga Baru tidak mampu memadamkan kobaran api. 

Pihak kepolisian kata dia, akhirnya menerjunkan satu unit mobil watercanon Polda Bangka Belitung untuk menjinakan api. Namun sayang hingga tiga jam berlalu api belum juga dapat dijinakan. 

"Armada yang diterjunkan tersebut mengisi air hingga berulang kali untuk memadamkan api. Api baru berhasil dijinakkan petugas setelah lebih kurang 4 jam," ujar dia.   

Ketika memasuki jam kerja, di lokasi kejadian, ratusan warga berkumpul menyaksikan kepulan asap dan sisa-sisa barang yang telah dilahap api. Bahkan dari pantau RB dari pagi hingga menjelang malam kemarin warga berduyun-duyun menyaksikan langsung bangunan yang tampak hangus meskipun tidak sampai ambruk.

Semenatara, Kasat Reskrim Polres Pangkalpinang AKP Andi Rahma kepada wartawan mengatakan, pihak kepolisian masih belum bisa memastikan penyebab kebakaran tersebut, namun diduga kuat akibat api berasal dari konsleting arus pendek lemari pendingan yang berada di lantai bawah.

"Secara pasti masih kita selidiki, diduga karena konsleting arus pendek. Kerugian saat ini ditafsirkan lebih dari satu setengah miliar rupiah," tegasnya. (yak/ydi/cr35)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Bahas Renja Perangkat Daerah Tahun 2021 dengan Virtual Meeting, Babel Fokus Pada Pemberdayaan Masyarakat
Bahas Renja Perangkat Daerah Tahun 2021 dengan Virtual Meeting, Babel Fokus Pada Pemberdayaan Masyarakat
Selasa, 07 April 2020 13:58 WIB
PANGKALPINANG - Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) memberikan dampak yang luas di dunia, begitu juga di Indonesia. Pemprov Kepulauan
Paripurna Hari ini Sahkan Empat Raperda dan LKPJ 2019
Paripurna Hari ini Sahkan Empat Raperda dan LKPJ 2019
Senin, 06 April 2020 18:53 WIB
PANGKALPINANG - Wakil Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Abdul Fatah menghadiri rapat paripurna pengambilan keputusan terhadap empat Rancangan Peraturan Daerah
Kakwarda Babel Serahkan Alat Cuci Tangan dan APD Untuk Warga Selindung Baru
Kakwarda Babel Serahkan Alat Cuci Tangan dan APD Untuk Warga Selindung Baru
Senin, 06 April 2020 18:51 WIB
PANGKALPINANG - Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kepulauan Bangka Belitung, Melati Erzaldi yang didampingi Ketua Gugus Tugas, Mikron Antariksa hadir
Pemprov Babel Sterilkan Kawasan Karantina Pasien ODP dan PDP COVID-19
Pemprov Babel Sterilkan Kawasan Karantina Pasien ODP dan PDP COVID-19
Minggu, 05 April 2020 18:01 WIB
PANGKALPINANG - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mensterilkan tempat karantina orang dalam pemantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) COVID-19,