Brimob Mulai Berlatih Amankan Pilgub


Brimob Mulai Berlatih Amankan Pilgub

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Menghadapi Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2012 mendatang, Satuan Brigade Mobil (Brimob) Polda Bangka Belitung (Babel) mulai melakukan persiapan pengamanan. Langkah awal yang dilakukan jajaran Brimob adalah dengan latihan secara periodik yang dimulai Senin kemarin (11/7) dibuka Kapolda Brijen M. Rum Murkal di halaman Mako Brimob. 

Usai upacara pembukaan latihan kepada wartawan Kapolda mengatkan, dalam pemeliharaan Brimob latihan-latihan yang bersifat rutin dilaksanakan dan ada latihan yang sifatnya periodik dilakukan dengan perencanaan dan angaran dari DIPA (angaran Negara-red).

Menurut Kapolda latihan periodik ini, kedepannya ada moment-moment seperti Sail Wakatobi-Belitung dan pemilihan gubernur. Oleh sebab itu, saat ini akan ada latihan wanteror, latihan anti anarkis, penjinakan bom dan VIP protection.

Untuk VIP Protection ini lanjut Kapolda, akan dibutuhkan apabila sudah ditetapkan calon-calon gubernur mapun wakil gubernur yang akan bertarung guna memastikan keamanan para calon.

“Dan kami netral. Siapa pun calon gubernurnya kami akan siapkan pendamping untuk mengamankan secara personal termasuk keluarganya yang akan kita dampingi,” tegas kapolda.

Kapolda menambahkan, apabila calon gubenur tersebut tidak bersedia untuk didampingi maka boleh saja asalkan memberikan surat secara tertulis bahwa dia tidak mau diamankan oleh anggota Polda. Namun dalam hal ini, kata kapolda, prinsipnya  adalah menyiapkan dan mengamankan. 

Sementara Kasat Brimob Polda Babel Kombes Pol Drs. Adeni Mohan DP, MM menambahkan, latihan tersebut bertujuan meningkatkan kemampuan personil dalam rangka mengantisipasi kegiatan-kegiatan Sail Wakatobi dan menghadapi pilgub 2012. 

Latihan yang akan dilakukan, kata Mohan, pertama kali yakni menjinakkan bom karena saat ini sudah sering terjadinya teror bom, mulai dari bom buku maupun paket.

“Kemudian dalam sail wakatobi akan banyak orang yang datang bermacam-macam yang akan diantisipasi semua, karena menyangkut harga diri bangsa. Untuk itu akan ditingaktkan kemampuan personil yaitu jibom dengan cara tehnik yang baru,” terang Mohan.

Yang kedua lanjut Mohan, yakni latihan wanteror yang kemungkinan akan ditumpangi oleh orang-orang tertentu yang tidak puas dalam masalah ekonomi, budaya, politik. Selain itu juga perlu diantisipasi bagaimana lawan terror yang nantinya akan ada gabungan dari TNI-Polri dan masyarakat lain. Serta yang ketiga kata Mohan yakni VIP Protectian yang isinya bagaimana mengamankan pejabat baik presiden atau yang lainya dari jakarta termasuk dalam Pilgub 2012 nanti.

“Kita harus siapkan untuk mengamankan calon-calon tersebut, oleh karena itu kalau yang mengamankan tidak memilki kemampuan yang khusus bagaimana bisa mengamankan, makanya dilakukan latihan ini,” tutur Perwira Melati Tiga ini. (ydi)  



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset