Jelang Ramadhan. Pertamina Belum Tentukan Kuota BBM Babel


Jelang Ramadhan. Pertamina Belum Tentukan Kuota BBM Babel

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - PT Pertamina belum menentukan kuota bahan bakar minyak dan sistem penyalurannya untuk wilayah Bangka Belitung selama Ramadhan dan Idul Fitri 1432 Hijriyah karena masih akan dilakukan pembahasan mengenai hal itu.

Asisten Manajer Hubungan Eksternal PT Pertamina Region II Sumbagsel, Roberth MV Dumatubun, Senin (11/7) kemarin, menjelaskan PT Pertamina akan membahas kuota tersebut bersamaan dengan pembentukan satuan petugas (Satgas) pengamanan BBM.

"Waktu pembahasan untuk sementara kami belum bisa menentukannya, namun biasanya besertaa dengan pembahasan Satgas yang akan bertugas memantau keamanan BBM di lapangan," ujarnya.

Berdasarkan kuota BBM untuk wilayah Babel, katanya, hingga Juni 2011 PT Pertamina telah mendistribusikan BBM bersubsidi untuk jenis premium sebesar 131.247 kiloliter dengan pendistribusian 631 kiloliter per hari atau melebihi kuota sebesar 115 persen, sedangkan jenis solar 102.837 kiloliter atau 559 kiloliter per hari dan telah melebihi kuota sebesar 102 persen.

"Khusus kuota selama bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri 1432 Hijriyah, penambahan suplai BBM jenis premium pasti ada, karena peningkatan konsumsi premium diprediksi akan terjadi pada H-3 hingga H+3, namun untuk jumlah penambahan tersebut belum bisa kami tentukan," ujar Roberth.

Sementara untuk kuota BBM jenis solar, menurut dia, untuk Provinsi Babel justru akan mengalami pengurangan dari kuota pada hari normal, karena banyak industri dan kendaraan operasional yang tidak beroperasi menjelang Idul Fitri 1432 Hijriyah.

Roberth menambahkan, penurunan kuota BBM jenis solar untuk Provinsi Babel juga disebabkan daerah itu bukan merupakan jalur lintas Sumatera untuk arus mudik dan arus balik.

"Biasanya menjelang Raya Idul Fitri industri di Provinsi Babel banyak yang libur, karena pekerjanya mudik ke Jakarta dan beberapa daerah lainnya," ujarnya.

Ia mengatakan, kuota dan pendistribusian BBM jenis premium dan solar, setelah bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri akan kembali seperti jadwal sebelumnya.

"Suplai semua jenis BBM di luar bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri akan didistribusikan sesuai dengan kuota dan jadwal yang telah ditentukan," ujarnya.

Sementara, Satgas yang akan dibentuk PT Pertamina untuk mengamankan BBM selama bulan Ramadhan dan hari Raya Idul Fitri belum bisa diketahui berasal dari unsur mana saja, demikian juga dengan jumlah personil dan sistem penempatan dari Satgas tersebut.

"Semuanya masih dalam pembahasan kami, setelah semuanya benar-benar sudah mantap baru akan kami publikasikan kepada media," janjinya. (ant)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Erzaldi Rosman Gunakan Aplikasi Seluler Untuk Pantau ODP
Gubernur Erzaldi Rosman Gunakan Aplikasi Seluler Untuk Pantau ODP
Sabtu, 04 April 2020 19:58 WIB
PANGKALPINANG - Gubernur Erzaldi Rosman instruksikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 persiapkan tenaga pemandu untuk penggunaan aplikasi untuk memantau
Bukan Melalui Udara, Warga Sekitar Karantina ODP/PDP Covid-19 Tidak Berisiko Tertular
Bukan Melalui Udara, Warga Sekitar Karantina ODP/PDP Covid-19 Tidak Berisiko Tertular
Jum'at, 03 April 2020 19:48 WIB
PANGKALPINANG - Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) tidak menular melalui udara. Warga di sekitar tempat karantina Orang Dalam Pemantauan (ODP)
Pemprov Babel Sampaikan Perkembangan dan Penanganan Covid-19 Pada Ketua DPRD Babel
Pemprov Babel Sampaikan Perkembangan dan Penanganan Covid-19 Pada Ketua DPRD Babel
Jum'at, 03 April 2020 19:38 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menyampaikan kondisi terkini terkait penanganan Covid-19 di hadapan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah
Pemda Alokasikan Anggaran Untuk Penanganan Covid-19
Pemda Alokasikan Anggaran Untuk Penanganan Covid-19
Jum'at, 03 April 2020 19:33 WIB
PANGKALPINANG - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Naziarto mengikuti "video conference" bersama pemda se-Indonesia untuk mendengarkan arahan Kementrian Dalam