PAN Pastikan Usung Darmansyah


PAN Pastikan Usung Darmansyah

Dukungan untuk Yusron Mengalir 

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Sikap resmi PAN (Partai Amanat Nasional) yang selama ini ditunggu-tunggu para kandidat, masyarakat maupun para pengamat politik akhirnya terjawab. Berdasarkan rapat pimpinan wilayah (Rapimwil) DPW PAN bersama dewan pengurus daerah (DPD) PAN se Bangka Belitung (Babel) memutuskan akan mengusung Darmansyah Husein maju pada Pilgub tahun depan. 

Kepastian tersebut disampaikan Korwil DPW PAN untuk wilayah Bangka Barat (Babar), Ivan Wahyudi Hartono kepada RB usai rapim Sabtu malam (9/7) di Hotel Mitra Pangkalpinang. Menurut dia, alasan pengurus dalam Rapimwil memutuskan untuk mencalonkan Darmansyah karena PAN lebih cendrung memajukan kader sendiri ketimbang mengusung kandidat lain. Darmansyah Husein sendiri adalah Ketua DPW PAN Babel yang juga menjabat sebagai Bupati Belitung.

"Pada pilgub kali ini seluruh DPD PAN se Bangka Belitung, sudah mengambil sikap untuk mendukung calon dari internal partai (Darmansyah Husein-red), karena itu lebih baik ketimbang hanya menjadi pengusung," kata Ivan.

Ivan mengungkapkan, pada Rapimwil PAN tersebut dihadiri langsung oleh enam DPD minus DPD Pangkalpinang karena ketua DPD nya berhalangan hadir. Namun mayoritas dari seluruh DPD-DPD telah memberikan pandangan kepada partai agar mengusung calon dari internal partai.

"Positif pada pilgub 2012 kita akan mengusung calon dari internal partai. Untuk posisi saat ini belum ada keputusan apakah nomor satu atau nomor dua, tapi yang pasti kader kita akan tetap kita majukan," tegas Ivan.

Sementara ketua DPW PAN Darmansyah Husein menyikapi dukungan yang diberikan oleh DPD-DPD pada Rapimwil tersebut, mengaku siap untuk dicalonkan oleh PAN partai yang telah membesarkan namanya selama ini.

"Selaku kader partai saya siap untuk dicalonkan, namun saat ini belum bisa memutuskan apakah sebagai calon gubernur ataupun sebagai calon wakil gubernur, karena belum diputuskan oleh DPP. Pokoknya kita siap kalau memang didukung oleh DPD-DPD," kata Darmansyah.

Dalam kesempatan yang sama, Sekertaris DPD Bangka Tengah (Bateng), Rusman Rasid mengungkapkan, sebagai partai besar tentunya kader partai tidak ragu-ragu jika memang partai mengharuskan yang bersangkutan untuk dimajukan pada pilgub mendatang.

"Sudah saatnya kader PAN untuk tampil kedepan, apa lagi sebagai partai besar PAN tidak boleh lagi hanya sebagai partai pendukung tetapi harus sebagai pengusung. Memang saat ini kita belum bisa mengusung calon tanpa harus berkoalisi. Tapi kader kita punya nilai jual itu yang harus kita kedepankan, jika ingin PAN menjadi partai yang bisa diperhitungkan di Bangka Belitung," ungkap Rusman.

Lebih lanjut Rusman mengungkapkan, dengan akan adanya calon dari internal partai diharapkan seluruh simpatisan dan kader partai untuk saling bahu membahu menggalang kekuatan pada pilgub 2012 mendatang.
Dukungan untuk Yusron Mengalir

Sementara itu keputusan Yusron Ihza Mahendra untuk maju merebut Babel 1 terus mendapat dukungan dari masyarakat. Hal ini terlihat dalam pertemuan informal berbagai elemen masyarakat yang melakukan silaturahmi dengan Yusron Ihza di kediaman orang tuanya di Jalan Kartini Desa Lalang, Manggar Beltim, Minggu (10/7) malam.

Mantan Kades Simpangpesak, Kecamatan Simpangpesak, Suradioto Wiryo menyampaikan, mestinya calon-calon gubernur tahu apa keinginan masyarakat Babel. Karena itu jika Yusron nanti terpilih menjadi orang nomor  satu di Babel, dia meminta adik Yusril Ihza Mahendra, mantan Menkumham tersebut memperjuangkan kepentingan masyarakat seperti penyelesaian masalah pertambangan rakyat. Selain itu, dia meminta Yusron memperjuangkan perkebunan plasma buat masyarakat agar lebih diperbesar dan birokrasi selaku pelayan masyarakat agar tidak berbelit-belit.

“Aku minta ke Pak Yusron mudah-mudahan kepilih orang nomor satu Babel, agar dapat memperjungkan kepentingan masyarakat ne pasca tambang timah kedepan. Ape program gubernur kedepan ini mesti la kita pikirkan gitu,” ujar Suradio akrab dipanggil.

Dia menilai Yusron pantas dan layak jika dicalonkan menjadi Gubernur Babel mengingat pengalaman sebelumnya menjadi anggota DPR RI. Bahkan kata dia, jika nantinya Yusron tidak dapat mencalonkan sebagai nomor satu maka ia bisa dicalonkan sebagai wakil gubernur selaku reprensentasi Belitung.  

Senada dengan Suradio, Sahim asal Belitung juga sepenuhnya mendukung Yusron untuk dicalonkan menjadi gubernur Babel karena calon gubernur Babel asal Pulau Belitung pada Pilgub 2012 mendatang memang mesti dimulai sekarang.

“Kami prinsipnya dari Belitung Induk dan Beltim akan dukung sepenuhnya bang Yusron untuk mencalonkan diri Gubernur Babel, sebile agik kita maju kalau tak mulai dari beliau. Kita harapkan dukungan dari kawan-kawan semua la, moga kita Belitung ada calon yang memang diandalkan,” ujar Sahim.  

Menanggapi hal itu, Yusron yang memperoleh suara terbanyak  dalam Pemilu Legislatif 2009 tapi Partai Bulan Bintang (PBB) terganjal Elektoral Treshold (ET), mengucapkan erimakasih atas dukungan tersebut.  

“Saya telah memastikan diri, niat mencalonkan pada Pilgub Februari 2012. Ini niat serius, semoga diridhoi Allah SWT terwujud, terus nanti setelah terwujud dapat berbuat lebih baik lagi buat kampong halaman kita Bangka Belitung,” kata Yusron.

Dengan siapa nantinya rencana Yusron yang menjadi Cagub akan berpasangan dalam arti calon wagubnya? ”Kan siapa la berpasangan, memang belum putus, kini 90 persen kemungkinan  saya berpasangan dengan PKS yakni Ridwan Thalib, karena andalan mesin partai PKS sangat efektif di Babel, jadi koalisinya PKS dan komunikasi juga masih dibangun dengan partai lainnya di Babel. Kemungkinan besar maju dengan PKS, Insya Allah jadi,” jelas Yusron. (dv/cr37) 



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Kamis, 09 April 2020 19:18 WIB
PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa membagikan 300 paket sembako gratis ke pengemudi ojek, tukang
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Kamis, 09 April 2020 15:10 WIB
PANGKALPINANG - Bantuan Adem Sari Ching Ku bersama Yayasan Enesis Indonesia berupa minum herbal untuk pejuang Corona atau Covid-19 telah
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Kamis, 09 April 2020 00:54 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka mendukung sinergitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel)
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Kamis, 09 April 2020 00:41 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung hari ini telah merampungkan proses refocusing dan realokasi anggaran guna mencegah penyebaran dan mempercepat