Pertarungan 22 Tim LPI Dimulai


Pertarungan 22 Tim LPI Dimulai

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Geliat olahraga di Bangka Belitung (Babel) tengah bergejolak, setelah meraih peringkat kedua di Porwil Kepulauan Riau (Kepri), kini agenda olahraga bertambah lagi setelah Liga Pendidikan Indonesia (LPI) tingkat provinsi resmi digelar pada Minggu kemarin (10/7) di halaman kantor gubernur.

Pembukaan LPI tingkat provinsi yang dihadiri oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Babel, jajaran kepolisian, staf pengurus PSSI Babel, serta KONI Babel dengan semangat menghadiri pembukaan event olahraga pendidikan berskala nasional ini. 

Ir.Imam Mardi Nugroho, Sekretaris Daerah (Sekda) Babel, yang mewakili Gubernur pada pembukaan LPI tingkat provins, menyatakan, LPI merupakan wadah untuk mencari pemain-pemain muda berbakat melalui pendidikan, baik dari SMP, SMA, hingga perguruan tinggi di Babel. Untuk itu, para pemain harus memiliki karakter yang baik disamping mempunyai skill yang tinggi. ”Mengenai anggaran untuk meningkatkan fasilitas olahraga, pemerintah provinsi (pemprov) Babel telah menyiapkan perihal tersebut kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) pusat agar para atlet daerah dapat bertanding dan berlatih dengan fasilitas yang baik," katanya. 

Peserta sebanyak 22 tim peserta LPI siap bertarung ditingkatnya masing-masing.  tingkat universitas terdapat 8 tim yang akan berkompetisi, yakni AKPER kota Pangkalpinang, POLTEKKES Pangkalpinang, PERTIBA, STIKES Citra Delima, POLMAN Babel, STAIN SAS Babel, STIMIK Atma Luhur, dan UBB. Sedangkan untuk tingkat SMA ada 7 tim yang bertarung, diantaranya SMKN 1 Tanjungpandan, SMKN 2 Pangkalpinang, SMAN 1 Kelapa, SMKN 1 Pangkalanbaru, SMKN 1 Payung, SMAN 1 Kelapakampit, dan SMAN 1 Merawang. Untuk tingkat SMP juga 7 tim yang siap bertanding, yaitu SMPN 2 Sijuk, SMPN 3 Muntok, SMPN 1 Kelapakampit, SMPN 1 Lubukbesar, SMP YPN Belinyu, MTsN Pangkalpinang, dan SMPN 1 Payung. Setelah melaksanakan Technical Meeting (TM) pada hari Sabtu 9 juli 2011 dikantor Dinas Pendidikan (Disdik) Babel, sebanyak 22 tim . 

Alkodri, Komisi Disiplin Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) Babel, pada TM kemarin menjelaskan, LPI diadakan berdasarkan instruksi dari presiden Republik Indonesia (RI) yang dilaksanakan melalui Disdik berkerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan PSSI. Untuk itu perlu diingatkan kepada seluruh peserta LPI agar mengutamakan disiplin dan bersikap sportif, baik didalam maupun diluar lapangan, dan mengharapkan kepada official team untuk mematuhi segala peraturan wasit dalam pertandingan.

Dia menambahkan, perlu diketahui, para peserta LPI mulai diseleksi dari tingkat kabupaten dan kota dengan memperebutkan piala Bupati atau Walikota, dan untuk tingkat provinsi akan memperebutkan piala gubernur, yang selanjutnya akan mewakili provinsi untuk memperebutkan piala presiden.

Sedangkan untuk tahap nasional rencananya akan dilaksanakan di Banten, namun informasi yang didapat, Babel tergabung dalam grup yang cukup berat, diantaranya Aceh, Sumatera Utara (Sumut), Sumatera Barat (Sumbar), Jambi, Riau, Bengkulu, dan tuan rumah Banten. "Di tingkat nasional, Babel tergabung di grup berat. Untuk itu, perlu pesrsiapan yang baik dan mantang bila ingin meraih prestasi di tingkat nasional", pungkas Alkodri. (cr36)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Bantu Ringankan Masyarakat, Polda Babel Bagikan 300 Sembako
Kamis, 09 April 2020 19:18 WIB
PANGKALPINANG - Polda Kepulauan Bangka Belitung (Babel) melalui Bhabinkamtibmas dan Babinsa membagikan 300 paket sembako gratis ke pengemudi ojek, tukang
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Bantuan Adem Sari Ching Ku Untuk Pejuang Corona Tiba di Babel
Kamis, 09 April 2020 15:10 WIB
PANGKALPINANG - Bantuan Adem Sari Ching Ku bersama Yayasan Enesis Indonesia berupa minum herbal untuk pejuang Corona atau Covid-19 telah
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Disbudpar Rapat Kerja Bersama Komisi II DPRD Babel
Kamis, 09 April 2020 00:54 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka mendukung sinergitas Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel)
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Pemprov Babel Telah Rampungkan Proses Refocusing dan Realokasi Anggaran Guna Tangani Covid-19
Kamis, 09 April 2020 00:41 WIB
PANGKALPINANG - Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung hari ini telah merampungkan proses refocusing dan realokasi anggaran guna mencegah penyebaran dan mempercepat