Waspadai Penyakit Degeneratif di Usia Lanjut


Waspadai Penyakit Degeneratif di Usia Lanjut

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Pemerintah Kota (Pemkot) Pangkalpinang meminta agar masyarakat Pangkalpinang waspada sejak dini terhadap penyakit degeneratif. Pasalnya, penyakit ini merupakan penyakit peringkat tertinggi di Rumah Sakit Umum Daerah Depati Hamzah (RSUDDH) Pangkalpinang selama enam bulan terakhir yang bisa menyebabkan kematian.

Demikian disampaikan dr Restum Alamsyah Direktur Utama RSUDDH Pangkalpinang kepada wartawan, Kamis, (7/7). Menurutnya, tingginya pertumbuhan penyakit ini disebabkan akibat pola hidup masyarakat yang tidak sehat.

Restum juga menjelaskan, penyakit degenerative ini adalah satu penyakit suatu penyakit yang muncul akibat proses kemunduran fungsi sel tubuh yaitu dari keadaan normal menjadi lebih buruk. Dan kebayakan menyerang para lanjut usia (lansia). Sedikitnya ada 50 yang termasuk penyakit degeneratif diantaranya adalah diabetes melitus, stroke atau kelumpuhan, jantung koroner, kardiovaskular, obesitas, dislipidemia dan sebagainya.

“Untuk itu, kita harus waspada sejak dini terhadap penyakit yang mematikan ini. Salah satunya dengan cara berolahraga dan menjaga pola hidup sehat khususnya dalam menjaga pola makan,” jelas Restum.

Lebih lanjut dikatakan Restum, saat ini penyakit degenerative adalah penyakit pembunuh nomor satu di Indonesia. Untuk itu, dirinya menyarankan agar masyarakat Pangkalpinang segera merubah gaya hidup. Sebab, semakin meningkatnya usia produktif manusia, penyakit ini akan semakin menghantui.

Saat ditanyai berapa jumlah angka kematian akibat penyakit ini di RSUDDH, Restum tidak mengetahui secara jelas. Namun dipastikan sudah melebihi sekitar 50 pasien.  “Makanya kita sarankan kepada pejabat-pejabat agar segera merubah pola hidupnya dan merokok supaya dikurangi dan perbanyak olahraga,” pungkasnya. (rja)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset