Hutang Raskin Rp 2,7 M, Lunas!


Hutang Raskin Rp 2,7 M, Lunas!

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Kewajiban Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bangka Belitung (Babel) untuk membayar hutang beras rakyat miskin (Raskin) periode Januari-April yang sempat tertunda dua bulan, akhirnya berhasil dipenuhi.

Kepastian tersebut diungkapkan Kepala Bulog Divisi Regional II Bangka, Fansuri, Kamis (7/7) siang, saat menunggu proses pembayaran hutang raskin Pemprov yang dibayarkan ke rekening BRI milik Bulog.

"Kepala DPPKAD Babel, pak Iskandar, memberitahukan bahwa uang Rp 2,7 miliar sudah mereka setorkan ke Bank BRI melalui Bank Sumsel Babel pagi tadi. Kabarnya uang itu masuk jam dua siang," ungkapnya.

Meskipun pelunasan baru dilakukan kemarin, Fansuri mengaku sudah mendistribusikan raskin sejak Rabu (6/7) lalu. Sebab, menurutnya masyarakat sudah banyak yang menunggu raskin.

"Kita sudah keluarkan Raskin kemarin (Rabu-red). Karena sudah ada kepastian dan sudah diproses meskipun belum masuk di rekening Bulog. Kalau dulu kan tidak bisa, karena masih harus menunggu kepastian," terangnya.

Selanjutnya, Bulog Divre II Babel akan mengeluarkan 858 ton raskin untuk enam Kabupaten dan satu Kota. "Kalau Rabu di Pangkalpinang, hari ini (kemarin-red) Bangka Induk," tutup Fansuri.

Sementara, Kepala DPPKAD Iskandar, dalam pesan singkatnya yang diterima RB menjelaskan, "Dana Bulog sudah kita bayar hari ini. Sebenarnya bisa lebih cepat 2 hari kalau kwitansinya bisa ditandatangani Kepala Bulog dan diserahkan kepada kami  pada hari Jum’at sore yg lalu."

Diketahui, 29.208 Rumah Tangga Sasaran (RTS) di wilayah Babel telah menanti raskin dua bulannya lamanya. Tertundanya penyaluran raskin ini karena Pemprov Babel tak kunjung melunasi hutang raskin periode Januari-April. Akibatnya, Raskin periode Mei-Juli pun tertunda didistribusikan Bulog Divre II Babel.

Jika pada tahun 2010 sebanyak 28.408 RTS yang menerima raskin, maka pada Mei-Juli 2011 bertambah sekitar 800 RTS. Dari catatan Bappeda tersebut, rinciannya adalah Kabupaten Bangka sebanyak 4.978 RTS, Bangka Selatan 4.486 RTS, Belitung 5.307 RTS, Bangka Tengah 3.056 RTS, Bangka Barat 3.294 RTS, Pangkalpinang 3.282 RTS dan Kabupaten Belitung Timur sebanyak 4.005 RTS. (dry)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset