32 Desa Gelap Bakal Terang


32 Desa Gelap Bakal Terang

Program Lindes PLN Bangka Tahun 2011 
PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Guna menyukseskan Program Listrik Pedesaan PLN 2011, PT PLN (Persero) Cabang Bangka berencana melakukan penyambungan listrik ke desa-desa yang belum berlistrik yang tersebar di seluruh Pulau Bangka.

“Selain himbauan dari pemerintah daerah, penyaluran listrik di desa-desa ini memang merupakan program dari kita (PLN) yakni listrik pedesaan (lisdes), dimana kita akan melakukan pendistribusian listrik ke desa-desa yang sebelumnya sama sekali belum ada suplai listrik dari PLN,” ucap R Mirwanto Manager PLN Cabang Bangka kepada RB Selasa (5/7) di ruang kerjanya.

Mirwanto melanjutkan bahwa dari total 279 desa yang ada di Pulau Bangka, yang sudah dialiri listrik sebanyak 246 dan sisanya 33 desa. Dengan rincian Kabupaten Bangka 3 desa, Kabupaten Bangka Barat 11 desa, Kabupaten Bangka Tengah 2 desa dan Bangka Selatan 17 desa.

"Secara persentase jumlah desa yang sudah dilistrik untuk saat ini adalah sebesar 88,17 persen. Dan untuk sisa 1 desa yang kemungkinan belum bisa kita lakukan penyambungan mengingat beberapa kendala yang kita hadapi, akan kita lakukan penyambungan di tahun berikutnya," ujarnya.

Menurut Mirwanto, saat ini Bangka Selatan merupakan daerah terbanyak yang belum dialiri listrik. Hal ini disebabkan oleh jauhnya jaraknya bentangan yang sudah ada dengan desa yang akan dialiri listrik.

“Untuk ke-32 desa yang akan kita lakukan pemasangan adalah daerah yang sama sekali belum ada jaringan listrik. Dan ketika di 32 desa tersebut sudah dilakukan penyambungan, maka otomatis akan membuka peluang teralirinya listrik di dusun-dusun yang ada disekitar desa-desa tersebut,” paparnya. 

Masih menurut Mirwanto, program tambah daya gratis yang sebelumnya direncanakan berakhir pada bulan Juni lalu, diperpanjang hingga bulan Desember mendatang. Namun penambahan daya gratis ini tidak berlaku bagi pelanggan yang melakukan penyambungan baru diatas tanggal 1 Juli 2011.

"Program ini diperpanjang mengingat tingginya antusias masyarakat untuk melakukan penambahan daya. Dan kita hanya melakukan penambahan daya gratis hanya bagi pelanggan dibawah tanggal 1 Juli, selebihnya dari tanggal 1 Juli 2011 bila ingin melakukan penambahan daya akan dikenakan biaya penambahan," ujar Mirwanto seraya menambahkan bahwa persyaratan yang diberlakukan untuk penambahan daya kali ini masih sama dengan yang lalu.

"Syaratnya hanya lunas tagihan bulan lalu dan fotokopi KTP. Dan kita akan berupaya untuk lebih mempermudah masyarakat melakukan penambahan daya, namun masyarakat pun harap maklum bila pemasangan tidak bisa dilakukan sesegera mungkin mengingat tingginya animo masyarakat," pungkas Mirwanto.

Rencana PLN ini mendapat sambutan positif masyarakat. Anggota DPRD Kabupaten Bangka Ahmad Asin berharap program ini akan menerangi desa-desa di Bangka yang sebelum ini masih gelap.

"Ini tentu yang ditunggu-tunggu masyarakat kita. Kita mendukung ini, dan kita berharap segera direalisasikan," ucapnya.

Dijelaskan Sekretaris Komisi C DPRD Bangka ini, sampai saat ini di Kabupaten Bangka ada beberapa daerah yang belum teraliri listrik, seperti di Kecamatan Belinyu dan Mendo Barat. Karena itu dia berharap, program PLN ini bisa menuntaskan permintaan sambungan baru masyarakat di dua kecamatan prioritas tersebut.

"Senin nanti (11/7), DPRD Bangka juga akan menggelar rapat kerja dengan PLN. Nanti kita akan menanyakan kepastiannya. Kita berharap segera direalisasikan, karena sudah sangat lama, banyak warga di Belinyu dan Mendo Barat yang mengidam-idamkan listrik," pungkas politisi Golkar ini. (rja/rb)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Gubernur Babel Hadiri Rakornas Investasi Tahun 2020
Jum'at, 21 Februari 2020 10:20 WIB
PANGKALPINANG - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi Tahun 2020 dalam rangka koordinasi dan konsolidasi program/kegiatan penanaman modal antara pemerintah pusat
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
55 Jurnalis Bangka Belitung Ikut Pelatihan dan Gathering OJK
Jum'at, 21 Februari 2020 10:17 WIB
PANGKALPINANG - Sebanyak 55 jurnalis dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung dan Bengkulu mengikuti pelatihan dan gathering
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Hari Ini, Naziarto Resmi Jadi Sekda Provinsi Babel
Senin, 17 Februari 2020 14:18 WIB
PANGKALPINANG – Analisis Pengelola BMN Sekretariat Jenderal Kementerian Sosial RI, Dr Drs Naziarto SH MH hari ini Senin (17/2//2020),
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
BPN dan Kejari Pangkalpinang Gelar PKS
Selasa, 11 Februari 2020 16:32 WIB
PANGKALPINANG-Badan Pertanahan Nasional (BPN) dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Pangkalpinang gelar Perjanjian Kerjasama (PKS) atau MoU dalam rangka pendampingan hukum, aset