Kesadaran Buang Sampah Masih Rendah


Kesadaran Buang Sampah Masih Rendah

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Bangka Belitung (Babel), mengeluhkan kesadaran masyarakat membuang sampah pada tempatnya masih rendah, terbukti banyaknya sampah berserakan di berbagai tempat yang membuat lingkungan kotor dan berbau.

"BLH Kabupaten/kota sudah menyediakan tempat sampah di seluruh tempat-tempat strategis, namun masih saja masyarakat tidak peduli dan tetap membuang sampah semaunya sendiri," kata Amrullah Harun, Kepala BLH Babel, Selasa (28/6).

Menurut dia, rendahnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan lingkungan dapat menimbulkan berbagai penyakit, mengganggu kenyamanan dan keindahan lingkungan.

Ia menjelaskan, kebersihan lingkungan bukan hanya tanggung jawab petugas kebersihan, namun tanggung jawab bersama untuk peduli terhadap lingkungan tempat tinggalnya.

Menurut dia, memilah sampah juga menjadi hal penting dalam pembuangan sampah agar petugas kebersihan dapat langsung mengolah sampah di tempat pembuangan akhir (TPA).

"Butuh paradigma baru mengenai penanganan sampah, seperti memisahkan sampah organik, plastik, logam dan kaca untuk meringankan tugas pengelola sampah di TPA dan petugas kebersihan kota," katanya.

Ia mengharapkan kedepannya tumbuh pula kesadaran masyarakat untuk mengelola sendiri sampah rumah tangga, misalnya sampah organik dimanfaatkan untuk membuat kompos, sampah platik dibuat barang kerajinan dan hanya membuang sampah kaca dan logam saja.

Menurut dia, harus ada gerakan yang dapat mengajak masyarakat untuk tidak sembarangan membuang sampah, terutama sampah plastik, kaca dan logam yang tidak bisa didaur ulang agar tercipta lingkungan yang ramah lingkungan.

"Sampai saat ini belum ada gerakan dari masyarakat untuk mendaur ulang sampahnya, kami mengharapkan kedepannya masyarakat secara sadar mengelola sampah sendiri, selain dapat meningkatkan ekonomi keluarga juga mengurangi kerusakan lingkungan yang semakin parah," katanya. (ant/rb)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Semarakkan Hari Juang TNI AD, Korem 045/Gaya Gelar Syukuran dan Jalan Santai
Semarakkan Hari Juang TNI AD, Korem 045/Gaya Gelar Syukuran dan Jalan Santai
Minggu, 15 Desember 2019 12:00 WIB
PANGKALPINANG - Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Hari Juang TNI AD 2019, maka Korem 045 Garuda Jaya (Gaya) menggelar syukuran
Sepanjang 2019, BNNP Babel Berhasil Mengamankan 31 Kg Sabu dan 10.000 Pil Ekstasi
Sepanjang 2019, BNNP Babel Berhasil Mengamankan 31 Kg Sabu dan 10.000 Pil Ekstasi
Jum'at, 13 Desember 2019 19:05 WIB
PANGKALPINANG – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Bangka Belitung sepanjang tahun 2019, telah berhasil mengamankan sebanyak 31 Kg lebih sabu-sabu
UKW Tetap Jalan
UKW Tetap Jalan
Kamis, 12 Desember 2019 00:20 WIB
PANGKALPINANG - Uji Kompetensi Wartawan (UKW) merupakan instrumen penting yang harus ditempuh wartawan. Salah satunya agar pemberitaan yang dibuat lebih
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Imam Arifin : Realisasi Penerimaan Pajak di Babel Over Target
Rabu, 11 Desember 2019 19:22 WIB
PANGKALPINANG - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DPJ) Sumsel Babel menyebutkan realisasi penerimaan pajak di Provinsi Bangka Belitung (Babel)