PDRB 2010 Babel Rp 52,7 T


PDRB 2010 Babel Rp 52,7 T

PANGKALPINANG (radarbangka.co.id) - Gubernur Bangka Belitung (Babel) Eko Maulana Ali, Senin (27/6) kemarin, menyampaikan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Platform Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) di Gedung DPRD Babel. Gub menyampaikan, Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2010 di Babel sebesar Rp 52,705 triliun yang terdiri dari sektor migas senilai Rp 25,705 triliun dan PDRB sektor non migas senilai Rp 26,8 triliun.

"Jika dibandingkan dengan tahun 2009 terjadi peningkatan. PDRB atas dasar harga berlaku sektor migas senilai Rp 22,9 triliun, sedangkan non migas Rp 22,4 triliun," bebernya.

Gub melanjutkan, PDRB atas dasar harga konstan 2010 baik sektor migas dan non migas mengalami inflasi. "Dari kelompok rekreasi dan hiburan sebesar 21,3 persen, diikuti kelompok bahan makanan sebesar 17,6 persen," ungkap Gub.

Secara struktur, menurutnya, perekonomian Babel pada 2010 tidak mengalami perubahan dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Gub menyebutkan, faktor utama ada pada sektor indsutri pengolahan sebesar 20,9 persen, pertanian 18,7 persen dan sektor perdagangan sebesar 17 persen.

"Pertumbuhan yang terjadi tidak optimal, penyebabnya anomali cuaca. Ketergantungan beberapa sektor terhadap sektor pertambangan menyebabkan lambannya pertumbuhan ekonomi. Revitalisasi harus dipercepat dan menyiapkan sektor pertanian, pariwisata dan kelautan sebagai pengganti," papar Gub.

"Tahun 2011 ini," sambungnya, "Inflasi diharapkan dapat ditekan hingga 4,7 persen. Karena inflasi merupakan cerminan dalam stabilnya perekonomian di Babel."

Sebelumnya, Gub menerangkan pentingnya penyampaian KUA. Dia menilai, KUA sebagai acuan bagi seluruh komponan daerah untuk membuat seluruh kebijakan publik. 

"Selain itu, KUA dipakai sebagai pedoman penyusunan APBDP dan menciptakan kepastian kebijakan daerah. Penyampaian KUA ditimbang karena urusan pemerintahan, prioritas pembangunan 2012, penting dan mendesak untuk dilakukan segera," tandasnya. (dry)



Berikan Komentar

Pangkalpinang Lainnya
Diskominfo Babel Kenalkan Potensi Daerah di Bali ITT Expo 2019
Diskominfo Babel Kenalkan Potensi Daerah di Bali ITT Expo 2019
Jum'at, 06 Desember 2019 15:56 WIB
PANGKALPINANG - Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Kepulauan Bangka Belitung terus berupaya mempublikasikan destinasi wisata dan produk unggulan UMKM.
M Nuh Jabat Ketua SAPC- Net Wakilnya U Ohn Kyaing dari Myanmar
M Nuh Jabat Ketua SAPC- Net Wakilnya U Ohn Kyaing dari Myanmar
Kamis, 05 Desember 2019 16:55 WIB
BALI – Ketua Dewan Pers Indonesia – terpilih sebagai Ketua South Asian Press Council Network (SEAPC-Net) dalam pertemuan pertama
Rudianto Tjen Berharap Penanganan Kasus Sijuk Bisa Menegakan Wibawa Pemerintah dan Penegak Hukum
Rudianto Tjen Berharap Penanganan Kasus Sijuk Bisa Menegakan Wibawa Pemerintah dan Penegak Hukum
Kamis, 05 Desember 2019 16:43 WIB
PANGKALPINANG - Anggota DPR RI, Rudianto Tjen menanggapi penyelesaian kasus Sijuk yang mengarah pada penyelesaian secara damai dan kekeluargaan. 
DPRD Babel Akan Melapor Ke Mabes Polri
DPRD Babel Akan Melapor Ke Mabes Polri
Rabu, 04 Desember 2019 14:20 WIB
PANGKALPINANG - Penanganan proses hukum terhadap anggota Sat Pol PP Babel saat melakukan penertiban lokasi tambang di Desa Sijuk,