Dana Pembinaan UN Paling Cepat Cair Juni


Dana Pembinaan UN Paling Cepat Cair Juni

JAKARTA (radarbangka.co.id/jpnn.com) - Dana pembinaan dari pemerintah pusat untuk provinsi dengan hasil nilai ujian nasional (UN) terendah tidak hanya dimaksudkan untuk perbaikan mutu siswa dan sekolah. Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) M Nuh mengungkapkan, dana pembinaan sebaiknya juga digunakan untuk sertifikasi guru di wilayah setempat.
    “Bantuan yang diberikan pemerintah ini bukan hanya bantuan dana begitu saja. Kita juga menyertakan beberapa program. Salah satunya, dana itu juga bisa digunakan untuk sertifikasi jika ternyata di daerah tersebut masih banyak guru yang belum disertifikasi,” ungkap Nuh kepada JPNN di Jakarta, Selasa (17/5).
    Lebih lanjut Nuh menyebut wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang guru-gurunya masih banyak yang belum tersertifikasi. Padahal, lanjut Nuh, sumber daya di NTT tersebut cukup potensial. Sayangnya dana yang dimiliki daerah tersebut cukup minim.
     “Ini salah satu alasannya. Mengapa kita beri perhatian khusus untuk NTT" Karena NTT berbeda dengan Papua. Papua itu beda, Papua itu kaya karena punya dana otsus. Ada dana khusus pendidikan juga. Dari sisi materi, Papua itu tidak kekurangan duit. Tapi, NTT itu tidak punya dana otsus, maka memang wajib dibantu,” jelasnya.
    Mengapa daerah tidak menggunakan dana khusus pendidikan 20 persen dari APBD untuk pembinaan UN" Nuh menjawab, dana 20 persen itu bisa dikatakan cukup rendah untuk mengatasi semua persoalan pendidikan di daerah setempat. “Ada anggaran 20 persen saja nilainya (UN) masih rendah. Maka kita tambahin dana khusus lagi. Kalau tidak begitu, otomatis tidak bisa meng-cover. Kabupaten/kota hingga saat ini memang sudah menyalurkan anggaran pendidikan 20 persen dari APBDnya,” jelasnya.
    Sementara terkait pencairan dana pembinaan UN, mantan Rektor Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya itu memperkirakan dana bisa dicairkan pada bulan Juni-Juli 2011 mendatang. “Sekarang ini kan belum jelas daerah mana saja yang akan menerima dana pembinaan selain NTT. Semuanya harus masuk di mata anggaran. Bulan Juni-Juli nanti baru bisa aksi dimana pada saat APBN-P. Pastinya harus mendapat persetujuan DPR, tapi insyaAllah disetujui. Kan sudah jelas sasarannya,” tandasnya. (cha/esy/jpnn)



Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Akses Internet Desa di Babel Dipastikan Segera Merata
Akses Internet Desa di Babel Dipastikan Segera Merata
Rabu, 27 Januari 2021 00:32 WIB
JAKARTA - Bersama Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi; Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan
Sukses Fuel Card Solar, Pemprov Babel Akan Terapkan Pada LPG 3 Kilogram
Sukses Fuel Card Solar, Pemprov Babel Akan Terapkan Pada LPG 3 Kilogram
Rabu, 27 Januari 2021 00:30 WIB
JAKARTA - Berbekal keberhasilan penerapan sistem fuel card untuk pembelian solar di Babel, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman
Gubernur Erzaldi Siapkan Strategi Pendistribusian BBM di Babel
Gubernur Erzaldi Siapkan Strategi Pendistribusian BBM di Babel
Rabu, 27 Januari 2021 00:23 WIB
JAKARTA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membahas 7 poin pendistribusian Bahan Bakar Minyak di Bangka Belitung bersama
Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Tim Basarnas Menuju Lokasi
Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Tim Basarnas Menuju Lokasi
Sabtu, 09 Januari 2021 18:40 WIB
JAKARTA - Basarnas mengirim tim untuk menelusuri pesawat Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan kode penerbangan SJY 182 yang hilang kontak. Tim