Luhut: Timah Bangka Belitung Jadi Incaran Dunia


Luhut: Timah Bangka Belitung Jadi Incaran Dunia

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut timah di Bangka Belitung mengandung material "rare earth" atau logam tanah jarang yang kini jadi incaran dunia.

Hal itu disampaikan Luhut dalam Webinar Nasional terkait Peran Aktif Pemerintah Daerah dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diselenggarakan secara virtual di Jakarta, Selasa (24/6).

Dengan potensi tersebut, provinsi Bangka Belitung merupakan wilayah kaya dan harus bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin bagi kepentingan dan kesejahteraan masyarakatnya.

"Timah yang di Bangka--baru kemarin saya bicara di parlemen--itu mengandung rare earth. Rare earth itu sekarang bisa diekstrak dari timah. Nah rare earth ini sekarang jadi incaran dunia. Jadi saya kira, Pak Gubernur, daerah anda itu kaya. Sekarang bagaimana memanfaatkan ini, fasilitas online ini," kata Luhut.

Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman bercerita tentang upaya pemerintah setempat yang tengah mendorong pengembangan hilirisasi timah.

Ia menjelaskan daerahnya yang dikenal sebagai penghasil timah memang masih terus mengembangkan produk pertambangan tersebut.

"Namun, ini sangat berhubungan sekali dengan kekuatan dari Jakarta, terutama soal kebijakan timah tidak lagi diekspor berupa balok tapi sudah harus dihilirisasi, dibuat berupa solder, berupa bubuk dan sebagainya. Insya Allah tahun ini hilirisasi sudah dapat kita jalankan," kata Erzaldi.

Kendati sudah bisa melakukan hilirisasi, Erzaldi mengatakan hilirisasi timah itu tidak dilakukan oleh PT Timah. Hilirisasi produk timah itu digarap melalui kerja sama perusahaan asal China dan perusahaan lokal

"Ini kerja sana perusahaan dari China dengan perusahaan lokal yang kita minta kerja sama sehingga ada produk hilirisasi timah yang akan diproduksi Bangka Belitung," ujarnya.(antara/rb)




Banner

Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Mentan, Gubernur dan Bupati Basel Panen Raya di SP-B Desa Rias
Mentan, Gubernur dan Bupati Basel Panen Raya di SP-B Desa Rias
Jum'at, 07 Agustus 2020 21:10 WIB
TOBOALI - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau panen raya di SP-B Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat
Presiden RI Pilih Babel Jadi Perwakilan Wilayah Sumatera Untuk Penanaman Mangrove
Presiden RI Pilih Babel Jadi Perwakilan Wilayah Sumatera Untuk Penanaman Mangrove
Selasa, 28 Juli 2020 12:54 WIB
KURAU - Gubernur Erzaldi Rosman mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar meninjau Mangrove Munjang Kurau
Gubernur Erzaldi Mengudara Lewat Radio MNC Trijaya FM
Gubernur Erzaldi Mengudara Lewat Radio MNC Trijaya FM
Rabu, 22 Juli 2020 09:16 WIB
JAKARTA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dalam kunjungannya ke MNC group, menyempatkan diri melakukan dialog interaktif yang
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba
Jum'at, 10 Juli 2020 22:08 WIB
JAKARTA - Dianggap ada "celah" dari sisi formalitas maupun substansinya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama sejumlah kalangan resmi