Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul


Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul

BANTUL - Dalam rangka meningkatkan kapasitas jurnalis, lima orang wartawan di Bangka Barat yang tergabung di Pokja Wartawan Bangka Barat melakukan studi banding ke Diskiminfo Pemkab Bantul Provinsi D.I.Yogyakarta, Senin (14/10) siang.

Rombongan kelima wartawan yang terdiri dari Husni (Babel Pos), Hendra Irawan (Rakyat Pos), Riandi (Radar Bangka) Donatus (LKBN Antara) dan Budi Susatyo (Babel Review) diterima langsung oleh Kadis Kominfo Pemda Bantul melalui Kabid Publikasi Arif Darmawan, dan didampingi beberapa staf.

Dari beberapa pertemuan tersebut, Ketua Pokja Wartawan Bangka Barat Husni mengatakan, kemajuan suatu daerah tak lepas dari peran media. Seperti yang dilakukan oleh Pemda Bantul saat ini.

"Kalau kita menyimak pemaparan tadi, bahwasanya peran media (wartawan,red) di sini (Bantul,red) begitu penting dalam memajukan Kabupaten Bantul sehingga bisa maju dan berkembang seperti sekarang ini, "ungkap Husni usai pertemuan dan diskusi dengan Kabid Publikasi Diskominfo Pemkab Bantul Arif Dermawan, Senin (13/10) pagi.

Selain itu, menurut wartawan Babel Pos Husni, terpenting lagi kemajuan suatu daerah seperti yang dilakukan Pemkab Bantul adalah menjalin dan membina komunikasi yang baik dengan seluruh element termasuk didalamnya yaitu media.

"Kemudian pola komunikasi Diskominfo disini juga sangat bagus, ini yang perlu nanti kita terapkan ke Bangka Barat. Karena, antara kita (media,red) dengan pemda harus bersinergi untuk membangun Bangka Barat, "ujar Husni.

Menurut Husni, peliputan untuk mengangkat suatu potensi yang menjadi program kerja Diskominfo Pemda Bantul tak kalah penting untuk di adopsi Diskominfo Bangka Barat. 

Dikatakanya, di Bangka Barat sendiri cukup banyak potensi daerah yang belum terekspose oleh media. Hal tersebut, dikarenakan komunikasi antara media dan Pemda Bangka Barat yang belum bisa berjalan sebagaimana mestinya. Padahal, antara media dan pemerintah membutuhkan satu sama lainnya.

"Antara kita (media,red) dan pemerintah suatu hubungan yang tak bisa di pisahkan simbiosis mutualisme. Dan ini lah yang dilakukan oleh Pemkab Bantul memanfaatkan media untuk kemajuan Bantul sekarang ini, "imbuhnya.

"Terpenting, kita harus menghilangkan ego sektoral sesama pemangku kepentingan, sehingga masyarakat tidak dirugikan, "pesannya.

Sementara, Kabid Publikasi Diskominfo Pemkab Bantul Arif Dermawan mengatakan hubungan antara Pemda Bantul dengan awak media terjalin cukup baik. Bahkan, peran serta media dalam membantu Pemkab Bantul mensukseskan program-program strategis sangat dirasakan.

"Kami disini (bantul,red) sangat menjaga hubungan kemitraan dengan rekan-rekan media, karena peran rekan rekan media sangat membantu Pemkab Bantul terutama kepala daerah untuk mensukseskan program program unggulan. "Jadi, hubungan ini selalu kami jaga, "ungkap Arif Budiman.

Disisi lain Arif juga menerangkan, untuk meningkatkan publikasi hasil penyelenggaraan pemerintah daerah pihaknya juga memanfaatkan Informasi Teknologi (IT) dengan menggunakan beberapa jejaring sosial. 

"Selain itu, kami pun memanfaatkan jaringan medsos untuk mempublish hasil kinerja penyelenggaran Pemkab Bantul. Dan ini, tim kami juga di bantu oleh rekan-rekan media juga mas, ini juga salah bentuk sinergitas kami dengan rekan rekan media yang saya sampaikan tadi di awal, "kata Arif.

Lazimnya, pola komunikasi yang di bangun oleh Diskominfo Pemkab Bantu dengan media tak harus dilakukan secara formil. Terpenting outcome dari komunikasi tersebut dapat membentu pola kerja sama yang baik untuk membangun Kabupaten Bantul.

"Pola komunikasi kami dengan teman-teman (wartawan,red) biasa saja mas, tidak harus formil. Karena yang penting dari komunikasi itu, hasilnya dapat membentuk pola kerja sama membangun Kabupaten Bantu ino, "terang Arif Dermawan.

Dikatakan Arif, saat ini keberadaan media yang terdata oleh Diskominfo Pemda Bantu kurang lebih berjumlah 20 media. Terdiri dari, media cetak, online, televisi, dan radio.(ray)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
HUT IMO Indonesia Ke-2, Gelar Dialog Nasional Pers Pemersatu Bangsa
HUT IMO Indonesia Ke-2, Gelar Dialog Nasional Pers Pemersatu Bangsa
Sabtu, 16 November 2019 15:00 WIB
JAKARTA - Guna menambah wawasan kebangsaan bagi insan pers dalam menjaga persatuan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), maka
Wartawan Korea Kunjungi Kementrian Pariwisata, PWI Dan Dewan Pers
Wartawan Korea Kunjungi Kementrian Pariwisata, PWI Dan Dewan Pers
Kamis, 31 Oktober 2019 22:04 WIB
JAKARTA - Rombongan wartawan dari Journalist Association of Korea Korea, (JAK), yang terdiri dari 11 wartawan dari berbagai media di
Rakernas III Kerukunan Keluarga Kawanua Rekomendasikan Tim Rekonsiliasi
Rakernas III Kerukunan Keluarga Kawanua Rekomendasikan Tim Rekonsiliasi
Minggu, 27 Oktober 2019 21:25 WIB
JAKARTA - Rapat Kerja Nasional ke III Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK), sukses dilaksanakan di Kinasih Resort & Converence Caringin, Bogor
Bupati Made Gianyar Harapkan Delegasi Wartawan Korea Promosikan Bangli
Bupati Made Gianyar Harapkan Delegasi Wartawan Korea Promosikan Bangli
Selasa, 22 Oktober 2019 09:56 WIB
BALI - Bupati Bangli I Made Gianyar berharap Delegasi Wartawan Korea ikut mempromosikan pariwisata Bangli di Negeri Ginseng.