Kembali, Bupati Ibnu Bagikan Akta Nikah Non Muslim


Kembali, Bupati Ibnu Bagikan Akta Nikah Non Muslim

Dihadiri Bahar Buasan Anggota DPD RI Wilayah Babel

NAMANG - Bupati Bangka Tengah (Bateng) DR Ir H Ibnu Saleh MM bersama Anggota DPD RI Bahar Buasan, didampingi Kepala Disdukcapil Bateng, Zulhasnan dan Kades Kayubesi, Yohanes memberikan dokumen kependudukan berupa 25 akte nikah non muslim dan alat sekolah kepada siswa kurang mampu, hingga mensosialisasikan aplikasi Sipelanduk, Rabu (10/7).

Menurut Bupati Ibnu Saleh, sejak 2016 lalu Pemda Bateng memiliki aplikasi Sipelanduk untuk memudahkan masyarakat mengurus dokumen kependudukan, seperti akte kelahiran, akta kematian, akte nikah non muslim hingga Kartu Keluarga cukup instal Aplikasi Sipelanduk kemudian lakukan petunjuk yang ada pada Aplikasi tersebut.

"Pelayanan administrasi kependudukan di Kabupaten Bateng sudah sangat dipermudah. Diantaranya melalui aplikasi Sipelanduk, setelah mengisi data di aplikasinya, masyarakat tinggal membawa persyaratan dilengkapi penghantar dari Desa/Kelurahan ke Disdukcapil Bateng. Setelah itu, dokumen diperlukan langsung dicetak," kata Bupati Ibnu Saleh di hadapan masyarakat Kayubesi.

Lanjutnya, namun jika masyarakat bersangkutan berhalangan hadir, solusinya berkas bisa dititipkan kepada Petugas Register administrasi kependudukan yang ada di desaa atau kelurahan.

"Dengan sistem yang telah sangat mempermudah ini, jadi masyarakat yang belum memiliki identitas diri bersegeralah melengkapi identitas dirinya. Termasuk yang mau melakukan perekaman KTP E cukup di kantor Camat terdekat," ungkapnya.

Selanjutnya, Bupati Ibnu Saleh juga mengucapkan rasa terimakasih kepada Kepala Desa se Bateng karena telah berpartisipasi menyukseskan Pelayanan administrasi kependudukan, sehingga Kabupaten Bateng berhasil meraih Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) dari Presiden tahun 2019 ini.

"Penghargaan MKK yang diperoleh ini, tentunya juga berkat peranan Kades dan Lurah se Bateng yang luar biasa. Prestasi ini membuktikan, bahwa Bateng selalu Unggul begitu pun dengan Pemerintahan di Desa-desanya," ungkapnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Ibnu Saleh mengucapkan terimakasih khususnya kepada Kades Kayubesi, Yohanes yang memfasilitasi Pemerintah Bateng membagikan 25 akta nikah kepada masyarakat non muslim sembari memberikan bantuan alat sekolah kepada siswa kurang mampu. Apalagi juga dihadiri anggota DPD RI Wilayah Babel, Bahar Buasan yang luar biasa perhatiannya kepada masyarakat di Babel. (and)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Giliran IJTI Kecam Intimidasi Oknum Aparat Terhadap Jurnalis
Giliran IJTI Kecam Intimidasi Oknum Aparat Terhadap Jurnalis
Sabtu, 17 Agustus 2019 08:59 WIB
JAKARTA - Intimidasi terhadap jurnalis yang tengah menjalankan tugasnya kembali terjadi. Kali ini menimpa sejumlah jurnalis dari media online dan
AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Polisi terhadap Enam Jurnalis, Terjadi Saat Meliput Demo di DPR
AJI Jakarta Kecam Kekerasan dan Intimidasi Polisi terhadap Enam Jurnalis, Terjadi Saat Meliput Demo di DPR
Sabtu, 17 Agustus 2019 07:00 WIB
JAKARTA - Sejumlah jurnalis mengalami kekerasan dan intimidasi oleh aparat kepolisian saat meliput massa pengunjuk rasa di sekitar Gedung DPR/MPR
Gempa 7,4 SR Melanda Banten, Bengkulu Jawa Barat dan Lampung Potensi Tsunami
Gempa 7,4 SR Melanda Banten, Bengkulu Jawa Barat dan Lampung Potensi Tsunami
Jum'at, 02 Agustus 2019 19:31 WIB
JAKARTA - BMKG merilis sejumlah daerah yang dekat pusat gempa banten 7,4 SR. Gempa Banten 7,4 SR menyebabkan peringatan diri
Luar Biasa.. Dua Pegolf Babel Lolos ke PON XX Di Papua
Luar Biasa.. Dua Pegolf Babel Lolos ke PON XX Di Papua
Rabu, 31 Juli 2019 23:01 WIB
MAKASAR - Kali Pertama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) berhasil mengirim dua pegolf sekaligus untuk berlaga di PON XX Papua