Ketua MK : Pemilu 2019 Paling Sulit Sedunia, Sampaikan Yang Benar Meski Harus Mati Syahid


Ketua MK : Pemilu 2019 Paling Sulit Sedunia, Sampaikan Yang Benar Meski Harus Mati Syahid

CISARUA, RADARBANGKA - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Dr Anwar Usman SH, MH  menilai proses Pemilihan Umum (Pemilu), 2019 di Indonesia paling sulit di dunia, bahkan tingkat kesulitan melebihkan negara adidaya, Amirika Serikat.

Sampai saat ini sudah 15 anggota kepolisian termasuk Perwira Tinggi (Pati) meninggal dunia dalam menjalankan tugas mengamankan pelaksanaan Pemilu 2019. 

"Dengan Amerika jauh, di bandingkan Indonesia tingkat kesulitannya lebih tinggi, belum lagi suku yang ada yang tersebar di negeri ini mencapai 700-1000 suku." ujar Ketua MK, Dr Anwar Usman SH, MH saat membuka acara Pemahaman Hak Konstitusional bagi Wartawan se-Indonesia yang berlangsung di Pusat Pendidikan Pancasiladan Konstitusi MK RI, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Senin (22/4/2019).

Dia mengatakan,  proses Pemilu 2019 belum selesai, dan dirinya belum mengetahi secara pasti kondisi politik yang akan terjadi. Maka dari itu, wartawan memiliki tugas berat, sama beratnya dengan tugas penyelengara negara dalam menjalankan tugas menyampikan informasi yang benar kepada masyarakat luas.

" Wartawan punya tugas berat ketimbang pemimpin negeri ini dalam menyampikan berita. Sampaikan yang benar meski itu sakit dan sampaikan yang benar meski harus mati syahid. Pekerjaan berat itu pasti mulya." ujar pria kelahiran Bima, Nusa Tergara Barat (NTB)ini.

Dia juga berharap pelaksanaan Pilpres 2019 tidak sampai ke MK. Namun sebaliknya, jika para calon Presiden dan Wakil Presiden melapor ke MK, tentunya MK tidak dapat menghindar.

"Saya sedih sekali dengan keadaan Bangsa, ini tugas berat dan harus di jalani. Apapun beritanya harus disampaikan,"tegasnya.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo, Sekjen MK, M Guntur Hamzah, Kepala Pusat Pendidikan Pancasila dan Konstitusi, Kurniasih Panti Rahayu. (wahyu/rb)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Dua WNI Jadi Korban Penembakan di Masjid di Selandia Baru
Dua WNI Jadi Korban Penembakan di Masjid di Selandia Baru
Jum'at, 15 Maret 2019 13:18 WIB
JAKARTA - Dua orang warga negara Indonesia (WNI) menjadi korban dalam aksi teror penembakan massal yang terjadi di masjid di
Gaji Ke- 13 PNS, Pensiunan Sebesar Penghasilan Juni
Gaji Ke- 13 PNS, Pensiunan Sebesar Penghasilan Juni
Senin, 13 Mei 2019 15:33 WIB
JAKARTA - Terkait dengan terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pada 10
OTT KPK,  Hakim Pengacara dan Panitera PN Balikpapan Diciduk
OTT KPK, Hakim Pengacara dan Panitera PN Balikpapan Diciduk
Sabtu, 04 Mei 2019 11:11 WIB
JAKARTA - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengamankan lima orang dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) di Balikpapan, Kalimantan Timur, Jumat, kemarin.
RUPS PT Timah 2018, Laba Bersih Meningkat 6 Persen
RUPS PT Timah 2018, Laba Bersih Meningkat 6 Persen
Selasa, 23 April 2019 18:36 WIB
PANGKALPINANG - PT Timah selaku anggota Holding BUMN Industri Pertambangan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) tahunan untuk tahun buku