Bawaslu Sudah Layangkan Surat Minta Kartini Run Ditunda


Bawaslu Sudah Layangkan Surat Minta Kartini Run Ditunda

JAKARTA - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) melayangkan surat kepada panitia Kartini Run untuk menunda acara Kartini Run tersebut karena berbarengan dengan jadwal kampanye akbar calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Surat Bawaslu bernomor, 0776/K.Bawaslu/PM 06.00/IV/2019 tertanggal 5 April 2019 ini menjelaskan kepada panitia Kartini Run bahwa pada tanggal 7 April di wilayah Provinsi DKI Jakarta merupakan tempat kampanye bagi pasangan calon nomor urut 02 dan para partai pendukungnya.

"Berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor 672/PL.02.4-Kpt/06/KPU/III/2019 tentang perubahan kedua atas keputusan KPU nomor 595/PL.02.4-Kpt/06/KPU/III/2019 tentang penetapan jadwal kampanye rapat umum pemilihan umum tahun 2019, bahwa pada tanggal 7 April 2019 merupakan jadwal kampanye yang diperuntukan untuk paslon nomor urut 02, Gerindra, PKS, Demokrat, PAN dan Partai Berkarya," begitu bunyi surat yang diterima redaksi, Rmol,  Sabtu (6/4).

Selain karena tanggal tersebut adalah jatah kampanye untuk kubu Prabowo-Sandiaga, dalam surat tersebut Bawaslu juga mengingatkan acara Kartini Run berpotensi mengganggu jalannya acara kampanye akbar pasangan 02 karena kedua acara berpotensi menjadi ajang berkumpulnya massa.

"Diharapkan acara tersebut (Kartini Run) dilakukan setelah tahapan pungut hitung Pemilihan Umum 2019. Demikian disampaikan atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih," demikian surat Bawaslu itu.

Surat sendiri ditandatangani oleh Ketua Bawaslu Abhan dan ditembuskan kepada Ketua Umum Oase Kabinet Kerja, Ketua Pusat Pengurus Yayasan Kemala Bhayangkari dan Ketum Persatuan Wanita Olahraga Seluruh Indonesia.

Sebelumnya Kartini Run dilaksanakan pada 23 April 2017, lalu 22 April 2018, sedangkan acara tahun ini berencana dilakukan pada 7 April 2019 dan berpusat di kawasan Monumen Nasional. 
Kartini Run 2019 mengambil rute dari Mapolda Metro Jaya ke Monumen Nasional, sedangkan kampanye Prabowo-Sandi terpusat di Stadion Utama Gelora Bung Karno. (rmol)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Wartawan Korea Kunjungi Kementrian Pariwisata, PWI Dan Dewan Pers
Wartawan Korea Kunjungi Kementrian Pariwisata, PWI Dan Dewan Pers
Kamis, 31 Oktober 2019 22:04 WIB
JAKARTA - Rombongan wartawan dari Journalist Association of Korea Korea, (JAK), yang terdiri dari 11 wartawan dari berbagai media di
Rakernas III Kerukunan Keluarga Kawanua Rekomendasikan Tim Rekonsiliasi
Rakernas III Kerukunan Keluarga Kawanua Rekomendasikan Tim Rekonsiliasi
Minggu, 27 Oktober 2019 21:25 WIB
JAKARTA - Rapat Kerja Nasional ke III Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK), sukses dilaksanakan di Kinasih Resort & Converence Caringin, Bogor
Bupati Made Gianyar Harapkan Delegasi Wartawan Korea Promosikan Bangli
Bupati Made Gianyar Harapkan Delegasi Wartawan Korea Promosikan Bangli
Selasa, 22 Oktober 2019 09:56 WIB
BALI - Bupati Bangli I Made Gianyar berharap Delegasi Wartawan Korea ikut mempromosikan pariwisata Bangli di Negeri Ginseng.
Kapuspenkum : Kejaksaan dan Forwaka Saling Membutuhkan
Kapuspenkum : Kejaksaan dan Forwaka Saling Membutuhkan
Jum'at, 18 Oktober 2019 11:30 WIB
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Dr Mukri SH, MH mengatakan, Kejaksaan dan Forwaka merupakan mitra yang