Raih Adipura Kedua, Justiar Minta Semua Pihak Peduli Kebersihan Lingkungan


Raih Adipura Kedua, Justiar Minta Semua Pihak Peduli Kebersihan Lingkungan

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) memberikan prestasi yang luar biasa bagi masyarakatnya. Daerah yang dipimpin H Justiar Noer dan H Riza Herdavid ini kembali meraih piala kebersihan tahun 2018 bernama " Piala Adipura " yang diberikan langsung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1).

Keberhasilan ini pun mendapat perhatian khsusus dari Bupati Basel yang mengimbau seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Basel untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Pasalnya, kebersihan lingkungan saat ini sudah menjadi penilaian dan milik dunia.

Menurut Bupati, tidak ada artinya penghargaan piala adipura dari Presiden RI, Jokowi yang kita terima kedua kalinya ini, untuk kategori Kota kecil (2017 dan 2018) jika tidak ada kebersamaan dan kepedulian dari semua pihak. 

"Untuk itu mari kita bersama-sama dan harus lebih peduli untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih, asri, teduh dan sejuk.Kebersihan lingkungan sudah milik dunia dan bukan lagi Indonesia atau daerah. Karena itu, kalau kebersihan lingkungan di daerah bagus maka nilai skor pun akan semakin tinggi baik dari dunia, Indonesia maupun lokal,"ucapnya kepada wartawan.

Orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh ini pun berharap agar kedepannya penghargaan piala adipura yang terima kedua kalinya ini terus berlanjut dan harus menciptakan inovasi baru seperti apa ke depannya untuk menjaga kebersihan lingkungan di daerah. 

"Harapan kita, Toboali sebagai Kota kecil di Bangka Selatan terus mendapatkan penghargaan piala adipura, jadi siapapun pemimpin daerah ke depan semoga dapat mempertahankan dan kembali mendapatkan penghargaan piala adipura, karena kalau sampai kita mendapatkan 4 kali lagi penghargaan ini, maka kita akan mendapatkan kencana adipura dari Presiden RI,"tandasnya.

Sementara itu Ketua Tim Kolaborator Adipura Basel, Ekawati Justiar yang hadir mendampingi Bupati Basel menegaskan dengan saling kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat, penghargaan piala adipura ke depan nanti tentu berhasil di dapatkan. Karna menurut Eka, tidaklah mungkin pemerintah bekerja sendiri untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kita harapkan partisipasi dari seluruh masyarakat agar dapat mengurangi dan menangani masalah persampahan baik itu sampah rumah tangga maupun sampah sejenis sampah rumah tangga.
Kita mulai dari anak-anak sekolah, mari kita ikut mengurangi sampah di antaranya membawa botol air minuman ke sekolah, menghabiskan makanan, tidak memakai sedotan atau pipet,"ujarnya.

Wanita yang juga menjabat Ketua TP PKK Basel ini menambahkan bahwa banyak cara untuk mengurangi sampah. Mudah-mudahan kerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat kita dapat mewujudkan itu, karena tidak akan mungkin bisa pemerintah saja yang mewujudkan itu. Apa artinya peraturan kalau tidak diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Ada Jakstrada (kebijakan dan strategi daerah) seperti yang disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada tahun 2025 Jakstranas pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga yang sudah di implementasikan ke Jakrasda harus mengurangi 30 persen sampah dan menangani 70 persen sampah. Artinya, semua sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga harus bisa dikelola,"pungkas Eka.

Turut hadir mendampingi Bupati Basel, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (DPKPLH), Gatot Wibowo, 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Achmad Ansyori, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda), Agus Pratomo serta Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Basel, Jumadil Akhir. (bim)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
IMO Indonesia Kunjungi Kantor Staf Presiden
IMO Indonesia Kunjungi Kantor Staf Presiden
Rabu, 19 Juni 2019 21:00 WIB
JAKARTA - Ikatan Media Online (IMO) Indonesia terus berupaya membangun komunikasi dan sinergitas dengan lembaga pemerintah maupun non lembaga pemerintah.
Juru Bicara MK Bantah Hakim Konstitusi Mendapat Ancaman
Juru Bicara MK Bantah Hakim Konstitusi Mendapat Ancaman
Sabtu, 15 Juni 2019 10:45 WIB
JAKARTA - Juru Bicara Mahkamah Konstitusi (MK) Fajar Laksono membantah soal ancaman terhadap Hakim Konstitusi sesudah sidang pemeriksaan pendahuluan, Jumat
Wafatnya Ani Yudhoyono Jadi Trending Twitter
Wafatnya Ani Yudhoyono Jadi Trending Twitter
Sabtu, 01 Juni 2019 20:05 WIB
JAKARTA - Berita duka wafatnya Ibu Negara RI Periode 2004-2014 Ani Yudhoyono menjadi tiga topik pembicaraan terhangat atau "trending topic"
KBRI Beijing Berduka Atas Wafatnya Ani Yudhoyono
KBRI Beijing Berduka Atas Wafatnya Ani Yudhoyono
Sabtu, 01 Juni 2019 19:47 WIB
BEIJING - Duta Besar RI untuk China merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun dan keluarga besar KBRI Beijing berduka atas wafatnya Ibu