Raih Adipura Kedua, Justiar Minta Semua Pihak Peduli Kebersihan Lingkungan


Raih Adipura Kedua, Justiar Minta Semua Pihak Peduli Kebersihan Lingkungan

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Selatan (Basel) memberikan prestasi yang luar biasa bagi masyarakatnya. Daerah yang dipimpin H Justiar Noer dan H Riza Herdavid ini kembali meraih piala kebersihan tahun 2018 bernama " Piala Adipura " yang diberikan langsung Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla di Auditorium Dr Soedjarwo Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (14/1).

Keberhasilan ini pun mendapat perhatian khsusus dari Bupati Basel yang mengimbau seluruh komponen masyarakat di Kabupaten Basel untuk lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan. Pasalnya, kebersihan lingkungan saat ini sudah menjadi penilaian dan milik dunia.

Menurut Bupati, tidak ada artinya penghargaan piala adipura dari Presiden RI, Jokowi yang kita terima kedua kalinya ini, untuk kategori Kota kecil (2017 dan 2018) jika tidak ada kebersamaan dan kepedulian dari semua pihak. 

"Untuk itu mari kita bersama-sama dan harus lebih peduli untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tetap bersih, asri, teduh dan sejuk.Kebersihan lingkungan sudah milik dunia dan bukan lagi Indonesia atau daerah. Karena itu, kalau kebersihan lingkungan di daerah bagus maka nilai skor pun akan semakin tinggi baik dari dunia, Indonesia maupun lokal,"ucapnya kepada wartawan.

Orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh ini pun berharap agar kedepannya penghargaan piala adipura yang terima kedua kalinya ini terus berlanjut dan harus menciptakan inovasi baru seperti apa ke depannya untuk menjaga kebersihan lingkungan di daerah. 

"Harapan kita, Toboali sebagai Kota kecil di Bangka Selatan terus mendapatkan penghargaan piala adipura, jadi siapapun pemimpin daerah ke depan semoga dapat mempertahankan dan kembali mendapatkan penghargaan piala adipura, karena kalau sampai kita mendapatkan 4 kali lagi penghargaan ini, maka kita akan mendapatkan kencana adipura dari Presiden RI,"tandasnya.

Sementara itu Ketua Tim Kolaborator Adipura Basel, Ekawati Justiar yang hadir mendampingi Bupati Basel menegaskan dengan saling kerja sama dari seluruh lapisan masyarakat, penghargaan piala adipura ke depan nanti tentu berhasil di dapatkan. Karna menurut Eka, tidaklah mungkin pemerintah bekerja sendiri untuk mewujudkan hal tersebut.

"Kita harapkan partisipasi dari seluruh masyarakat agar dapat mengurangi dan menangani masalah persampahan baik itu sampah rumah tangga maupun sampah sejenis sampah rumah tangga.
Kita mulai dari anak-anak sekolah, mari kita ikut mengurangi sampah di antaranya membawa botol air minuman ke sekolah, menghabiskan makanan, tidak memakai sedotan atau pipet,"ujarnya.

Wanita yang juga menjabat Ketua TP PKK Basel ini menambahkan bahwa banyak cara untuk mengurangi sampah. Mudah-mudahan kerja sama dengan seluruh lapisan masyarakat kita dapat mewujudkan itu, karena tidak akan mungkin bisa pemerintah saja yang mewujudkan itu. Apa artinya peraturan kalau tidak diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Ada Jakstrada (kebijakan dan strategi daerah) seperti yang disampaikan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pada tahun 2025 Jakstranas pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga yang sudah di implementasikan ke Jakrasda harus mengurangi 30 persen sampah dan menangani 70 persen sampah. Artinya, semua sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga harus bisa dikelola,"pungkas Eka.

Turut hadir mendampingi Bupati Basel, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman Lingkungan Hidup (DPKPLH), Gatot Wibowo, 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), Achmad Ansyori, Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakuda), Agus Pratomo serta Kabag Humas dan Protokoler Pemkab Basel, Jumadil Akhir. (bim)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Wartawan Korea Kunjungi Kementrian Pariwisata, PWI Dan Dewan Pers
Wartawan Korea Kunjungi Kementrian Pariwisata, PWI Dan Dewan Pers
Kamis, 31 Oktober 2019 22:04 WIB
JAKARTA - Rombongan wartawan dari Journalist Association of Korea Korea, (JAK), yang terdiri dari 11 wartawan dari berbagai media di
Rakernas III Kerukunan Keluarga Kawanua Rekomendasikan Tim Rekonsiliasi
Rakernas III Kerukunan Keluarga Kawanua Rekomendasikan Tim Rekonsiliasi
Minggu, 27 Oktober 2019 21:25 WIB
JAKARTA - Rapat Kerja Nasional ke III Kerukunan Keluarga Kawanua (KKK), sukses dilaksanakan di Kinasih Resort & Converence Caringin, Bogor
Bupati Made Gianyar Harapkan Delegasi Wartawan Korea Promosikan Bangli
Bupati Made Gianyar Harapkan Delegasi Wartawan Korea Promosikan Bangli
Selasa, 22 Oktober 2019 09:56 WIB
BALI - Bupati Bangli I Made Gianyar berharap Delegasi Wartawan Korea ikut mempromosikan pariwisata Bangli di Negeri Ginseng.
Kapuspenkum : Kejaksaan dan Forwaka Saling Membutuhkan
Kapuspenkum : Kejaksaan dan Forwaka Saling Membutuhkan
Jum'at, 18 Oktober 2019 11:30 WIB
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Dr Mukri SH, MH mengatakan, Kejaksaan dan Forwaka merupakan mitra yang