Tim TP2GD Babel Rekomendasikan Percepatan Gelar Pahlawan Nasional


Tim TP2GD Babel  Rekomendasikan Percepatan Gelar Pahlawan Nasional

JAKARTA-Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara konsiten terus memperjuangkan penetapan gelar Pahlawan Nasional kepada Letkol Pas (Pur) H. AS Hanandjoeddin dan Depati Amir. Dalam rapat yang digelar di kantor Perwakilan PT Timah Tbk di Jakarta kemarin, (15/3), Tim P2GD merekomendasi pengusulan gelar Pahlawan Nasional bagi kedua tokoh asal Babel tersebut dilanjutkan ke Kementerian Sosial Republik Indonesia untuk diproses lebih lanjut. 

Rapat juga merekomendasikan agar pengusulan dilaksanakan secepatnya oleh Gubernur Babel  melalui Dinas Sosial Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebelum batas akhir pengusulan akhir bulan April 2018 dengan kelengkapan berkas yang sudah lengkap. 

Ketua Tim P2GD M. Riza Pahlevi Tabrani mengharapkan agar pengusulan pemberian gelar Pahlawan Nasional dapat segera direspon dan direalisasikan Pemerintah.

"Bagi masyarakat Babel, gelar Pahlawan Nasional bagi kedua tokoh ini tersebut sangat penting karena bisa menjadi ikon dan momentum mereka untuk lebih erat bersatu dalam membangun Bangka Belitung. Secara psikologis saya pikir ini sangat wajar," ujar M. Riza yang juga menjabat sebagai Direktur Utama PT Timah Tbk ini.

"TP2GD Provinsi Babel akan selalu mengawal progres pengusulan ini. Kami juga mengharapkan dukungan dan doa dari masyarakat Bangka Belitung agar perjuangan ini dapat segera berhasil," ujar Riza. 

Sementara itu, Sekretaris TP2GD Provinsi Babel, Akhmad Elvian menekankan pada aspek kelengkapan persyaratan seperti menambah daftar pengabadian nama pada bangunan momumental yang disematkan nama kedua pahlawan tersebut. Sebagaimana diketahui, nama kedua tokoh ini telah diabadikan sebagai nama bandara di Tanjungpandan Belitung dan Kota Pangkalpinang.

"Terkhusus pada Hanandjoeddin, perlu lebih kita tambah lagi karena hanya terdapat di bandara Tanjungpandan saja. Adapun untuk Depati Amir, literaturnya harus dilengkapi dengan arsip nasional juga," jelas Elvian.

Untuk target pencapaian pengusulan, Elvian mengharapkan semoga pada perayaan Hari Pahlawan tahun ini sudah muncul nama pahlawan asal Babel. “Kita harapkan Babel mendapatkan Pahlawan Nasional pada peringatan Hari Pahlawan 10 Nopember nanti,” ujarnya.

Sebelumnya, upaya pengusulan tokoh Dpati Amir dan Hanandjoeddin telah banyak dilakukan berbagai elemen masyarakat Bangka Belitung. Pada Pebruari lalu misalnya, salinan dokumen berkas pengusulan H. AS Hanandjoeddin menjadi Pahlawan Nasional, secara resmi disampaikan penulis buku "Sang Elang", Haril M. Andersen mewakili masyarakat Pulau Belitong kepada Ketua TP2GD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M. Riza Pahlevi di Pangkalpinang. 

Termutakhir, Ikatan Karyawan Timah (IKT) yang juga notabene karyawan PT Timah Tbk sekaligus bagian dari masyarakat Bangka Belitung menggelar seminar tentang kepahlawanan dua tokoh heroik tersebut yang bertajuk “Depati Amir dan HAS Hanandjoeddin, Rangkaian Perjalanan Pahlawan Nasional Bangka Belitung”. 

Sejumlah pakar ikut terlibat dalam kegiatan tersebut, diantaranya dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM dan Guru Besar Luar Biasa Bidang Hubungan Sejarah Indonesia-Belanda Prof.Dr. Bambang Poerwanto, Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Prof.Dr. Dien Madjid, Guru Besar Fakultas Ilmu Budaya UI Prof.Dr. Susanto Zuhdi, Wakil Kepala Pusat Sejarah TNI Kol.Sus TNI Drs. Sudarno, rektor pertama UBB dan adik pejuang revolusi Bangka Belitung Mayor Syafrie Rahman Prof.Dr. Bustami Rachman,M.Sc, serta dosen sejarah UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Johan Wahyudi,M.Hum. (dik)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Selasa, 15 Oktober 2019 13:18 WIB
BANTUL - Dalam rangka meningkatkan kapasitas jurnalis, lima orang wartawan di Bangka Barat yang tergabung di Pokja Wartawan Bangka Barat
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Selasa, 15 Oktober 2019 12:15 WIB
JAKARTA - Bupati Indramayu, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Supendi terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Selasa, 15 Oktober 2019 11:22 WIB
JAKARTA - Meski belum memiliki nomor, Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
Kamis, 10 Oktober 2019 20:13 WIB
JAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sepakat menggelar Safari Jurnalistik bersama Direktorat Jenderal Imigrasi, kesepakatan ini sendiri terjalin saat