Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Gerindra, Wouw!


Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Gerindra, Wouw!

JAKARTA - Hasil survei Alvara Research Centre menunjukkan bahwa Partai Golkar, PDIP, dan Gerindra merupakan tiga partai dengan popularitas tertinggi. Namun untuk elektabilitas, Golkar menempati posisi ketiga.

Golkar tingkat popularitasnya 97,6%, PDIP sebesar 96,8%, dan Gerindra sebesar 91,5%.

Partai baru dengan popularitas tertinggi dimiliki oleh Perindo dengan popularitas 69,1%.

Menurut Founder & CEO Alvara Research Centre Hasanuddin Ali, hasil analisis perceptual mapping untuk melihat citra masing-masing partai menunjukkan ada tiga kelompok partai yang memiliki citra hampir sama.

Pertama, Golkar dan PDIP yang memiliki citra sebagai partai nasionalis, memiliki program bagus, membawa perubahan, dekat dengan rakyat, dan mampu menyelasaikan masalah.

Kedua, Nasdem, Gerindra, Demokrat, Hanura, dan Perindo memiliki citra partai yang memiliki tokoh karismatik, modern, dan memiliki tokoh muda. Ketiga adalah PKS, PKB, PPP, PAN, PBB yang lekat dengan citra partai agamis.

"PDIP dan Gerindra memiliki elektabilitas tertinggi. Riset ini juga menemukan jika Pemilu dilaksanakan hari ini maka PDIP akan tampil sebagai pemenang dengan elektabilitas sebesar 28,4 persen," terang Hasan saat memaparkan hasil survey, Jumat (23/2).

Kemudian diikuti oleh Partai Gerindra (17,3%), Golkar (8,2%), Demokrat (4,9%), dan PKB (4,2). Sedangkan responden yang belum memutuskan pilihan sebesar 25,6 persen."Kerja keras perlu dilakukan partai dengan elektabilitas kurang dari empat persen seperti PKS, Perindo, PAN, Nasdem, PPP, PSI, dan Hanura untuk bisa mencapai parliamentary threshold," beber Hasan. (esy/jpnn)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Selasa, 15 Oktober 2019 13:18 WIB
BANTUL - Dalam rangka meningkatkan kapasitas jurnalis, lima orang wartawan di Bangka Barat yang tergabung di Pokja Wartawan Bangka Barat
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Selasa, 15 Oktober 2019 12:15 WIB
JAKARTA - Bupati Indramayu, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Supendi terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Selasa, 15 Oktober 2019 11:22 WIB
JAKARTA - Meski belum memiliki nomor, Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
Kamis, 10 Oktober 2019 20:13 WIB
JAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sepakat menggelar Safari Jurnalistik bersama Direktorat Jenderal Imigrasi, kesepakatan ini sendiri terjalin saat