Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Gerindra, Wouw!


Hasil Survei Terbaru: Elektabilitas Gerindra, Wouw!

JAKARTA - Hasil survei Alvara Research Centre menunjukkan bahwa Partai Golkar, PDIP, dan Gerindra merupakan tiga partai dengan popularitas tertinggi. Namun untuk elektabilitas, Golkar menempati posisi ketiga.

Golkar tingkat popularitasnya 97,6%, PDIP sebesar 96,8%, dan Gerindra sebesar 91,5%.

Partai baru dengan popularitas tertinggi dimiliki oleh Perindo dengan popularitas 69,1%.

Menurut Founder & CEO Alvara Research Centre Hasanuddin Ali, hasil analisis perceptual mapping untuk melihat citra masing-masing partai menunjukkan ada tiga kelompok partai yang memiliki citra hampir sama.

Pertama, Golkar dan PDIP yang memiliki citra sebagai partai nasionalis, memiliki program bagus, membawa perubahan, dekat dengan rakyat, dan mampu menyelasaikan masalah.

Kedua, Nasdem, Gerindra, Demokrat, Hanura, dan Perindo memiliki citra partai yang memiliki tokoh karismatik, modern, dan memiliki tokoh muda. Ketiga adalah PKS, PKB, PPP, PAN, PBB yang lekat dengan citra partai agamis.

"PDIP dan Gerindra memiliki elektabilitas tertinggi. Riset ini juga menemukan jika Pemilu dilaksanakan hari ini maka PDIP akan tampil sebagai pemenang dengan elektabilitas sebesar 28,4 persen," terang Hasan saat memaparkan hasil survey, Jumat (23/2).

Kemudian diikuti oleh Partai Gerindra (17,3%), Golkar (8,2%), Demokrat (4,9%), dan PKB (4,2). Sedangkan responden yang belum memutuskan pilihan sebesar 25,6 persen."Kerja keras perlu dilakukan partai dengan elektabilitas kurang dari empat persen seperti PKS, Perindo, PAN, Nasdem, PPP, PSI, dan Hanura untuk bisa mencapai parliamentary threshold," beber Hasan. (esy/jpnn)




Banner

Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Mentan, Gubernur dan Bupati Basel Panen Raya di SP-B Desa Rias
Mentan, Gubernur dan Bupati Basel Panen Raya di SP-B Desa Rias
Jum'at, 07 Agustus 2020 21:10 WIB
TOBOALI - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo meninjau panen raya di SP-B Desa Rias, Kabupaten Bangka Selatan (Basel), Jumat
Presiden RI Pilih Babel Jadi Perwakilan Wilayah Sumatera Untuk Penanaman Mangrove
Presiden RI Pilih Babel Jadi Perwakilan Wilayah Sumatera Untuk Penanaman Mangrove
Selasa, 28 Juli 2020 12:54 WIB
KURAU - Gubernur Erzaldi Rosman mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar meninjau Mangrove Munjang Kurau
Gubernur Erzaldi Mengudara Lewat Radio MNC Trijaya FM
Gubernur Erzaldi Mengudara Lewat Radio MNC Trijaya FM
Rabu, 22 Juli 2020 09:16 WIB
JAKARTA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman dalam kunjungannya ke MNC group, menyempatkan diri melakukan dialog interaktif yang
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba
Jum'at, 10 Juli 2020 22:08 WIB
JAKARTA - Dianggap ada "celah" dari sisi formalitas maupun substansinya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama sejumlah kalangan resmi