Peringatan Hari Pers Nasional 2018, Saran Dahlan Iskan untuk Jurnalis


Peringatan Hari Pers Nasional 2018, Saran Dahlan Iskan untuk Jurnalis

PADANG -Para peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2018, Dahlan Iskan didaulat menjadi salah pembicara pada Konvensi Nasional Media Massa di Hotel Grand Inna, Padang, kemarin (8/2).

Dia menekankan, pada saat media online semakin menjamur, jurnalis surat kabar memiliki tantangan yang berbeda. Salah satunya adalah menghasilkan karya jurnalistik yang indah. Pesan Dahlan itu sekaligus menjawab beberapa pertanyaan mengenai eksistensi jurnalis surat kabar pascarevolusi digital terjadi.

Menurut Dahlan, surat kabar memiliki kelemahan dalam hal kecepatan pemberitaan. Karena itu, jurnalis surat kabar harus lebih tertantang membuat karya jurnalistik yang indah. "Sebab, karya jurnalistik yang biasa-biasa saja kan sudah bisa didapat di online yang lebih cepat," ujar Menteri BUMN periode 2011-2014 itu.Untuk menghasilkan karya jurnalistik yang indah, Dahlan memberikan tip sederhana. Yakni, rajin-rajinlah membaca novel yang baik. "Saya sampai hari ini, setiap bulan setidaknya membaca satu novel. Dari sana bisa mendapatkan inspirasi menulis yang baik," terang pria yang turut mendorong lahirnya semangat pengembangan mobil listrik di Indonesia itu.

Dahlan juga menyoroti mudahnya mendirikan media online di Indonesia saat ini. Dia pun berpesan agar produk yang dihasilkan media-media tersebut tidak melanggar kode etik.

"Yang penting niatnya baik, untuk menghidupi anak, istri, dan keluarga, menjaga eksistensi diri sebagai wartawan. Dan jangan memeras," tegasnya.

Selain Dahlan, Konvensi Nasional Media Massa kemarin dihadiri Menteri Kominfo Rudiantara dan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Dalam kesempatan itu, Sri Mulyani mengatakan bahwa pers menjadi salah satu pemangku kepentingan dan aktor dominan dalam proses pembangunan negara.

"Pemerintah menggunakan pers untuk menyalurkan informasi dan mengedukasi serta menyampaikan program-program pembangunan oleh pemerintah," kata perempuan yang pernah menjabat direktur Bank Dunia tersebut. (ril/gun/c10/fat)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Akses Internet Desa di Babel Dipastikan Segera Merata
Akses Internet Desa di Babel Dipastikan Segera Merata
Rabu, 27 Januari 2021 00:32 WIB
JAKARTA - Bersama Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi; Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan
Sukses Fuel Card Solar, Pemprov Babel Akan Terapkan Pada LPG 3 Kilogram
Sukses Fuel Card Solar, Pemprov Babel Akan Terapkan Pada LPG 3 Kilogram
Rabu, 27 Januari 2021 00:30 WIB
JAKARTA - Berbekal keberhasilan penerapan sistem fuel card untuk pembelian solar di Babel, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman
Gubernur Erzaldi Siapkan Strategi Pendistribusian BBM di Babel
Gubernur Erzaldi Siapkan Strategi Pendistribusian BBM di Babel
Rabu, 27 Januari 2021 00:23 WIB
JAKARTA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membahas 7 poin pendistribusian Bahan Bakar Minyak di Bangka Belitung bersama
Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Tim Basarnas Menuju Lokasi
Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Tim Basarnas Menuju Lokasi
Sabtu, 09 Januari 2021 18:40 WIB
JAKARTA - Basarnas mengirim tim untuk menelusuri pesawat Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan kode penerbangan SJY 182 yang hilang kontak. Tim