Wapres Minta Kepsek Dirotasi Lintas Provinsi


Wapres Minta Kepsek Dirotasi Lintas Provinsi

DEPOK-Para kepala sekolah (Kepsek) harus siap-siap untuk dirotasi antardaerah. Hal itu menyusul instruksi Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.

Wapres meminta dilakukan rotasi Kepsek tidak hanya dalam satu wilayah tapi lintas provinsi.

"Dunia pendidikan di mana pun selalu penuh dinamika. Masing-masing daerah pasti punya budaya sendiri-sendiri karena itu Kepsek harus tahu dinamikanya," kata JK saat memberikan inspirasi dan motivasi kepada peserta rembuk nasional pendidikan dan kebudayaan (RNPK) 2018 di Sawangan, Depok.

Perlunya tukar menukar Kepsek, lanjutnya, karena budaya belajar setiap daerah berbeda-beda. Misalnya, Kepsek di Jawa dirotasi ke wilayah timur, demikian sebaliknya.

Begitu juga Kepsek di sekolah favorit dimutasi ke yang tempat biasa. Ini agar Kepsek kaya pengalaman dan bisa membuat kebijakan apa yang cocok dengan sekolah pimpinannya.

Selain itu, JK juga menyoroti motivasi masyarakat yang ingin jadi guru. Dulu, yang jadi guru memang ingin bergelut dengan dunia pendidikan.

Sekarang, motivasi itu mulai bergeser. Orang yang masuk pendidikan guru cenderung melihat kesejahteraannya. Saat ini kesejahteraan guru terus meningkat.

"Jadi niatnya agak sedikit bergeser. Nggak apa-apa begitu asalkan mutu pendidikan harus perhatikan juga. Jangan menuntut sejahtera tapi mutu dilupakan," tandasnya. (esy/jpnn)




Banner

Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba
Jum'at, 10 Juli 2020 22:08 WIB
JAKARTA - Dianggap ada "celah" dari sisi formalitas maupun substansinya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama sejumlah kalangan resmi
440 Ribu PNS Kehilangan Jabatan, yang Lain Tunggu Giliran
440 Ribu PNS Kehilangan Jabatan, yang Lain Tunggu Giliran
Selasa, 07 Juli 2020 11:36 WIB
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan soal program reformasi birokrasi dengan mengalihkan jabatan
Ibu-ibu Pasti Senang Membaca Berita Ini
Ibu-ibu Pasti Senang Membaca Berita Ini
Minggu, 28 Juni 2020 20:09 WIB
CIANJUR - Harga bawang merah yang sempat melambung tinggi di sejumlah pasar tradisional di Cianjur, Jawa Barat, kini mulai mengalami
Startup Jepang Ciptakan "Masker Cerdas" Terkoneksi Internet
Startup Jepang Ciptakan "Masker Cerdas" Terkoneksi Internet
Minggu, 28 Juni 2020 20:03 WIB
JAKARTA - Ketika penggunaan masker menjadi kewajiban dalam era normal baru pandemi COVID-19, startup Jepang Donut Robotics telah mengembangkan "masker