Gerhana Bulan Total 31 Januari, Peristiwa Alam Spektakuler


Gerhana Bulan Total 31 Januari, Peristiwa Alam Spektakuler

MEDAN - Gerhana bulan total yang akan terjadi pada Rabu malam, 31 Januari 2018, merupakan yang terlama abad ini.

Spesialnya, gerhana ini akan terjadi dalam tiga fenomena sekaligus. Yaitu Super Moon, Blue Moon, serta Blood Moon.

Yang makin lebih spesial, gerhana ini terakhir terjadi di tanggal 31 Naret 1866. Kepala Observatorium Ilmu Falak Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ((OIF UMSU) Dr Arwin Juli Rakhmadi Butar-butar menuturkan, fenomena alam tersebut akan melintasi di Kota Medan pada pukul 19.00-22.00 WIB.

Kata dia, waktu terjadinya gerhana bulan itu cukup lama untuk bisa diamati masyarakat. "Selama sekitar 3 jam fenomena alam ini terjadi. Namun, puncak gerhana diperkirakan terjadi pada pukul 20.30 WIB," sebut Arwin.

Menurutnya, gerhana bulan kali ini akan sangat menarik untuk diamati karena fenomena yang disebut 'Super Blue Moon' tergolong langka.

Dalam peristiwa ini, bulan akan tampak lebih besar dari biasanya dengan warna yang tampak sebagian kebiru-biruan dan kemerah-merahan.

"Peristiwa yang spektakuler ini menampilkan bulan purnama kedua bulan ini, juga dikenal sebagai Blue Moon. Acara ini akan bertepatan dengan gerhana bulan total, yang sering disebut sebagai 'bulan darah' karena bulan berubah menjadi warna kemerahan atau tembaga saat melewati bayangan bumi," paparnya.

Ia menyebutkan, berbeda dengan gerhana matahari, pengamatan gerhana bulan bisa dilakukan secara langsung dengan mata telanjang. Namun, akan menjadi sangat menarik jika melihat melalui teleskop.

"Makanya dalam momen melihat gerhana bulan ini kita menyiapkan sejumlah peralatan yang dimiliki OIF. Sedikitnya, kita sediakan 5 atau 6 teleskop yang dapat digunakan secara gratis," cetus Arwin.

Ditambahkannya, dalam mengabadikan momen gerhana bulan kali ini, OIF UMSU juga menyediakan sejumlah layar untuk bisa disaksikan masyarakat.

Tidak ada undangan khusus untuk menikmati fenomena gerhana bulan di Kampus Pascasarjana UMSU, tetapi membuka kesempatan secara umum kepada masyarakat di Kota Medan yang hendak menyaksikan gerhana.

"Jadi kita buka secara umum bagi masyarakat Kota Medan yang ingin melihat gerhana dengan fasilitas pengamatan yang disediakan," tandasnya. (ris/dvs/adz)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Selasa, 15 Oktober 2019 13:18 WIB
BANTUL - Dalam rangka meningkatkan kapasitas jurnalis, lima orang wartawan di Bangka Barat yang tergabung di Pokja Wartawan Bangka Barat
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Selasa, 15 Oktober 2019 12:15 WIB
JAKARTA - Bupati Indramayu, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Supendi terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Selasa, 15 Oktober 2019 11:22 WIB
JAKARTA - Meski belum memiliki nomor, Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
Kamis, 10 Oktober 2019 20:13 WIB
JAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sepakat menggelar Safari Jurnalistik bersama Direktorat Jenderal Imigrasi, kesepakatan ini sendiri terjalin saat