Anak Buah SBY Kritisi Mendagri soal Plt Gubernur dari Polri


Anak Buah SBY Kritisi Mendagri soal Plt Gubernur dari Polri

JAKARTA - Wakil Ketua DPR Agus Hermanto mengkritik kebijakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menunjuk dua perwira tinggi (pati) Polri menjadi pelaksana tugas (Plt) gubernur di Sumatera Utara (Sumut) dan Jawa Barat (Jabar). Sebab, tuga pokok dan fungsi (tupoksi) kepolisian bukanlah administrasi pemerintahan.

"Kalau mengangkat (Plt gubernur, red) dari lain (selain Polri, red). Tupoksi kepolisian kan bukan itu (Plt Gubernur)," ujar Agus di Kompleks Parlemen Senayan, Jumat (26/1).

Wakil ketua Dewan Pembina Partai Demokrat itu menambahkan, jika Plt kepala daerah yang ditunjuk tidak mengacu pada tupoksi, maka ada kecenderungan mengganggu proses demokrasi. Terlebih, Plt gubernur yang ditunjuk untuk daerah yang sedang menggelar pilkada.

"Di saat sedang tegakkan jabatan untuk seseorang sesuai tupoksinya, ini (penunjukan pati Polri sebagai Plt gubernur, red) tentunya bisa mengurangi kadar demokrasi, bahkan mendistorsi demokrasi," katanya. 

Agus mengakui, keputusan menunjuk Plt kepala daerah memang ada di Kemendagri. Namun, dia juga mengingatkan akan pentingnya menunjuk Plt kepala daerah dengan latar belakang yang sesuai.

“Harus menggunakan mahzab yang jelas," tegas anak buah Susulo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

Sebelumnya, Kemendagri menunjuk Asops Kapoolri Irjen M Iriawan sebagai Plt Gubernur Jabar dan Kadiv Propam Polri Irjen Martua Sormin sebagai Plt Gubernur Sumut. Kedua daerah ini akan menggelar Pilkada Serentak 2018.(boy/jpnn)




Banner

Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba
Gubernur Babel Resmi Gugat UU Minerba
Jum'at, 10 Juli 2020 22:08 WIB
JAKARTA - Dianggap ada "celah" dari sisi formalitas maupun substansinya, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Erzaldi Rosman bersama sejumlah kalangan resmi
440 Ribu PNS Kehilangan Jabatan, yang Lain Tunggu Giliran
440 Ribu PNS Kehilangan Jabatan, yang Lain Tunggu Giliran
Selasa, 07 Juli 2020 11:36 WIB
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo menjelaskan soal program reformasi birokrasi dengan mengalihkan jabatan
Ibu-ibu Pasti Senang Membaca Berita Ini
Ibu-ibu Pasti Senang Membaca Berita Ini
Minggu, 28 Juni 2020 20:09 WIB
CIANJUR - Harga bawang merah yang sempat melambung tinggi di sejumlah pasar tradisional di Cianjur, Jawa Barat, kini mulai mengalami
Startup Jepang Ciptakan "Masker Cerdas" Terkoneksi Internet
Startup Jepang Ciptakan "Masker Cerdas" Terkoneksi Internet
Minggu, 28 Juni 2020 20:03 WIB
JAKARTA - Ketika penggunaan masker menjadi kewajiban dalam era normal baru pandemi COVID-19, startup Jepang Donut Robotics telah mengembangkan "masker