Kunci Proyek e-KTP Ada di Setya Novanto


Kunci Proyek e-KTP Ada di Setya Novanto

JAKARTA - Mantan Dirjen Dukcapil Kemendagri Irman menyebut Setya Novanto merupakan tokoh kunci dalam proyek pengadaan kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP). Menurut Irman, peran Novanto sebagai tokoh kunci e-KTP justru diketahuinya dari Andi Agustinus alias Andi Narogong.

Irman mengungkapkan hal itu ketika dihadirkan sebagai saksi pada persidangan terhadap Novanto dalam perkara e-KTP di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, Kamis (25/1). Menurut Irman, dirinya kenal Novanto melalui Andi.

"Andi bilang ke saya mau dikenalkan Pak SN. Saya tanya kenapa harus dikenalkan dengan Pak SN, karena saya tahu proyek ini hubungannya dengan Komisi II. Di ruangan saya, Andi bilang kunci e-KTP itu ada di SN," ujar Irman.

Berdasarkan keterangan Andi, imbuh Irman, ketua Fraksi Partai Golkar DPR 2009-2014 itu bisa memfasilitasi dan mendukung proyek e-KTP tersebut. Karena itu Andi terus membujuk Irman agar menemui Novanto.

"Andi yang bilang masalah uang, dia (Novanto, red) yang fasilitasi. Supaya lancar saya perkenalkan dulu dengan Pak SN," ujar Irman menirukan ucapan Andi.

Setelah kenal, Irman mengaku pernah bertemu Novanto di ruang kerjanya di gedung DPR. Ketika itu, Novanto sudah bersama Sugiharto yang notabene anak buah Irman di Kemendagri.

Sedangkan pertemuan berikutnya berlangsung Hotel Gran Melia di Jakarta Selatan. Irman bersama Sugiharto menemui Novanto.

Ternyata, di hotel itu juga ada Andi dan Diah Anggraeni selaku sekretaris jenderal Kemendagri. "Sugiharto datang sama saya, ada Andi juga. Ada Bu Sekjen dan Pak SN (Setya Novanto). Saya ingat waktu itu saya ketemu salaman. Pak SN bilang, saya banyak acara tidak bisa lama-lama di sini," ungkap Irman yang bersama Sugiharto telah divonis bersalah dalam kasus e-KTP.(ipp/JPC)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Selasa, 15 Oktober 2019 13:18 WIB
BANTUL - Dalam rangka meningkatkan kapasitas jurnalis, lima orang wartawan di Bangka Barat yang tergabung di Pokja Wartawan Bangka Barat
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Selasa, 15 Oktober 2019 12:15 WIB
JAKARTA - Bupati Indramayu, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Supendi terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Selasa, 15 Oktober 2019 11:22 WIB
JAKARTA - Meski belum memiliki nomor, Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
Kamis, 10 Oktober 2019 20:13 WIB
JAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sepakat menggelar Safari Jurnalistik bersama Direktorat Jenderal Imigrasi, kesepakatan ini sendiri terjalin saat