Kahiyang-Bobby Sah Jadi Suami Istri


Kahiyang-Bobby Sah Jadi Suami Istri

PASANGAN  pengantin Kahiyang Ayu-Bobby Nasution menjalani prosesi ijab qabul di gedung Graha Saba, Rabu (8/11). Prosesi ini dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Bertindak sebagai petugas pencatat nikah adalah Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kota Solo, Basir.

Sementara Presiden Joko Widodo (Jokowi) memilih menikahkan putrinya sendiri. Sembari bersalaman dengan Jokowi, Bobby sangat lancar dan hanya satu tarikan nafas saat menjawab ijab qabul.

Prosesi ijab qabul berlangsung lebih kurang 20 menit. Setelah rampung prosesi ijab, kedua mempelai menuju pelaminan. Selanjutnya keduanya saling bertukar cicin.Sebelum prosesi ijab qabul dilaksanakan, kedua mempelai mendapatkan wejangan dari Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj yang ditunjuk untuk memberikan khotbah nikah.

Pada kesempatan tersebut, Said menjelaskan bahwa menikah adalah ibadah yang harus disertai dengan syariat. Akad adalah syariat dan lainnya adalah budaya. "Rumah tangga yang mewah tidak ada jika tidak ada ketenangan (sakinah)," jelasnya.

Ketenangan, lanjut Said, ada di dalam hati orang yang beriman. Sedangkan untuk sakinah adalah sebuah kasih sayang yang imbal balik. Perjodohan ini juga merupakan rahasia Allah, sebagaimana nasib seseorang.

Said mengungkapkan, istri adalah pakaian untuk suami, dan suami adalah pakaian untuk istri. "Jadi keduanya harus saling menutupi kekuarangan masing-masing. Jangan sampai keduanya justru menceritakan kekurangan dari pasangannya kepada orang lain," terangnya.

Karena jika hal itu terjadi, maka ini sudah menjadi awal dari ketidakharmonisan sebuah rumah tangga. "Jadi keduanya harus menjaga," pesan Said. (apl/JPC) 





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
PWI Berikan Anugerah Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia Kepada B.J Habibie 
PWI Berikan Anugerah Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia Kepada B.J Habibie 
Selasa, 17 September 2019 05:47 WIB
JAKARTA - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menganugerahi gelar kepada Presiden ketiga RI sebagai Bapak Kemerdekaan Pers Indonesia atas kebijakannya yang
Atlet Cabor Balap Motor Malut Melaju ke PON XX Papua
Atlet Cabor Balap Motor Malut Melaju ke PON XX Papua
Jum'at, 13 September 2019 14:43 WIB
JAKARTA - Tim Cabang Olahraga Balap Motor Maluku Utara (Malut) lolos diajang pra PON sirkuit Sentul Carting Internasional (SCI), Bogor
LPSK Bantah Pernah Ada Rapat Fiktif
LPSK Bantah Pernah Ada Rapat Fiktif
Jum'at, 13 September 2019 14:03 WIB
JAKARTA - Merespon pertanyaan anggota Komisi III Hasan Husairi, kepada calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lili Pintauli Siregar di
BJ Habibie Wafat, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional
BJ Habibie Wafat, Pemerintah Tetapkan Hari Berkabung Nasional
Rabu, 11 September 2019 19:42 WIB
JAKARTA - Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie meninggal dunia di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto,