​Jangan Sampai Pelamar CPNS Dirugikan


​Jangan Sampai Pelamar CPNS Dirugikan

JAKARTA - Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana kembali mengimbau pelamar CPNS agar saat mendaftar langsung mengakses portal https://sscn.bkn.go.id. Pasalnya, hingga hari kedua masih banyak yang membuka web BKN.

    "Saya perhatikan, sejak pendaftaran dibuka 1 Agustus, masih banyak masyarakat yang mengakses laman www.bkn.go.id sehingga berakibat pada performa laman tersebut yang menurun. Karena itu, kami tutup sementara web BKN untuk memperluas bandwith web SSCN," terang Bima di Jakarta, Rabu (2/8). Bima menjelaskan, penutupan web BKN hanya bersifat sementara. Hal itu bertujuan memudahkan pelamar untuk mengakses portal SSCN.

    Dengan hanya dioperasikannya web SSCN, akses internet diharapkan lebih cepat. "Jangan sampai pelamar dirugikan. Hal-hal yang dianggap membuat lambat dikurangi," terangnya. Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan menambahkan, bagi masyarakat yang ingin mendaftar bisa langsung menuju https://sscn.bkn.go.id. 

    Dia menjelaskan, data SSCN Badan Kepegawaian Negara (BKN) mencatat, hingga pukul 10.00 Wib, jumlah pelamar yang sukses mendaftar sebanyak 74.145 orang. Jumlah ini meningkat tajam di banding kemarin yang hanya tiga ribuan. Sedangkan pelamar yang sudah membuat akun sebanyak 138.005. Menurut  Ridwan, dari 74.145 pendaftar, terbanyak pelamarnya adalah Kementerian Hukum HAM sebanyak 71.292 orang. Untuk pelamar di Mahkamah Agung sebanyak 3.126 orang.

    "Banyak pelamar mendaftar di Kemenkumham karena formasinya lebih banyak dibandingkan MA," kata Ridwan. Tahun ini pemerintah merekrut 19.210 pegawai baru. Yang terbanyak mengisi formasi di KemenkumHAM 17.526 orang. Sedangkan MA 1.684 orang. Selain itu, peminat KemenkumHAM karena ada formasi untuk lulusan SMA sederajat. "Ini datanya akan bertambah terus. Yang pasti sistem pendaftaran sscn BKN dalam posisi siap sehingga pelamar tidak dirugikan hanya karena masalah teknis," tandasnya. 

    Disisi lain, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur memastikan tidak akan membuka rekrutmen CPNS dari jalur umum, terutama untuk formasi tenaga fungsional umum dan administrasi. Sebab, pemerintah hanya akan membuka lowongan untuk formasi khusus. Itu pun jumlahnya dibatasi hanya separuh persen dari jumlah PNS yang pensiun.
    “Saat ini jumlah PNS yang pensiun mencapai 100 ribu pegawai per tahunnya. Untuk itu, kami terapkan sistem minus growth (pertumbuhan negatif, red). Dengan sistem ini kami hanya menerima tidak lebih dari 50 ribu pegawai dengan formasi khusus," ujar Menteri Asman,.
    Pemerintah, lanjutnya, hanya membuka formasi khusus yang sangat diperlukan. Antara lain petugas imigrasi untuk daerah perbatasan, penjaga lapas dan hakim yang jumlahnya memang jauh dari cukup. “Ke depan, pemerintah juga hanya akan membuka formasi khusus yang sangat diperlukan seperti peneliti LIPI, perekayasa teknologi untuk BPPT, serta dosen untuk berbagai universitas negeri yang masih kekurangan tenaga pendidikan,” imbuhnya.

    Dia menambahkan, moratorium perekrutan CPNS masih berlaku baik pusat maupun daerah. Pengecualian hanya untuk Provinsi Kalimantan Utara dan Provinsi Papua Barat karena pemda di kedua provinsi tersebut masih baru sehingga memerlukan ASN untuk memenuhi organisasi kerjanya.(esy/jpnn)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Akses Internet Desa di Babel Dipastikan Segera Merata
Akses Internet Desa di Babel Dipastikan Segera Merata
Rabu, 27 Januari 2021 00:32 WIB
JAKARTA - Bersama Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Budi Arie Setiadi; Staff Ahli Menteri Bidang Komunikasi dan
Sukses Fuel Card Solar, Pemprov Babel Akan Terapkan Pada LPG 3 Kilogram
Sukses Fuel Card Solar, Pemprov Babel Akan Terapkan Pada LPG 3 Kilogram
Rabu, 27 Januari 2021 00:30 WIB
JAKARTA - Berbekal keberhasilan penerapan sistem fuel card untuk pembelian solar di Babel, Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman
Gubernur Erzaldi Siapkan Strategi Pendistribusian BBM di Babel
Gubernur Erzaldi Siapkan Strategi Pendistribusian BBM di Babel
Rabu, 27 Januari 2021 00:23 WIB
JAKARTA - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman membahas 7 poin pendistribusian Bahan Bakar Minyak di Bangka Belitung bersama
Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Tim Basarnas Menuju Lokasi
Pesawat Sriwijaya Air Hilang Kontak, Tim Basarnas Menuju Lokasi
Sabtu, 09 Januari 2021 18:40 WIB
JAKARTA - Basarnas mengirim tim untuk menelusuri pesawat Sriwijaya rute Jakarta-Pontianak dengan kode penerbangan SJY 182 yang hilang kontak. Tim