Waspada Modus Baru Penipuan di ATM


Waspada Modus Baru Penipuan di ATM

BEKASI - Dwi Nanto berbagi pengalaman saat ia menjadi korban penipuan bermodus kartu ATM tertelan di minimarket bilangan Kemang Pratama, seberang Kopi Bang, Bekasi Selatan, pada 16 April pukul 09:58 WIB.

Bersama dengan gambar modus pelaku yang ia unggah di posting Facebook-nya, ia menjelaskan kronologis peristiwa yang dialaminya.

“Saat mengalami kesulitan memasukkan kartu ATM (karena slot sepertinya sempit dan diganjal), tiba-tiba orang di belakang saya bilang, ‘Coba dimiringkan masuknya, Pak.’ Saya ikuti nasehatnya tapi tetap tidak berhasil,” tulisnya.

Kemudian orang di belakangnya memegang kartu ATM miliknya, dia coba memasukkan kartu ATM miliknya sendiri dan berhasil.

Lantas orang tersebut menyuruh korban mengulang lagi.

“Begitu saya masukkan, kartu ATM saya tertelan, tidak mau keluar. Saya bingung,” lanjutnya.

Tiba-tiba ada orang lain lagi menyarankan agar dirinya memencet tombolnya, kemudian setelah itu diminta memasukkan nomor PIN-nya agar kartu ATM korban bisa keluar.

Orang itu sempat memeragakan, saat korban mencoba, gagal. Orang itu kemudian maju dan menekan tiga tombol lalu meminta korban memasukkan PIN-nya.

“Saat itu saya menolak, tapi dia sepertinya terus membujuk," kata Dwi.

Korban kemudian keluar tempat ATM dan dan menelepon bank bersangkutan untuk melaporkan kejadian tersebut. Saat menelepon, korban mengaku baru sadar bahwa kartu ATM-nya tidak tertelan, melainkan sudah dibawa kabur oleh orang pertama—yang berpura-pura meminta memasukkan kartu tersebut secara miring.

“Ternyata betul. Menurut operator, kartu saya dipakai orang lain di bank lain 10 menit setelah kejadian kartu saya tertelan. Namun tidak berhasil,” jelasnya.

Korban mencatat, selama kejadian tersebut kira-kira ada empat orang antre di belakannya. Begitu keluar dari mini market, keempat orang tersebut sudah tidak ada.

Posting korban ini tersebar sebanyak 17.241 kali dan mendapatkan 5,2 ribu respon dari netizen lain.(gob/jpnn)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Kapuspenkum : Kejaksaan dan Forwaka Saling Membutuhkan
Kapuspenkum : Kejaksaan dan Forwaka Saling Membutuhkan
Jum'at, 18 Oktober 2019 11:30 WIB
JAKARTA - Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung RI, Dr Mukri SH, MH mengatakan, Kejaksaan dan Forwaka merupakan mitra yang
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Selasa, 15 Oktober 2019 13:18 WIB
BANTUL - Dalam rangka meningkatkan kapasitas jurnalis, lima orang wartawan di Bangka Barat yang tergabung di Pokja Wartawan Bangka Barat
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Selasa, 15 Oktober 2019 12:15 WIB
JAKARTA - Bupati Indramayu, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Supendi terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Selasa, 15 Oktober 2019 11:22 WIB
JAKARTA - Meski belum memiliki nomor, Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana