Perompak Babak Belur Dihajar Massa


Perompak Babak Belur Dihajar Massa

Minta Upeti ke Nelayan Sampai Rp 200 Ribu

    TOBOALI - Bujang (25), babak belur dihajar massa. Pria yang mengancam dan meminta uang kepada nelayan Tanjung Ketapang saat berada di pinggiran Bum Pendek, Pelabuhan Toboali, Bangka Selatan (Basel) ini dihajar massa setelah ditangkap anggota Pol Air Basel, Rabu (8/3) sekitar pukul 09.00 wib. Beruntung Bujang yang merupakan anak dari perompak Bastato yang tewas ditembak oleh anggota Pol Air Basel beberapa waktu lalu, berhasil diamankan ke Polsek Toboali.

    Kasat Pol Air Polres Basel Edison mengatakan, saat mengetahui adanya keramaian nelayan dan warga berkumpul di Bum Pendek, langsung mengirim 3 anggota Pol Air Basel agar segera melakukan pengaman di TKP. “Saya dapat telpon laporan bahwa ada perompak yang mengancam nelayan dan nelayan dan warga berkumpul di Bum Pendek, langsung saya kirim 3 anggota ke sana. Sempat terjadi kejar - kejaran anggota dengan speed boad dengan si pelaku ini dan anggota mengeluarkan tembakan ke udara,” jelasnya.

    Menurutnya setelah berhasil mengamankan pelaku, anggota langsung membawa ke darat. Disitulah massa yang sudah berkumpul di pantai langsung menghajar pelaku dan langsung diamankan ke Mapolsek Toboali. “Pelaku saat ini dibawa ke rumah sakit karena ada luka dibagian mata sebelah kanan,” jelasnya seraya menurukan pelaku saat ini sudah diamankan di Mapolres Basel.

    Sementara salah satu nelayan Rudi mengakui, sebelum kejadian dirinya ditelepon rekannya sesama nelayan bahwa ada Bujang datang meminta uang upeti sebesar Rp 200 ribu. Bujang juga mengancam nelayan jika permintaanya tidak dipenuhi dengan membakar kapal nelayan.  "Sebelumnya bulan Februari nelayan pernah memberi uang sebesar Rp 50 sampai Rp 100 ribu, kalau sampai Rp 200 kami juga tidak mau. Makanya kami datang ke Polres untuk menyampaikan keresahan nelayan karena dimintai uang dan adanya ancaman kalau tidak diberi uang upeti tersebut,” ungkapnya.

    Camat Toboali Jusvinar mengungkapkan, adanya perompak yang meresahkan nelayan Basel ini akan disampaikan ke Bupati Basel dan dinas terkait karena sudah menyangkut keamanan nelayan. “Ini menjadi faktor keamanan laut, kita tidak tau perompak itu datang dari mana, nah kalau kita (nelayan) menyeberang (melaut) ada apa – apa seperti gangguan – ganguan, narkoba, senpi atau karena minta upeti padahal kita melaut untuk mencari makan. Makanya dikumpulkan disini (aula Polres Basel), ada sisi positifnya,” terang Jusvinar.

    Pada kesempatan itu Kapolres Bangka Selatan AKBP Satria Rizkiano mengimbau agar masyarakat tidak main hakim sendiri dan mempercayakan penyelesaian masalah ini ke polisi. Menurutnya dengan adanya main hakim sendiri agar jangan sampai terjadi imbas keluarga pelaku yang tidak tahu menahu persoalan pengancaman nelayan tersebut. Menurutnya, berdasarkan pertemuan dengan nelayan di aula Polres, pelaku sering kali menakut–nakuti nelayan dan diduga mempunyai senjata api.

    “Makanya nelayan tadi sempat emosinya dan kita redam. Saya tadi kaget kok tiba – tiba banyak orang datang ke Polres, lalu saya bawa ke aula pertemuan. Jangan sampai imbas ke keluarga yang tidak tau menahu karena urusan perorangan, apalagi sampai mendatangi keluarganya (pelaku). Kan ada keluarganya (pelaku) disini, memang dia dari luar (Selapan), predeksi antisipasi kita karena kalau terjadi hal – hal yang tidak kita inginkan yang rugi mereka (massa) juga. Percayakan kepada kita dan kita tetap melakukan pengamanan diperaian baik Polair Basel maupun dari Dipolair Babel. Kita juga mengajak TNI AL dan Perhubungan Laut sinergitas melakukan patroli,” ujarnya.(bim)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Ketua LPSK Rotasi Pejabat Eselon IV
Ketua LPSK Rotasi Pejabat Eselon IV
Selasa, 31 Desember 2019 16:03 WIB
JAKARTA – Suasana hari terakhir kerja di tahun 2019 di Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) diwarnai dengan rotasi sejumlah
Bambang Patijaya Bersama Forkoda PP DOB Kabupaten Kepulauan Bangka Utara Hadiri RDP DPR RI
Bambang Patijaya Bersama Forkoda PP DOB Kabupaten Kepulauan Bangka Utara Hadiri RDP DPR RI
Selasa, 17 Desember 2019 16:00 WIB
JAKARTA - Semangat perjuangan terus dilakukan oleh tim Forkoda PP DOB Kabupaten Kepulauan Bangka Utara, dimotori Heru Kailani Ketua Forkoda
IMO-Indonesia Support Menteri Erick Thohir Benahi BUMN
IMO-Indonesia Support Menteri Erick Thohir Benahi BUMN
Minggu, 15 Desember 2019 20:33 WIB
JAKARTA - Pasca didaulat Presiden Joko Widodo menjadi Menteri BUMN pada 23 Oktober 2019 dalam Kabinet Kerja jilid 2 Periode
Terima Penghargaan Kabupaten Sehat, Ibnu Saleh Ingin Bateng Lebih Unggul 2020
Terima Penghargaan Kabupaten Sehat, Ibnu Saleh Ingin Bateng Lebih Unggul 2020
Selasa, 19 November 2019 18:00 WIB
BUPATI Bangka Tengah (Bateng) H Ibnu Saleh kembali berprestasi dalam Bidang kesehatan, kali ini penghargaan berupa Kabupaten sehat yang diberikan