Akom Ditendang, Setya Novanto Segera Jadi Ketua DPR


Akom Ditendang, Setya Novanto Segera Jadi Ketua DPR

JAKARTA – Ade Komarudin harus kehilangan kursi Ketua DPR RI. Itu terjadi setelah Ade dilengserkan dalam rapat pleno Partai Golkar, Senin (21/11).

Nantinya, posisi pria yang karib disapa Akom itu akan digantikan Ketum Golkar Setya Novanto. "Sekarang tinggal bagaimana DPP maupun fraksi untuk melakukan lobi politik. Jadi bukan mengganti, tapi mengembalikan posisi SN seperti semula," ujar Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Yorrys Raweyai. Dalam pleno itu, fraksi Partai Golkar di DPR ditugaskan melakukan pembicaraan dengan sejumlah pimpinan. Di antaranya adalah pimpinan dewan, pimpinan fraksi.

Sementara itu, DPP Golkar akan membangun komunikasi dengan internal. "Ada wanbin, dewan pakar, ada dewan kehormatan," tutur Yorrys. Pria kelahiran Papua itu mengatakan, pergantian dilakukan bukan karena Akom melakukan kesalahan.

Namun, untuk mengembalikan posisi Novanto yang mengundurkan diri karena tersandang kasus Papa Minta Saham. Pasalnya, sudah ada keputusan Mahkamah Konsitusi bahwa Novanto tidak bersalah yang ditindaklanjuti Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

"Ade nggak ada salah apa-apa. Ini soal etika dan wibawa partai. Ada keinginan dan berangkat saat kami ratas pada 8 November pascaputusan MK," tegas Yorrys. Lantas, bagaimana dengan posisi Akom?

"Apakah dia kembali ketua fraksi, nanti kami bicara ke dalam. Tapi, yang penting ada kesepakatan mengembalikan posisi ketua umum seperti semula," pungkasnya. (dna)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Jurnalis Bangka Barat Berkunjung ke Diskominfo Pemkab Bantul
Selasa, 15 Oktober 2019 13:18 WIB
BANTUL - Dalam rangka meningkatkan kapasitas jurnalis, lima orang wartawan di Bangka Barat yang tergabung di Pokja Wartawan Bangka Barat
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Bupati Indramayu Terjaring OTT KPK, Diduga Terkait Proyek PUPR
Selasa, 15 Oktober 2019 12:15 WIB
JAKARTA - Bupati Indramayu, Provinsi Jawa Barat (Jabar), Supendi terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK),
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Lagi, UU KPK Kembali Digugat ke MK
Selasa, 15 Oktober 2019 11:22 WIB
JAKARTA - Meski belum memiliki nomor, Undang-Undang tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Tindak Pidana
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
PWI Dan Ditjen Imigrasi Akan Gelar Safari Jurnalistik
Kamis, 10 Oktober 2019 20:13 WIB
JAKARTA – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat sepakat menggelar Safari Jurnalistik bersama Direktorat Jenderal Imigrasi, kesepakatan ini sendiri terjalin saat