Ingat, Ahok Belum Tentu Bersalah


Ingat, Ahok Belum Tentu Bersalah

JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi)  memuji sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak mengintervensi Polri terkait penanganan kasus dugaan penistaan agama yang menyeret Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Namun, Lemkapi juga mengingatkan publik agar tidak langsung memvonis Ahok. Penasihat Lemkapi Faisal Santiago meminta Polri tetap memegang teguh praduga tak bersalah terhadap Ahok. 

Menurut Faisal, calon petahana pada pilkada DKI itu baru dianggap bersalah setelah ada putusan pengadilan. "Kita harus ingat,  Ahok tetap belum dinyatakan bersalah sebelum ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," ujar Faisal, Kamis (17/11).

Sedangkan Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengatakan, langkah Presiden Jokowi patut diapresiasi. "Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada presiden yang sangat menghormati proses hukum  Ahok, demi tegaknya hukum di negara ini," ujarnya.

Edi menyebut langkah Jokowi dalam kasus Ahok itu patut diteladani. Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu menegaskan, sikap presiden seperti itu sangat bermanfaat bagi profesionalitas Polri.

"Sikap presiden perlu diteladani bersama, agar jangan ada lagi intervensi terhadap penegakan hukum. Kami menilai sikap presiden ini akan membuat Polri semakin profesional dan mandiri pada masa mendatang," ujar Edi.

Menurut Edi, dari sejumlah kajian yang dilakukan Lemkapi selama ini,  hal yang paling sulit dihindari Polri adalah menepis ataupun menghilangkan intervensi perkara. Karenanya, katanya, sudah semestinya pejabat lainnya jyga meneladani Jokowi.

"Jadi ‎sikap presiden itu tentu harus menjadi contoh  buat pejabat negara lainnya, agar jangan melakukan intervensi. Baik kepada Polri atau penegak hukum lain," ujarnya.(gir/jpnn)




Banner

Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Bantuan Plossa Eucalyptus Bagi Masyarakat Untuk Menjalani New Normal
Bantuan Plossa Eucalyptus Bagi Masyarakat Untuk Menjalani New Normal
Selasa, 02 Juni 2020 15:33 WIB
JAKARTA - Enesis Group selaku produsen Plossa Eucalyptus melalui Yayasan Enesis Indonesia, memberikan bantuan berupa 20.000 buah Plossa Press &
Pemerintah Putuskan Ibadah Haji Tahun Ini Batal
Pemerintah Putuskan Ibadah Haji Tahun Ini Batal
Selasa, 02 Juni 2020 12:36 WIB
JAKARTA - Menteri Agama Fachrul Razi memastikan keberangkatan Jemaah haji pada penyelenggaraan ibadah haji 1441H/2020M dibatalkan. Kebijakan ini diambil karena
OTG Reaktif Covid-19 Kabur Takut Diisolasi
OTG Reaktif Covid-19 Kabur Takut Diisolasi
Senin, 01 Juni 2020 11:58 WIB
CIANJUR - Orang Tanpa Gejala (OTG) yang menjalani rapid tes di RSUD Cimacan, Cianjur, dinyatakan positif dan bereaktif Covid-19.
Tiba-tiba Alissa Wahid Cerita Situasi Genting di Istana, Ada Tangisan
Tiba-tiba Alissa Wahid Cerita Situasi Genting di Istana, Ada Tangisan
Kamis, 28 Mei 2020 16:07 WIB
JAKARTA - Putri Presiden keempat RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Alissa Wahid, mengungkit peristiwa tentang situasi genting di