Ingat, Ahok Belum Tentu Bersalah


Ingat, Ahok Belum Tentu Bersalah

JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi)  memuji sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang tidak mengintervensi Polri terkait penanganan kasus dugaan penistaan agama yang menyeret Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Namun, Lemkapi juga mengingatkan publik agar tidak langsung memvonis Ahok. Penasihat Lemkapi Faisal Santiago meminta Polri tetap memegang teguh praduga tak bersalah terhadap Ahok. 

Menurut Faisal, calon petahana pada pilkada DKI itu baru dianggap bersalah setelah ada putusan pengadilan. "Kita harus ingat,  Ahok tetap belum dinyatakan bersalah sebelum ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap," ujar Faisal, Kamis (17/11).

Sedangkan Direktur Eksekutif Lemkapi Edi Hasibuan mengatakan, langkah Presiden Jokowi patut diapresiasi. "Kami sampaikan apresiasi setinggi-tingginya pada presiden yang sangat menghormati proses hukum  Ahok, demi tegaknya hukum di negara ini," ujarnya.

Edi menyebut langkah Jokowi dalam kasus Ahok itu patut diteladani. Mantan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) itu menegaskan, sikap presiden seperti itu sangat bermanfaat bagi profesionalitas Polri.

"Sikap presiden perlu diteladani bersama, agar jangan ada lagi intervensi terhadap penegakan hukum. Kami menilai sikap presiden ini akan membuat Polri semakin profesional dan mandiri pada masa mendatang," ujar Edi.

Menurut Edi, dari sejumlah kajian yang dilakukan Lemkapi selama ini,  hal yang paling sulit dihindari Polri adalah menepis ataupun menghilangkan intervensi perkara. Karenanya, katanya, sudah semestinya pejabat lainnya jyga meneladani Jokowi.

"Jadi ‎sikap presiden itu tentu harus menjadi contoh  buat pejabat negara lainnya, agar jangan melakukan intervensi. Baik kepada Polri atau penegak hukum lain," ujarnya.(gir/jpnn)





Berikan Komentar

Nusantara Lainnya
Banjir Jakarta Pagi Ini: Sejumlah Jalan Masih Terendam
Banjir Jakarta Pagi Ini: Sejumlah Jalan Masih Terendam
Rabu, 26 Februari 2020 08:03 WIB
JAKARTA - Banjir di Kota Jakarta pada 25 Februari 2020 sebagian besar sudah surut. Namun, beberapa ruas jalan dilaporkan masih
Kabar Baik dari Pak Bima untuk Honorer K2 Tenaga Teknis
Kabar Baik dari Pak Bima untuk Honorer K2 Tenaga Teknis
Jum'at, 21 Februari 2020 11:02 WIB
JAKARTA - Pemerintah akan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi honorer K2 tenaga teknis dalam rekrutmen CPNS maupun PPPK (pegawai pemerintah dengan
Polisi Amankan Satu Kendaraan Honda CRV Milik Tersangka Penipu Putri Arab
Polisi Amankan Satu Kendaraan Honda CRV Milik Tersangka Penipu Putri Arab
Jum'at, 21 Februari 2020 10:14 WIB
JAKARTA - Penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri menyita satu kendaraan Honda CRV nopol N 3 KA milik Evie
Joki Tes CPNS Ditangkap
Joki Tes CPNS Ditangkap
Jum'at, 21 Februari 2020 10:11 WIB
JAKARTA - Badan Kepegawaian Negara masih menemukan praktik perjokian dalam penyelenggaraan seleksi kompetisi dasar CPNS formasi 2019 yang digelar sejak