Masyarakat Tidak Boleh Rusak Hutan Untuk Buka Lahan Perkebunan


Masyarakat Tidak Boleh Rusak Hutan Untuk Buka Lahan Perkebunan

SUNGAI BULUH - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengajak masyarakat supaya tidak menebang pohon di hutan untuk membuka lahan perkebunan.

Hal ini disampaikan Gubernur Erzaldi saat meresmikan kawasan destinasi wisata Bukit Telaga Tujuh yang terletak di Desa Sungai Buluh, Jebus, Kabupaten Bangka Barat, Senin, (23/8/20).

"Kita bisa hidup berdampingan dengan alam tanpa harus merusaknya. Alam justru akan memberi manfaat lebih lama lagi jika kita bersahabat dengannya," ungkapnya.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Erzaldi mengajak masyarakat untuk memanfaatkan hutan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk itu, Gubernur Erzaldi  menawarkan berbagai jenis komoditi yang dapat memberikan penghasilan kepada masyarakat.

"Mari bersama-sama kita kelola hutan dengan memanfaatkannya. Kami rencanakan lokasi ini ditanami kopi, kami akan berikan lahan 100 ha, bibit, juga pupuknya," ujarnya.

Untuk itu Gubernur Erzaldi mengimbau masyarakat untuk tidak merusak hutan karena tanpa merusak hutan, masyarakat masih bisa memanfaatkannya sebagai salah satu destinasi wisata di Kabupaten Bangka Barat. Gubernur Erzaldi juga berharap Bukit Telaga Tujuh yang terletak di kawasan hutan Jebu Bembang  menjadi salah satu sumber pendapatan bagi masyarakat Desa Sungai Buluh dan sekitarnya.

"Karena bila dikelola dengan manajemen yang baik, hasilnya pasti akan lebih baik. Kita harus bisa memanfaatkan peluang saat ini, karena wisatawan sekarang lebih menyukai destinasi wisata alam seperti wisata hutan maupun agrowisata. Buktinya beberapa hari yang lalu beberapa komunitas telah melakukan kegiatannya di sini," ujarnya.

Peresmian juga dihadiri oleh Kapolda Babel, Danrem 045 Garuda Jaya, Kadis Kehutanan Babel, Plt. Kadisbudpar Babel, Direksi PT Timah, Perwakilan Bank Sumsel Babel, Asisten Pemda Kab. Bangka Barat, Camat Jebus, komunitas, TNI, Polri, pelajar, pramuka serta masyarakat.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti destinasi wisata Bukit Telaga Tujuh dan ditutup dengan penanaman bakau di Pantai Jebu Bembang yang masih berada di kawasan destinasi wisata tersebut.(kominfobabel//rb)




Banner

Berikan Komentar

Muntok Lainnya
Kapolres Babar Nilai Pilkada 2020 Beresiko Penyebaran Covid-19
Kapolres Babar Nilai Pilkada 2020 Beresiko Penyebaran Covid-19
Senin, 26 Oktober 2020 18:04 WIB
MUNTOK - Kapolres Bangka Barat (Babar) AKBP Fedriansah berharap rangkaian tahapan dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2020 tidak akan
Syukuran HUT Ke-2, Kepala PN Muntok Potong Nasi Tumpeng
Syukuran HUT Ke-2, Kepala PN Muntok Potong Nasi Tumpeng
Minggu, 25 Oktober 2020 16:47 WIB
MUNTOK - Keluarga besar Pengadilan Negeri Mentok merayakan Hari Ulang Tahun Ke-2 di Ruang Sidang Utama Pengadilan Negeri Mentok, Jalan
Ikhsan Ditemukan Meninggal Dunia di Tumpukan Kayu, Diduga Sakit
Ikhsan Ditemukan Meninggal Dunia di Tumpukan Kayu, Diduga Sakit
Selasa, 20 Oktober 2020 14:51 WIB
MUNTOK - Seorang laki-laki bernama Ikhsan (50), ditemukan meninggal dunia dekat tumpukan kayu di pondok kebun. Buruh harian ini diduga
Warga Desa Kapit Pertanyakan Ganti Rugi Lahan Proyek Peningkatan Jalan
Warga Desa Kapit Pertanyakan Ganti Rugi Lahan Proyek Peningkatan Jalan
Rabu, 14 Oktober 2020 12:28 WIB
MUNTOK - Warga Desa Kapit Kecamatan Parittiga, Kabupaten Bangka Barat mempertanyakan soal pembayaran lahan mereka yang terkena dampak proyek peningkatan